Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

katakanoritaAvatar border
TS
katakanorita
Gerindra Ingatkan Etika Politik, PD: Kami Senior, 2 Kali Menang Pilpres, Paham Etika
Jakarta - Partai Gerindra bicara mengenai etika politik kepada Partai Demokrat (PD) yang membuka komunikasi dengan capres Jokowi. PD pun menjawab tegas dan meminta Gerindra tak perlu mengkhawatirkan paham etika Demokrat.

"Jadi persoalan etika segala macam kita pahamlah, Partai Demokrat ini partai yang sudah cukup seniorlah di Indonesia," ujar Ketua DPP PD, Jansen Sitindaon saat dihubungi, Senin (6/5/2019).

Jansen kemudian mengungkit terkait pertemuan Ketua Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dia menegaskan persoalan pertemuan itu sama sekali tidak membicarakan koalisi. Dia mengatakan AHY hanya datang memenuhi undangan Presiden Jokowi di Istana.

Dia juga menjelaskan pernyataan politikus PD, Andi Arief terkait koalisi bukan fusi itu benar. Jansen pun mengingatkan seusai 22 Mei pasca KPU menetapkan presiden-wapres terpilih, partai kembali menjadi bebas dan tidak membentuk koalisi lagi.

"Pernyataan koalisi bukan fusi partai kan benar, memang koalisi itu bukan fusi partai, itu kan kerjasama sementara atau kerjasama ad hoc, makanya saya katakan pasca tanggal 22 besok seluruh partai itu kembali menjadi bebas, bukan hanya partai di BPN saja, termasuk partai di TKN yang ada di kubu Pak Jokowi itu kembali menjadi bebas, bebas untuk menentukan arah sikap, pilihan, dan kebijakan politiknya," katanya.

Meski begitu, dia menegaskan hingga saat ini PD masih berada di garis koalisi Prabowo-Sandi. Dia juga menegaskan akan terus mengawal rekapitulasi bersama koalisi Indonesia Adil Makmur hingga akhir.

"Kalau per saat ini koalisi kita masih bersama Pak Prabowo, jadi kita bersama Pak Prabowo, kita akan menuntaskan seluruh proses tahapan pemilu ini, kami akan menuntaskan seluruh kewajiban kami bersama koalisi Pak Prabowo, kalau itu nggak miring sekalipun," tegasnya.


Sebelumnya, anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade mengingatkan PD soal etika. Andre meminta PD berkomunikasi dengan koalisi saat ini, yaitu Koalisi Indonesia Adil Makmur. Dia juga mengungkapkan itu dengan mencontohkan suatu peribahasa.

"Kalau ada yang ingin pindah (koalisi) itu hak mereka. Tapi dalam etika politik tentu harus ada komunikasi terdahulu kepada koalisi. Sesuai dengan peribahasa, 'Datang Tampak Muka, Pulang Tampak Punggung'. Kita memulai dengan baik-baik tentu mengakhiri dengan baik-baik pula," ucap Andre kepada wartawan, Minggu (5/5).
https://m.detik.com/news/berita/d-45...or-paham-etika



Yang satu 2x menang pilpres, yang satu lagi 4x kalah pilpres.
Mindhaze
areszzjay
mbakendut
mbakendut dan 20 lainnya memberi reputasi
19
6.3K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan