ferina.Avatar border
TS
ferina.
02 Diuntungkan, Ini Perbandingan Isi C1 yang Diamankan dan Data Situng


Jakarta - Isi formulir C1 yang ditemukan di Menteng, Jakarta Pusat ternyata berbeda dengan data perolehan suara yang telah ditampilkan di Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU. Perolehan suara pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, bertambah di form C1 yang ditemukan di Menteng. 

Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat, Roy Sofian Fatra Sinaga, menunjukkan salah satu formulir C1 dari kardus yang ditemukan di Menteng yaitu dari TPS 09 Gandon, Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah. Form C1 itu lalu dibandingkan dengan salinan C1 yang berasal dari Situng KPU. 

Berdasarkan Situng KPU, perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di TPS tersebut sebanyak 168 suara sementara Prabowo-Sandi sebanyak 13 suara. Namun, di form C1 yang ditemukan di Menteng, perolehan suara terbalik jadi Jokowi-Ma'ruf memperoleh 13 suara dan Prabowo-Sandi 168 suara. 

"Kita cek di TPS-nya, ternyata versi (C1) yang kardus putih ini 168, 13, ini terbalik dengan yang di KPU. Makanya ini kita mau tahu asli apa enggak dan makanya kita harus cari tahu dari pihak KPU dan KPPS setempat," kata Roy di kantornya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).



Bawaslu Jakpus juga menemukan kejanggalan terkait tanda tangan saksi di form C1 yang ditemukan di Menteng. Menurutnya, kejanggalan ini ada di beberapa form C1 yang sudah dicek. 

"Kita ini ambil sampel-sampel ada dari Boyolali, Temanggung, Brebes, Demak, dan beda beda semuanya. Ini Jawa Tengah semua," jelasnya. 

Bawaslu Jakpus akan melakukan investigasi dalam beberapa hari ke depan. Tekait keasliannya, Bawaslu masih menunggu informasi dari KPU. 

"Itu paling banyak dari Banjarnegara dan Boyolali, Banjarnegara 1.033 dan Boyolali 498. Ini C1 salinan dari kardus putih, nah yang kardus cokelat itu print-printan hasil C1 tapi sumber nggak jelas ini. Ini yang bisa buktikan KPU RI asli atau palsunya. Nanti dikroscek," ungkap Roy.

SUMBER:
https://m.detik.com/news/berita/d-45...wpm_nhl_12#top

KOMEN TS:
Wah 62% nyata emoticon-Matabelo
Diubah oleh KASKUS.HQ 06-05-2019 07:02
knoopy
rizaradri
manutdloyalist
manutdloyalist dan 9 lainnya memberi reputasi
10
10.2K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan