Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
KPU Koreksi Kesalahan Input Data di Tiga TPS
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah melakukan koreksi terhadap kesalahan input data perolehan suara calon presiden-calon wakil presiden di aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

"Dumai, Kota Riau, Kelurahan Laksamana TPS 10 sudah diperbaiki. DKI, Bidara Cina, TPS 093 sudah selesai. TPS 017, Kelurahan Jempong, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram sudah selesai diperbaiki," kata Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, kepada wartawan, Jumat (19/4/2019).

Seperti diketahui, sempat beredar video kesalahan memasukkan data di TPS 10 Kelurahan Laksamana, Kota Dumai, Riau.

Di Situng tertera pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin memperoleh suara sebanyak 26, sedangkan pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mendapatkan 41 suara.

Baca: 10 Petugas TPS di Jabar Meninggal Dunia Karena Kelelahan Kawal Pemilu 2019

Padahal tertera di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 230 pemilih, dengan partisipasi warga sebanyak 175. Maka seharusnya jumlah suara sah ada sebanyak 167, namun jika dijumlah dari perolehan suara masing-masing capres-cawapres, maka jumlah suara hanya 67.

Akhirnya, setelah dilakukan perubahan data, jumlah suara sah untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Maruf berjumlah 26, sedangkan untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga berjumlah 141. Di TPS itu, tercatat 230 jumlah DPT, 175 pengguna hak pilih, jumlah seluruh suara sah 167, dan jumlah suara tidak sah 8.

Selain itu, untuk TPS 093, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dan TPS 17, Kelurahan Jempong, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram juga sudah selesai diperbaiki.

"Perbaikan, sudah kami lakukan terkait berita viral di medsos. Harus diingat ada 800.000 TPS yang kita hitung, kalau ada kesalahan teknis input di sekian banyak TPS harap dimaklumi karena kita juga manusia dan tidak ada yang sempurna," pungkas Ilham.

http://m.tribunnews.com/pilpres-2019...ta-di-tiga-tps
0
1.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan