Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sonasionalis17Avatar border
TS
sonasionalis17
Tips Membeli Daging Di Supermarket

Haloo GanSis, ini adalah thread pertama saya di kaskus. Maafkan jika seorang pemula ini masih acak-acak dalam menulis. Mari perkenalkan dahulu, sapaan saya Nanda dan saya sedang merasa dikucilkan oleh dunia saat ini, dirundung masalah yang tak berujung maka dari itu saya melarikan diri ke kaskus, yang katanya banyak orang asyik singgah disini.

Saya akan bagikan tips menurut pengalaman pribadi kerja saya. Mungkin karir saya di dunia buthcer belum begitu lama, tapi dalam satu tahun saya mampu menguasai pekerjaan ini.

Saya bekerja di salah satu retail Supermarket terkenal di Indonesia, yang dimana untuk divisi saya sangat fokus pada bagian masing-masing, contohnya bagian buthcer ini. Berikut tipsnya:



1. Beli Daging Di Siang Hari
Spoiler for spoiler:

Belilah daging di siang hari. Kenapa? Karna biasanya jika kita beli daging di pagi hari itu tidak sepenuhnya baru dipotong. Umumnya daging sisa semalam yang sekiranya masih layak pajang dan makan akan dijual kembali. Apalagi untuk Supermarket yang buka sangat pagi, pasti akan dipersiapkan dari malam hari untuk daging pajangan yang dimana kualitas daging bisa saja berkurang. Daging baru pada umumnya yang datang dari gudang induk biasanya akan tiba ketika toko mau buka. Meskipun, Supermarket biasanya punya gudang yang dimana stok daging masih dalam vakum, tapi saya rasa jika kita memilih daging yang benar-benar baru akan lebih baik untuk kita masak. Biasanya penyimpanan daging dalam gudang paling lama 3 hari sebelum pada akhirnya akan dijual



2. Beli Daging Disaat Harga Normal
Spoiler for spoiler:

Saya sarakan ketika kita ingin membeli daging untuk di masak pribadi, janganlah beli daging disaat harga sedang diskon. Karena pada umumnya daging rendang reguler yang diskon akan menggunakan bahan daging yang banyak serat dan lemak, contohnya daging chuck. Supermarket ketika sedang promo daging merekapun tidak ingin merugi dengan memberikan daging reguler yang sedikit lemak, contohnya daging blade. Supermarket akan meraup keuntungan bagaimanapun caranya agar tidak rugi. Namun ketika kita beruntung, daging yang sedang diskon akan tetap ada daging rendang reguler yang bagus, dengan bahan dari daging blade. Sedikit info, ada dua perbedaan antara rendang reguler dan rendang spesial di Supermarket. Yang jika harga normal keduanya, pilihlah rendang spesial yang harganya tidak terpaut jauh dan kualitas dagingnyapun empuk karna biasa dibuat dari bahan daging Paha, Topside ataupun Inside dan sedikit sekali lemaknya.


3. Beli Daging Saat Sudah Sedikit
Spoiler for spoiler:

Nah, mungkin ini kalian bertanya-tanya kenapa beli daging ketika tinggal sedikit, bukankah menandakan itu daging sisa? Jadi gini, Supermarket tidak akan pernah kehabisan stok daging tiap harinya kecuali ada yang borong 50kg tanpa pemberitahuan. Mereka ada estimasi yang dimana stok daging diatur rapih sedemikian rupa. Dan jika kita membeli daging saat pajangan di nampan tinggal sedikit, kita bisa sedikit berdalih pada tukang daging bahwa kita ingin membeli banyak daging, dan pada saat itu juga si tukang daging akan mengambil stok di dalam gudang dan memotong kembali daging yang masih dalam vakum. Yang dimana kita bisa memilih lagi daging yang sedikit seratnya. Itulah tips dari saya ketika kamu beli daging promo tapi tidak ada pilihan karna dagingnya dipenuhi lemak dan serat.



4. Hitam Pada Daging
Spoiler for spoiler:

Saya sering kali ditanyakan oleh para kostumer, "mas kenapa dagingnya kok hitam gini? Udah lama yaa?" Jawabannya simpel, tidak itu masih baru. Namun kostumer tetap saja tidak percaya dan mau tau alasannya. Okee alasannya gini, ketika daging itu saya ambil dari gudang, daging itu masih baru dan vakum masih rapat. Ketika saya buka vakumnya, kemudian saya potong bahan daging itu untuk saya jadikan daging rendang salah satunya. Ketika sudah dipotong dan saya pajang dalam satu nampan, daging itu saling bersentuhan. Karna darahnya sudah hilang, daging yang bersentuhan itu akan menghasilkan warna hitam yang menurut saya normal. Terkecuali, ketika kamu memilih daging, ada warna coklat kehijauan namun bukan karna saling tempel seperti garis/coklat sebagian dan, itu tidak merata pada bagian tersebut bisa dipastikan daging itu sudah lama.



5. Daging Giling Untuk Bayi
Spoiler for spoiler:

Yang terakhir akan sangat komplek saya menjelaskannya, tapi akan saya sederhanakan saja. Jika saya mempunyai seorang bayi/balita saya tidak akan memberikan anak saya daging giling kepadanya. Karna apa? Karna nilai gizi pada daging giling menurut saya sudah hilang. Pertama pada umumnya daging yang dipakai untuk daging giling adalah daging pajangan kemarin atau daging yang masih layak makan tapi sudah tidak layak pajang. Contohnya sudah ada sedikit bercak hitam. Biasanya daging itu akan dibekukan dahulu pada freezer 1x24 jam, kemudian jika sudah beku daging itu akan dipotong seperti balok untuk dijadikan bahan daging giling. Lalu, akan disimpan kembali sampai pada giliran daging beku itu akan digunakan. Dan maksimal penyimpanan daging beku untuk daging giling itu bisa sampai 1 bulan atau lebih, tergantung sales dari toko itu sendiri. Dan kemudian pada akhirnya akan di giling di mesin yang bernama mincer, tanpa dicuci terlebih dahulu. Sebab jika dicuci daging itu akan cepat hitam dan berair. Nah pengurangan gizi itu menurut saya ketika si bahan daging giling itu berada dalam freezer dan proses menggiling itu sendiri jika memakai air.
Jadi alangkah baiknya jika kita berikan balita kita sayur-sayuran saja, bahkan jika ingin memaksakan memberi daging untuk sang buah hati, kita belilah daging yang baru dan empuk. Contohnya tenderloin, topside, rump dsb. Lalu kita cincang sendiri di rumah menggunakan pisau atau alat bantu lainnya.


Itulah sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat dan berguna untuk para ibu-ibu yang suka belanja daging khususnya. Nantikan tips berikutnya dari saya. Sumber dari pengalaman pribadi dan gambar dari mbah google. Terima kasih..
Diubah oleh sonasionalis17 28-03-2019 14:52
9
3.8K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan