Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyairaraAvatar border
TS
nyairara
Wiranto: Pernyataan Prabowo Rendahkan TNI



Menko Polhukam Jenderal (Purn) TNI Wiranto membantah tuduhan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yang mengatakan pembisik yang berbudaya "Asal Bapak Senang" (ABS), pertahanan buruk dan lemah. Menurut Wiranto, Jokowi bukan-lah sosok yang mudah menerima laporan ABS, karena seringblusukan.

"Melaporkan hal (yang buat ABS) ke Pak Jokowi yang suka blusukan ke sana-kemari, percuma, pasti akan mempermalukan diri sendiri karena akan ketahuan bohongnya," ujar Wiranto melalui keterangan tertulis, Rabu (3/4/2019).

Wiranto mengaku sedih dengan pernyataan Prabowo yang merendahkan institusi TNI. Menurut dia, jika Prabowo mengalami seperti itu, tidak boleh asal menuduh TNI yang sekarang.

"Makanya jangan asal menuduh menyamakan dengan pengalamannya sendiri. Apalagi yang dituduh institusi TNI, almamater yang membesarkannya, sungguh menyedihkan," tandas Wiranto.

Lebih lanjut, Wiranto mengatakan, bukan hanya Prabowo yang siap mati untuk negara sejak usia 18 tahun. Menurut dia, semua prajurit TNI sejak dilantik sudah kontrak mati untuk Negeri yang kita cintai. Sampai saat ini, kata dia, sudah ribuan prajurit yang gugur dalam menjalankan tugasnya, mereka telah membuktikan sebagai prajurit sejati.

"Maka sebaiknya kalau masih hidup sampai sekarang tak perlu membanggakan diri, lebih baik mensyukuri untuk melanjutkan pengabdiannya. The soldiers never die, just fade away," sindir Wiranto.

Wiranto juga menilai Prabowo salah memahami ancaman perang yang disebutkan para senior TNI tahun 90-an tentang ramalan tidak adanya perang. Menurut dia, operasi Timtim sebagaimana disebutkan Prabowo saat debat bukanlah perang antara negara, tetapi Opskamdagri (operasi keamanan dalam negeri) di provinsi ke-27 (saat itu).

"Pasca Proklamasi 1945 Indonesia hanya mengalami perang sekali sewaktu menghadapi agresi Belanda. Setelah itu sampai sekarang dan prediksi ke depan, perang terbuka, perang konvensional akan sangat kecil kemungkinannya (hasil kajian strategis)," terang Wiranto.

Apalagi, kata Wiranto, mindset ancaman sudah berubah dalam spektrum yang lebih luas dan kompleks. Menurut dia, jika dalam menerjemahkan ancaman sudah salah, maka kebijakan yang diambil pasti akan jauh menyimpang dari yang dibutuhkan.

"Apalagi itu kebijakan negara, wah pastilah resikonya sangat fatal. Contohnya karena salah mendiskripsikan ancaman terkini maka Capres Nomor 02 yang menganggap dirinya paling paham soal Hankam, menganggap pertahanan kita buruk dan lemah karena kita nggak punya uang untuk memberdayakan TNI kita. Bayangkan kalau APBN dihambur untuk membeli Alutsista TNI, sedangkan ancaman realnya bukan perang, apa jadinya negeri ini," ungkap Wiranto.

Wiranto menilai Presiden Jokowi sudah benar bahwa APBN dipergunakan untuk meningkatkan kekuatan pertahanan sejalan dengan semakin menipisnya trauma kembalinya kekuatan militer mendominasi.

Wiranto juga mengaku Prabowo aneh dan salah besar ketika berprinsip ingin mempertahankan teknologi lama atau kuno dengan alasan tak mau berutang. Menurut dia, UUD 1945 sudah mengamanatkan kepada kepala negara/pemerintahan untuk melindungi, mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia.

"Ini ada Capres yang malah enggan mencerdaskan bangsanya hanya karena tak mau berutang. Negara mana sih yang nggak ngutang? Negara maju seperti AS, Jepang bahkan Cina punya hutang. Yang penting hutang itu buat investasi yang produktif yang mempunyai prospek positif ke depan termasuk transfer teknologi. Ke depan yang menghidupi bangsa kita bukan lagi bergantung ke natural resources sumber daya alam yang semakin menipis tetapi human capital sumber daya manusia yang cerdas dan tercerahkan," pungkas Wiranto.


emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Bersama Rakyat TNI kuat......

8
3.5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan