Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idaalfaqiehAvatar border
TS
idaalfaqieh
Marianta Si Anak Pemikul Jagung
Potret kegigihan anak Bangsa






Dia adalah seorang anak bernama Marianta. Berstatus siswa di SD 6 Buntutan, Karangasem Bali. Ia duduk di kelas 6 dan sedang mengikuti ujian pemantapan.




Sebelum lanjut, jangan lupa subscribe, cendol, juga tinggalkan koment ya...


Karena rumahnya yang terletak di perbukitan, Marianta bersama 2 temannya harus menempuh waktu 5-6 jam perjalanan dari rumahnya. Sehingga dia harus membawa bekal jagung untuk di masak dan lauk makan selama di perjalanan.
Baca kisah selengkapnya disini


Kejadian di atas, merupakan contoh perjuangan seorang anak bangsa untuk mendapatkan pendidikan. Miris memang, di era milenial seperti sekarang masih saja ada anak yang harus mengalami hal seperti ini.


Kegigihan seorang Marianta perlu kita jadikan motivasi untuk anak bangsa yang lain. Terkadang, mereka banyak mengeluh, males sekolah. Padahal di luar sana banyak anak yang harus berjuang melewati bukit untuk menuju sekolahnya.


Mungkin juga masih ada Marianta lain di Negri ini. Yang sama, bahkan bisa lebih berat perjuangan yang harus di tempuhnya.


Terbayang nggak sejauh apa dia berjalan gan sist? 5-6 jam melewati bebukitan. Sampai ke sekolah pasti keadaanya sudah tak karuan. Tapi, dia tak patah semangat demi mendapatkan ilmu.


Keadaan ini berbanding terbalik dengan anak-anak di kota. Mereka bisa dengan mudahnya mendapatkan pendidikan. Tapi, sering tidak bersyukur.


Ane sempat membaca curhatan seorang guru tentang anak didiknya yang sudah tak punya semangat untuk belajar. Di karenakan kebanyakan begadang untuk bermain game online atau yang lainnya.


Siapa yang salah atau di salahkan? Dengan semakin majunya teknologi bukan membuat mereka semakin semangat justru sebaliknya. Menjadikan mereka menyepelekan pelajaran sekolah dan lebih memilih game online.


Peran orang tua sangat berpengaruh dalam menyemangati anak untuk bersekolah. Bukan hanya memberi mereka fasilitas enak, contoh smartphone, kendaraan dll. Tapi juga mengawasi dan memberi perhatian lebih kepada anak-anak mereka.


Sehingga anak yang di kota tidak kalah semangatnya dengan anak pelosok. Kisah Marianta memberikan pembelajaran bagaimana kita harus berjuang begitu kerasnya demi sebuah pendidikan.


Selalu ambil hikmah di setiap kejadian ya! Itulah cara kita untuk bisa lebih bijak untuk menyikapi sebuah masalah.


Sekian opini ane di siang yang terik ini.
Keep smile and happines!


Belajar bersama bisa


Diubah oleh idaalfaqieh 02-04-2019 07:48
hvzalf
hvzalf memberi reputasi
13
3.8K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan