Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

clinomaniaaAvatar border
TS
clinomaniaa
Puasa Mutih Menjelang Pernikahan, Kewajiban atau Tradisi?
“Nikahan lo pake konsep adat atau internasional?”
“Adat Jawa, nih”
“Oh, berarti puasa mutih ya sebelum nikah?”


Indonesia sebagai negara yang kaya dengan budaya emang punya berbagai macam tradisi atau kegiatan adat yang menarik buat dikulik ya Gan. Salah satu tradisi yang menarik adalah puasa mutih menjelang pernikahan yang masih dijalani sampai sekarang.


Sumber: seputarpernikahan.com

Agan Sista ada yang udah pernah dengar tentang puasa mutih sebelumnya? Bagi kalian yang keturunan atau tinggal di tanah jawa mungkin udah ngga asing ya dengan hal ini, karena tradisi puasa mutih memang erat banget dengan budaya Jawa Gan.

Puasa mutih sendiri adalah puasa yang dilakukan dengan memakan makanan berwarna putih, sesuai dengan namanya. Jadi yang bisa dimakan yaa yang putih-putih aja. Puasa mutih ini erat loh Gan ternyata dengan seorang pemaes. Kenapa? Karena ternyata seorang pemaes atau dukun mantenini wajib loh melakukan puasa mutih ini sebelum merias pengantin. Nah, berikut beberapa hal tentang puasa mutih yang udah ane rangkum Gan Sis.

Hanya Makan Nasi Putih

Sumber: Kompas.com

Sesuai dengan penjelasan yang udah ane sebutin di atas, kalau sedang melakukan puasa mutih, makanan yang bisa dimakan cuma makanan yang putih-putih aja. Eits, tapi ngga semua makanan yang warna putih bisa dimakan loh ya. Waktu puasa mutih dilakukan, pemaes cuma dibolehkan untuk makan nasi putih, dan cuma boleh makan 3 kepal nasi aja loh! Udah, itu aja, ngga boleh ada lauk atau apa pun lagi Gan Sis.

Minumnya Juga Hanya Air Putih

Bukan cuma boleh makan nasi putih aja, tapi pemaes juga cuma boleh minum air putih sebagai teman nasi putih tadi. Jadi, selama puasa mutih ini, ngga boleh tuh bandel-bandel minum teh, kopi, thai tea, green tea apalagi bubble milk tea.

Wah keliatannya emang sedih ya Gan, cuma bisa makan nasi putih dan minum air putih aja. Puasa mutih menjelang pernikahan ini sebenarnya emang engga wajib sih Gan, tapi sebagian besar orang, melakukan puasa mutih ini sebagai cara untuk menghormati dan melestarikan budaya leluhur mereka yang sudah dipercaya secara turun menurun. Tapi selain aturan-aturan ketat di atas yang harus dilakukan, ada manfaat juga loh dari puasa mutih yang bisa dirasakan bagi calon pengantin, dan berikut beberapa manfaatnya Gan.

Mendetox Jiwa dan Menghilangkan Marabahaya

Sumber: Popbela.com

Manfaat dari puasa mutih adalah untuk mendetox jiwa Gan. Detox sendiri punya manfaat untuk mengistirahatkan organ-organ pencernaan dan juga mengistirahatkan perasaan, pikiran serta emosi. Hal ini pasti penting untuk pemaes karena kalau perasaan pemaes stabil, senang, otomatis menular dong ke calon pengantin. Selain itu, puasa mutih juga dipercaya bisa menghilangkan marabahaya loh, agar acara pernikahan nanti bisa berjalan lancar sesuai rencana. Tentu, pikiran ini bisa kewujud kalau Agan Sista selalu berpikir tenang dan positif ya.

Bisa Membuat Hasil Riasan Pengantin Terlihat Lebih Cerah dan Bersinar


Sumber: Popbela.com

Buat calon pengantin sendiri, manfaat dari puasa mutih juga dipercaya bisa membuat riasan pengantin terlihat lebih cerah dan bersinar dari biasanya loh Gan Sis! Wah kalau kata orang-orang sih, riasannya bikin pangling gitu deh. Riasan yang bagus dan pujian dari para tamu pasti jadi hal positif dan kebahagiaan juga ya buat pengantin.

Nah itu dia Gan Sis, beberapa hal yang mesti dilakuin pemaes waktu puasa mutih menjelang pernikahan dan manfaatnya. Beberapa hal dan pelajaran untuk jadi pemaes juga harus dikerjakan oleh Yasnina (Atiqah Hasiholan) sebelum dia memaes loh Gan! Salah satunya puasa mutih ini.

Agan Sista yang penasaran dengan kisah Yasnina sebagai pemaes, jangan lupa ya tanggal 4 April 2019 datang ke bioskop terdekat buat nonton film Mantan Manten. Film ini juga bisa jadi salah satu referensi buat kalian yang mau menikah dengan adat Jawa loh, jadi jangan sampai kelewatan ya!

{thread_title}

Diubah oleh clinomaniaa 01-04-2019 03:53
2
8.8K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan