Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wismanganAvatar border
TS
wismangan
TKN Jawab Kritik Soal Jokowi Jarang Hadir di Forum Dunia
TEMPO.CO, Jakarta - Perwakilan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf, Rian Ernest, menyampaikan alasan Presiden Joko Widodo jarang menghadiri forum dunia. "Pak Jokowi fokus membenahi urusan domestik. Pak Jokowi enggak suka hura-hura dan konferensi-konferensi. Senangnya blusukan, meresmikan infrastruktur," kata Rian dalam diskusi Siapa Tersengat Debat Keempat, di Jakarta, Kamis, 28 Maret 2019.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, sebelumnya menilai Jokowi kurang memiliki peran di dunia internasional. Ia mengatakan, Jokowi terlihat jarang hadir di forum konferensi tingkat tinggi, dan terkesan menghindari.

Bahkan, kata Andre, Jokowi selama 4 tahun memimpin tidak pernah menghadiri Sidang Umum PBB. "Kalau makan malam, diam, kayak enggak bisa bicara. Mohon maaf ya, terkesan planga-plongo. Apakah Presiden punya kemampuan bahasa Inggris yang kurang atau tidak," kata Andre dalam diskusi yang sama.

Rian menuturkan, Jokowi memang tidak suka dengan seremonial panjang lebar. Namun, di kepemimpinannya, Jokowi bisa memastikan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. "Tanpa bertele-tele, kita aktif memelihara perdamaian dan kedamaian dunia, di level internasional," katanya.


Lagipula, kata Rian, Jokowi tanpa harus menghadiri forum internasional, sudah ada srikandi Indonesia yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.


https://pilpres.tempo.co/read/119018...a/full&view=ok

pastinya lebih suka di dalam negri melayani rakyat yg hadir di istana spt guru honorer, sopir truk, perangkat desa, para mahasiswa dan banyak lagi yang lainnya
nona212
nona212 memberi reputasi
2
2.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan