Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Tips Mengenali Mangga Masak Pohon



Malam, Gansis! Kalian penggemar buah mangga?

Mangga termasuk salah satu buah tropis yang banyak digemari. Selain karena rasa yang manis dan aroma khas yang harum, buah dengan beragam varietas ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Serat yang terdapat di dalam buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Nah, Gansis pasti pernah menjumpai istilah mangga masak pohon di toko buah atau supermarket. Biasanya buah yang dijual masak pohon adalah varietas gadung. Mangga masak pohon selalu menjadi incaran konsumen karena rasanya lebih manis dibanding masak peram yang pada umumnya masih menyisakan sedikit rasa asam meskipun sudah masak betul. Kecuali untuk varietas manalagi yang memang sudah manis dari keadaan masih mentah.

Tetapi tahukah kalian, terkadang penjual menipu kita dengan mengatakan mangganya masak pohon, padahal masak peram supaya dagangannya laris. Untuk menghindari penipuan yang pada akhirnya akan membuat kecewa, kali ini saya akan mencoba membagikan pengalaman pribadi saya dalam mengenali mangga masak pohon.

Pertama, bagian pucuk lebih empuk dibanding dengan pangkalnya. Biasanya pada mangga yang masak karena diperam memiliki tekstur empuk pada pangkal dekat tangkai, dan keras pada bagian pucuknya. Kebalikan dari mangga masak pohon. Jadi, kalau mau membeli, boleh deh pijit-pijit dulu pucuknya apakah lebih empuk atau lebih keras dari pangkalnya.

Atau jika kalian membeli di pasar dan penjual memperbolehkan aksi icip-icip, bisa dengan mengiris sedikit bagian ujungnya lebih dulu. Jika warnanya kuning keemasan pasti masak pohon (dengan catatan warnanya lebih oranye dibanding pangkalnya).

Kedua adalah, saat dibuka, bagian dalam dekat biji cenderung berwarna lebih oranye jika dibandingkan dengan daging dekat kulit yang biasanya berwarna kuning biasa. Pada mangga masak peram, warna daging akan merata, baik dari dari pangkal sampai ujung, maupun dari luar sampai dalam dekat biji.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara membedakannya. Jadi, kalian bisa memilih mangga dengan benar tanpa tertipu. Bagi yang ingin menambahkan, silakan. Sekian dari saya, selamat beraktifitas. 😊😊
tata604
tata604 memberi reputasi
9
1.6K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan