Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lostcgAvatar border
TS
lostcg
FOTO: Ritual Agama Alukta Masih Dipraktekkan di Pinrang
FOTO: Ritual Agama Alukta Masih Dipraktekkan di Pinrang

ADMINKAREBAJANUARY 18, 2018 0



KAREBATORAJA.COM, PINRANG — Di Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) penganut agama suku, Alukta atau Aluk Todolo, makin menyusut jumlahnya, menyusul masuknya agama-agama samawi ke daerah ini puluhan tahun yang lalu. Praktek atau ibadah agama Alukta pun makin jarang dilaksanakan.

Namun di Pinrang, kabupaten yang bertetangga dengan Tana Toraja, jumlah penganut Aluk Todolo masih cukup banyak. Setidaknya itu bisa terlihat di tiga desa di kecamatan Lembang, yang berbatasan dengan kecamatan Simbuang dan Mappak, Tana Toraja. Tiga desa itu, masing-masing desa/lembang Mesakada, desa Suppiran, dan desa Bassean.



“Di dua desa lainnya juga masih banyak penganut Alukta namun namun khusus di desa Mesakada dan Suppiran masih mayoritas Alukta,” ungkap Jufry, warga Pinrang, yang juga aktivis GMKI Makassar.

Membuktikan ucapannya, Jufri memosting beberapa foto upacara Massuruk Tondok, yang dilaksanakan di kampung Rettepaken, Dusun Sangsaluan Desa Mesakada, Kecamatan Lembang kabupaten Pinrang, yang dilaksanakan oleh penganut Alukta pada Selasa, 16 Januari 2018.



Upacara Massuruk Tondok ini biasa dilakukan oleh para penganut Aluk Todolo pada akhir tahun sekaligus penutup tahun. Tujuannya adalah untuk pembersihan diri atas dosa dan kesalahan selama satu tahun sekaligus mempersiapkan diri memasuki tahun yang baru.

“Jadwalnya ini (massuruk tondok) sebenarnya sebelum memasuki tahun baru kemarin, cuman karena banyak kesibukan dan acarayang padat sehingga baru berlangsung di awal tahun 2018,” jelas Jufry.




Dia mengatakan, hampir semua tradisi agama suku, Alukta, masih dilaksanakan oleh penduduk di tiga desa tersebut dalam kehidupan keseharian mereka. (Citizen Reporter/Desianti/foto: Dok. Pribadi)

https://www.karebatoraja.com/foto-ri...an-di-pinrang/

0
1.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan