Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Contoh Bentuk Korupsi Yang Pernah Gw Alamin Selama Ini

Halo Bray emoticon-Hai

Korupsi itu udah kaya abang-abang bakso, karena ada dimana-mana. Dari gw SD sampe kuliah, yang namanya korupsi itu selalu ada. Namun dulu pas gw masih SD sampe SMP, gw belom ngerti tuh kalo itu ternyata korupsi. Saat SMA gw tau hal tersebut korupsi cuman gw belom punya keberanian buat mencegah. Nah pas udah kuliah gw baru punya keberanian buat mencegah, ya walaupun ujung-ujungnya harus "dibego-begoin"s sama temen gw.


sumber: dictio.id

Hal korupsi tersebut adalah korupsi pengadaan barang. Dimana saat itu gw bertugas sebagai orang yang ikut mengurus sebuah kegiatan mahasiswa. Yang mana kegiatan tersebut merupakan arahan dari kampus. Jadi kampus memberikan tugas pada jurusan, dan jurusan meminta kami untuk melaksanakannya.

Jadi korupsi yang temen-temen gw lakuin adalah "mendongkrak" dan "memanipulasi" data. Dimana barang yang dibeli cuma 5 dengan harga total 200 ribu, kita manipulasi dan dongkrak menjadi membeli 20 barang dengan harga masing-masing barang 70 ribu. 


sumber: perstarwaw.blogspot.com

Hal ini tentu tidak kami lakukan sendirian karena kita bekerja sama dengan toko yang mau diajak kerja sama. Karena jurusan tentu meminta bukti pembelian kami dengan meminta struk pembayaran dan minta di cap sebagai buktinya. Nah kami menegosiasi penjual agar meminta kepada pemilik toko untuk meminta struk kosong yang sudah di cap. Tujuannya agar kami menulis sendiri harga barang dan jumlah barang yang dibeli.


sumber: pontianakpost.id

Sebenarnya alasan kami melakukan ini untuk merebut hak kami yang diambil jurusan. Karena jurusan memberikan dana sekian juta dan yang kami terima hanya 1/4 jutanya saja. Padahal yang cape, yang buang-buang waktu, tenaga, bensin adalah kami. Sedangkan jurusan yang cuma sebagai perantara mendapat bagian yang lebih besar. Oleh karena itulah kami berusaha merebut hak kami dengan cara korupsi tersebut walaupun caranya salah. Tapi memang tidak ada cara lain lagi karena bila kita laporkan langsung pada rektor atau kampus maka urusannya bisa semakin panjang dan nilai serta kelulusan kami yang menjadi taruhannya.

Nah jurusan ini sebenarnya juga melakukan korupsi, dengan membuat pernyataan kepada kami bahwa 3/4 uang itu digunakan untuk fasilitas jurusan. Sedangkan selama ini yang memberikan fasilitas jurusan adalah kampus dan jurusan tidak pernah mengeluarkan uang sepeserpun. Karena bila jurusan mengeluarkan uang akan diganti oleh kampus.


sumber: jurnalpost.com

Dari mana kami mengetahui semua keburukan jurusan itu? Pasti buat kalian yang pernah kuliah pasti ada dosen yang pro jurusan dan pro mahasiswa. Dimana dosen yang pro mahasiswa lebih disegani dan dihormati mahasiswa sekaligus dijadikan tempat curhat mahasiswa.

Jujur, gw salah dua orang yang ga pengen nerima "hak" gw yang haram tersebut. Karena pas gw ceritain masalah ini ke bokap, beliau mengatakan bahwa hal itu sama aja korupsi walaupun tujuannya untuk ngerebut hak gw yang diambil orang lain. Tapi hati gw tergoda dengan uang yang temen-temen terima. Tapi saat itu gw mikir, kalopun gw dapet uang itu, mau gw pake buat apa? Buat makan entar jadi daging dan ga hilang dari tubuh gw. Gw buat jalan-jalan tapi takut kenapa-napa.

Gw juga sebenernya udah bilang ke temen-temen gw kalo apa yang kita lakuin itu sebenernya korupsi. Tapi mereka berpikir kalo mereka sedang merebut apa yang seharusnya menjadi miliknya. Dan yang ada gw malah dibego-begoin karena menolak uang tersebut.

Tapi setidaknya gw bangga, hati gw ga mudah tergoda dengan hal seperti itu.

Jadi ini adalah salah satu bentuk korupsi kecil. Sebenarnya hal ini juga terjadi di tempat lain. Karena gw juga pernah lihat orang pake seragam PN* yang minta bon kosong dan cap toko. Tapi sayangnya mereka ditolak mentah-mentah oleh si pemilik toko. Semoga ini bisa menjadi contoh agar gan sis tidak melakukan hal serupa.

Sumber: Pengalaman pribadi 
Diubah oleh si.pemikir 24-03-2019 17:17
0
659
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan