Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amnessterzAvatar border
TS
amnessterz
Bikin Gorengan Ala Takoyaki Dengan Bahan Sederhana
Halo Agan dan Sista,
Sebelumnya ane mau cerita dikit nih, berawal dari hobi, hobi makan dan hobi goreng-goreng, ane suka dengan makanan atau cemilan yang digoreng (khas Indonesia banget ya). Kalo belum makan gorengan tuh belum manteb gitu lho hidup setiap harinya. Jenis gorengan yang beredar dan umum di lingkungan kita itu kan banyak sekali macam nya, Nah sebetulnya salah satu gorengan unik yang ane suka adalah takoyaki. Ya jajan gorengan dari Jepang itu rupanya sangat menggugah selera, tapi ada tapinya, takoyaki yang sering dijajakan di festival itu lumayan terasa harga nya untuk sebuah tepung goreng dengan isian  potongan gurita emoticon-Big Grin.
Karena bahan baku takoyaki sesuai pakem nya agak ga umum, seperti daging gurita atau taburan ikan cakalang serut atau apaan tuh, belum saos nya, jadi ogah kalo pengen coba bikin nya. Maka dari itu ayo kita iseng coba bikin gorengan menyerupai takoyaki  tapi pake bahan baku lokal yang ala Indonesia banget dan semua pasti doyan yaitu: 

Quote:



Cara membuat nya pun sangat mudah, ayo siapkan bahan dan alatnya

Bahan:
Spoiler for bahan:


1.    1 bungkus Mie instan.
Kita pake mie tipe rebus aja, karena untuk ini ane lebih suka rasa yang agak asin. Udah pernah coba pake mie goreng, tapi dominasi rasa manisnya agak ga cocok untuk gorengan. Tapi kembali ke selera agan dan sista semua, karena soal rasa sifatnya subyektif.

2.    2 butir telur. 
Kita menggunakan 2 butir supaya nanti adonan nya tidak kekurangan cairan. Karena kalo ditambah air, nanti hasil gorengan tidak bisa bulat, sedangkan bila ditambah tepung, rasanya yang berkurang.

3.    Cabe rawit.
Ini juga sifatnya tergantung selera aja, karena ane menjaga diri supaya tidak kepedasan, ane beri sedikit aja irisan halus cabe kecil. Supaya tetap terasa spicy-spicy nya dikit gitu tapi tidak pedas.

4.    Isian berupa sosis atau bakso
Bila ada, enggak juga ga apa, ini juga sifatnya opsional.

5.    Daun bawang.
Ini juga sifatnya opsional kok, kalo ane sih suka dengan tambahan daun bawang untuk gorengan.

6.    Air. 
Untuk merebus mie instan, bukan untuk dicampur ke adonan gorengan.
 
Alat:
1.    Wajan bola-bola
2.    Lidi
3.    Mangkok & sendok
4.    Panci
 
Cara membuat:
1.    Sedikit remas mie instan sebelum direbus, supaya saat matang hasilnya tidak terlalu panjang. Kemudian rebus mie instan, kalo udah mengembang, tiriskan, tunggu agak dingin (jangan masukan bumbu apapun pada tahap ini).
Spoiler for mie diremas sebelum di rebus:


2.    Kocok telur di mangkok yang agak besar. Masukan mie yang sudah di tiriskan tadi (tunggu agak hangat supaya telur tidak keburu matang) beserta daun bawang dan irisan cabe kecil. Aduk rata.
Spoiler for campur telur dan pelengkap:


3.    Kemudian setelah tercampur rata antara telur dan mie nya, masukan bumbu mie instan ke adonan tadi. Aduk rata. Karena seperti yang sudah ane bilang, ane suka yang spicy, ane ga menahan diri untuk langsung memasukan seluruh bumbunya. Tapi tenang aja gan/sis hal ini menurut ane ga akan membuat hasilnya nanti terlalu asin kok. Malah ane pernah coba pake separuh bumbu, hasilnya, ga ada rasanya samasekali, which is menurut ane, jadi anyep ga enak.
Spoiler for usahakan mie sudah tidak panas:


4.    Panaskan wajan bola-bola dengan api sedang/kecil (supaya ga gampang gosong). Beri sedikit margarin supaya tidak lengket.

5.    Masukan adonan ke tiap cekungan wajan. Takaran nya, usahakan adonan penuh sampe ke batas lubang, jangan sampe meluber tapi. Karena kalo adonan tidak penuh, nanti hasilnya tidak bulat sempurna. Tambahkan potongan sosis di tengah adonan bila suka.
Spoiler for tuang ke wajan bola:


6.    Kalo udah agak beberapa waktu, putar adonan menggunakan lidi, sehingga bagian yang belum matang ada di bawah. Untuk hal ini, pertama kita masukan lidi ke pinggir adonan, gerakan lidi memutari adonan sehingga adonan terlepas dari sisi wajan. Lalu congkel perlahan bagian bawahnya, sehingga bagian bawah nanti memutar ke atas dan bagian atas yang belum matang berbalik ke bagian bawah.
Spoiler for diputar-putar biar bulat:


7.    Putar-putar adonan secara perlahan supaya mencegah gosong. Tusuk ke dalam adonan, bila lidi sudah tidak basah berarti sudah matang dan siap dihidangkan.

8.    Angkat dan sajikan.

Spoiler for sajikan selagi hangat:



Nah gimana gan/sis bahan nya mudah dan cara bikin nya juga mudah banget kan. Meski bahan nya  jauh dari resep asli takoyaki, tapi setidaknya bentuknya  masih mirip kan, jadi anggep aja takoyaki dengan kearifan lokal emoticon-Big Grin. Cocok nih terutama buat yang hobi ngemil seperti ane emoticon-Big Grin
Selamat Mencoba.

sumber gambar: koleksi pribadi
4
2.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan