GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Selain Unicorn, Ternyata Ada Nama Binatang Lain yang Dipakai di Startup
Beberapa hari ini media dan dunia maya rame dengan istilah “unicorn”. Istilah ini buming setelah sempat dilontarkan capres nomor urut 01 dalam debat capres eps 2 beberapa waktu yang lalu. 


Istilah ini memang terdengar asing bagi masyarakat, karena masyarakat lebih kenal dengan istilah “startup” untuk perusahaan teknologi yang masih baru merintis. Selain itu, bagi sebagian masyarakat menganggap istilah ini lucu karena identik dengan seekor kuda poni dalam film kartun yang cukup populer di tanah air.

Istilah ini ternyata pertama kali muncul dalam sebuah hasil riset Aileen Lee. Beliau adalah seorang businesswomen yang memiliki perusahaan pemodalan. Istilah ini muncul untuk pembeda bagi startup yang nilai valuasinya 1 miliar dollar AS atau lebih.

Nah, ternyata Gan, nama binatang yang dijadikan sebagai sebutan di dunia startup bukan hanya Unicorn Gan:

Pipit


Istilah ini diperuntukkan bagi perusahaan teknologi atau startup yang berukuran kecil yang buruk kinerja keuangan dan valuasi yang buruk.

Crockroach (Kecoa)


Julukan disematkan pada startup yang memiliki kinerja keuangan yang bagus tetapi valuasinya belum bagus. Startup seperti ini dinilai mampu bertahan dalam kondisi bisnis tak menentu.

Unicorn


Ini adalah sebutan untuk startup yang memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dollar AS atau lebih. Sejauh ini baru ada empat asal Indonesia yang berstatus ini, yakni Traveloka, Bukalapak, Gojek, dan Tokopedia.

Eagle


Istilah ini sebutan untuk startup yang dianggap pemimpin dunia bisnis. Startup dengan status ini memiliki valuasi yang besar dan telah mendapatkan keuntungan. Contohnya Alibaba dan Amazon.

 


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.6K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan