kripikirAvatar border
TS
kripikir
Jangan buang Sisa Nasi di rumah, sulap saja jadi cemilan enak
اَلسلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Selamat datang di thread ane


Tidak selamanya sisa-sisa itu tidak berguna dan akhirnya hanya terbuang sia-sia, sisa-sisa jika di pikirkan secara kreatif, bisa di sulap menjadi sesuatu yang berguna serta bermanfaat. Contohnya saja sisa-sisa nasi yang ada di rumah, nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia, setiap hari pasti selalu di konsumsi, dan kadang masih tersisa nasi-nasi yang tidak terkonsumsi, misalkan saja dari kerak yang ada di penanak nasi, atau nasi sisa ada acara di rumah, seringnya nasi sisa seperti itu tempat tujuan terakhirnya berada di tempat sampah, padahal jika bisa lebih kreatif, nasi sisa itu bisa menjadi cemilan rumahan, cara buatnya juga mudah. Mari simak lebih lanjut.



Untuk membuatnya, yang pertama di perlukan jelas nasi-nasi sisa, tapi jangan nasi sisa yang kotor, seperti sisa yang dimakan di piring, karena tidak habis jadi sisa. Gunakan nasi bersih, bisa dari kerak yang ada di penanak nasi, atau nasi sisa yang tidak termakan. Kemudian juga siapkan wadah seperti nampan atau apa saja yang ukurannya cukup besar, di sesuaikan dengan seberapa banyak nasi sisanya. Setelah itu letakkan semua nasi yang ada di wadah yang sudah di sediakan, ratakan dan jangan terlalu banyak nasi yang menggumpal, jika sudah jemur nasi sisa yang sudah di tata di wadah, di bawah terik matahari.



Hanya memerlukan waktu sehari, jika cuaca sedang baik, maka nasi sisa tersebut akan mengering, dari yang ukurannya membesar, setelah kering, nasi-nasi tersebut akan mengecil dan jadi berwarna transparan tapi keruh. Nasi yang di keringkan seperti ini, banyak yang mengenal dengan istilah Nasi Aking, mereka yang keadaan ekonominya tidak mampu, akan memasak kembali nasi aking ini menjadi nasi, dan nasi aking sebenarnya di pasar ada yang jual, tapi di khawatirkan, nasi-nasi itu kurang bersih, jadi buat sendiri lebih di anjurkan. Jika nasi kering yang di buat dirasa terlalu sedikit, bisa coba untuk mengeringkan nasi sisa di hari berikutnya, dan simpan nasi yang sudah kering sebelumnya di tempat yang kering pula, nasi kering memiliki keawetan yang cukup lama, satu sampai dua bulan masih kuat.



Jika semua nasi kering sudah terkumpul cukup banyak, hal yang di lakukan selanjutnya adalah menggoreng nasi-nasi kering yang terkumpul. Nasi kering jika digoreng maka ukurannya akan mengembang, dan akan berwarna putih, goreng nasi kering hingga mengembang dan mengambang di minyak, jangan sampai terlalu kecoklatan karena akan pahit. Penampakan nasi kering yang di goreng ini, mirip seperti rangginang/rengginang atau malah rice crispy yang sering jadi topping cemilan manis, rangginang/rengginang dan nasi kering ini memang sama, hanya saja rangginang/rengginang dari beras ketan, kalau ini dari beras yang biasa di konsumsi, agar beras kering yang di goreng memiliki rasa, tinggal di beri taburan garam halus saat nasi kering matang dari penggorengan, rasa dari nasi kering goreng ini hampir mirip seperti rangginang/rengginang. Jika rasa original/di garamin tidak begitu suka, keluarkan uang lebih, untuk membeli bumbu makanan bubuk yang biasanya dijual di supermarket, dijamin rasanya akan lebih modern.

Mulai sekarang, jangan buang lagi sisa nasi yang ada di rumah, hanya dengan cara mudah dan murah, sisa-sisa nasi yang ada di rumah bisa di olah menjadi cemilan murah nan nikmat, cemilan ini bisa jadi teman saat santai, menonton TV, dll, bisa juga untuk toping saat makan. Jadi mari coba membuatnya dari sekarang.

Spoiler for Sumber:


Terima kasih sudah berkunjung di thread ane
Jika berkenan bisa bantu untuk UpVote (Panah ke atas), Share, dan Rate
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan