Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

esportsnesiaAvatar border
TS
esportsnesia
3 Permainan MOBA Terpopuler Tahun 2017

3 Permainan MOBA Terpopuler Tahun 2017 via Valve


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai MOBA, mungkin banyak para pembaca di sini belum mengetahui apa, sih MOBA itu? MOBA adalah sebuah permainan strategi yang mengharuskan pemainnya menyusun strategi yang tepat untuk mengalahkan musuh. Pemain akan mengendalikan 1 karakter atau lebih dan bergabung dalam tim bersama pemain lainnya. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) sebenarnya adalah turunan dari permainan jenis real time strategy (RTS). Contoh permainan RTS adalah Warcraft, Battle Realms dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 3 permainan MOBA yang sangat populer di Indonesia. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu di antara mereka. Yuk, kita simak!

1. DotA 2



DotA merupakan salah satu permainan MOBA yang terpopuler saat ini dan juga menjadi pelopor berkembang pesatnya jenis permainan MOBA. DotA adalah kependekan dari “Defense of the Ancients”, yaitu sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III: Frozen Throne. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghancurkan markas musuh yang di jaga oleh masing-masing kubu, terdapat 2 kubu dalam permainan ini yaitu The Sentinel (pasukan penjaga) dan The Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernama Tree of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta yang beku) di pojok kanan atas.

Kepopuleran DotA melesat sangat cepat, termasuk di Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2013 muncul DotA 2. Banyak turnamen-turnamen DotA 2 yang diadakan di seluruh dunia, salah satu yang paling terkenal adalah The International. Turnamen ini digadang-gadang sebagai turnamen dengan hadiah terbesar di dunia.

2. League of Legends (LoL)



Seperti apa, sih permainan League of Legends ini? League of legends adalah online game kompetitif yang menggabungkan kecepatan dan intensitas dari game RTS dengan sedikit unsur RPG di dalamnya. Dua tim, masing – masing terdiri dari beberapa Champion yang unik, saling bertarung untuk meraih kemenangan di berbagai mode permainan yang tersedia.

Sebelum DotA 2 muncul, LoL merupakan saingan dari permainan DotA. Permainan ini juga menawarkan sensasi baru dalam bermain MOBA. Semua karakternya berbeda dan lain dari DotA. Walaupun gameplay-nya tidak jauh berbeda dengan DotA, tetapi strategi dan sensasi permainan sangatlah berbeda. Hingga saat ini, penggemar permainan League of Legends tak kalah banyak dari DotA 2.

3. Mobile Legends


Nah, ini nih permainan yang lagi booming beberapa bulan terakhir ini. Mungkin ada dari beberapa pembaca yang pacarnya ketagihan dengan permainan ini dan lupa balas chat dari kalian. Jadi, bagaimana sih konsep dari permainan Mobile Legends ini? Permainan yang dirilis tahun 2016 ini menjadi salah satu pelopor game mobile MOBA.

Permainan ini menampilkan beberapa mode, yakni mode pertempuran 5v5, pertarungan classic 3-lane, serta pertandingan negara melawan negara. Permainan ini juga menampilkan hero favorit dan pemain bisa membangun tim idamannya untuk mengalahkan tim lawan. Permainan ini juga memunculkan kontrol bergaya joystick virtual di sebelah kiri layar dan tombol skill di sebelah kanan.

Itu dia 3 permainan MOBA yang terpopuler di Indonesia saat ini. Favorit kamu yang mana, guys?

Sumber : esportnesia.com
0
1.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan