Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anak.jaman.nowAvatar border
TS
anak.jaman.now
Rini Soemarno Jawab Alasan Avtur RI Lebih Mahal dari Singapura


Harga avtur di bandara di Indonesia masih lebih mahal dibanding negara tetangga, salah satunya adalah Bandara Changi Singapura. Mahalnya harga avtur jadi sebab harga tiket pun ikut mahal.

Pemerintah menjawab kenapa harga avtur di Indonesia lebih mahal daripada di Singapura. Kenapa?

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, harga avtur di bandara di Indonesia sebenarnya tak beda jauh dengan Singapura. Yang membedakan hanya komposisi pajaknya.

"Kita tidak beda jauh dengan Singapura. Cuma ada perbedaan paling utama pajak, di kita kan kena PPN, di sana tidak kena," tutur Rini di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Rini mengatakan, pemerintah juga tengah mengupayakan agar PPN untuk bahan bakar pesawat ini dihapuskan. Soal itu, Rini menyebut sudah diusulkan ke Kementerian Keuangan. Rini berharap PPN avtur dihapuskan agar formula biayanya sama dengan Singapura.

"Harapannya dihapuskan," tutur Rini.

Sebelumnya, Pakar Penerbangan Alvin Lie mengatakan bahwa harga avtur di Bandara Soekarno Hatta lebih mahal dibandingkan yang dijual di Bandara Changi Singapura. Perbedaannya mencapai 10%.

"Jadi gini, harga (avtur) Pertamina di Soekarno Hatta, Kualanamu dan Soetta beda lagi. Kalau menggunakan Soekarno Hatta dibanding Changi itu beda sekitar 5-10% lebih mahal kita," tutur Alvin.

Quote:


SUMBER:
1, 2
2
7.9K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan