anisanderzAvatar border
TS
anisanderz
Ekspansi mongol
Ekspansi mongol

Pada abad ke 13, bangsa Mongol dibawah kepemimpinan Jengis Khan melakukan ekspansi besar ke separuh dataran asia dan eropa timur. Saat itu Jengis khan menebarkan terror mengerikan. Jengis khan sempat berhasil menguasai Tiongkok, mengalahkan Rusia, menghancurkan kekaisaran Persia, menguasai Polandia dan Hungaria, serta meluluh-lantakan Baghdad pada masa kekhalifahan saat itu.

Berawal bangsa mongol menyerbu cina utara yang dikuasai bangsa kin. Hal tersebut karena bangsa kin sering menyerang Mongol , dalam penyerangan tersebut banyak pemimpin mongol yang dibunuh. Hingga suatu waktu Tentara mongol yg dipimpin oleh Jengis Khan mampu menundukan Cina Utara, banyak yg terbunuh dan menyisakan para orang terdidik, ahli bahasa, tabib, ahli sejarah, pakar strategi, dan para rohaniawan. Mereka dibutuhkan untuk melatih, mendidik orang-orang Mongol sehingga lebih beradab.

Tahun 1214 mereka mendirikan Dinasti Yuan, sebagai symbol keberhasilan ekspansi menundukan kawasan Asia Timur Laut. Tahun 1219 bangsa mongol dibawah Jengis Khan menerjang kawasan Eropa. Jengis khan dan pasukan nya menjadi kekaisaran tersebesar dan disegani diseluruh Eurasia.

Pada tahun 1227 Jengis Khan meninggal dunia, dan digantikan putranya Ogatai (1229 � 1241), dibawah pimpinan Ogatai , Pasukan Mongol dapat menguasai Rusia, serta meneruskan menyerbu Cina dan Eropa.

Di tahun 1241, gabungan tentara Polandia, Jerman , Hongaria mampu memukul pasukan Mongol mundur, bertepatan dengan meninggalnya Ogatai. Sejak saat itu mereka tidak kembali lagi ke Eropa.

Selanjutnya dua khan berikutnya (Mangu khan & Kubilai Khan) yg merupakan cucu dari Jengis khan, meneruskan untuk mendesak wilayah-wilayah Asia, hingga pada tahun 1279, pasukan Mongol sudah menguasai imperium terluas sepanjang sejarah meliputi darerah cina, Rusia, Asia Tengah, Persia, dan Asia tenggara.

Dengan demikian Luas wilayah dalam imperiumnya, sungguh sulit saat itu memelihara keutuhan daerah kekuasaan sehingga akhirnya imperium terpecah belah. Namun yang menjadi catatan adalah kenyataan bahwa seluruh jajahan dari Mongol dapat ditundukan dan dikuasi dalam kurun waktu kurang lebih 40 tahun. Merupakan Ekspansi besar yang sulit dilakukan oleh bangsa-bangsa lain pada masanya.
0
8.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan