Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faster10Avatar border
TS
faster10
Mengulas Dilan 1990-1991 Menurut Sudut Pandang Ane
Quote:



Belakangan ini kembali mencuat kisah cinta "Dilan dan Milea" lewat trailer dalam film terbaru besutan Fajar Bustomi dan Pidi Baiq yaitu Dilan 1991. Film ini sendiri merupakan adaptasi buku kedua dari trilogi novel dilan karangan Pidi Baiq berjudul "Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991". Sebelumnya, novel pertama Dilan yang berjudul "Dilan: Dia Adalah DIlanku Tahun 1990" yang juga divisualisasikan ke dalam film telah sukses besar dipasaran. Bahkan, film ini bertengger diurutan kedua sebagai Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa dengan 6 juta lebih penonton. Hanya kalah dari Warkop DKI Reborn dengan 7 juta penontonnya.



Bagi yang sudah membaca bukunya atau menonton filmnya tentu tau bahwa latar waktu dan tempat dari kisah ini adalah sekitaran tahun 1990 awal di Bandung. Kebetulan ane adalah orang Bandung asli dan ane sangat memahami bahwa kisah cinta antara DIlan dan Milea ini sangat dekat dengan kehidupan kami sebagai orang Bandung. Banyak sekali tempat-tempat dan suasana yang diceritakan dalam buku ini yang begitu familiar.

Dalam thread ini, ane ingin sekali membahasan beberapa hal yang ada di dalam ketiga buku ini. Ane belum pernah me-review buku atau bahkan film sebelumnya. Mungkin ini jadi yang pertama(?). Tapi ane ngga ingin menyebut ini sebagai review, ane lebih suka menjadikan ini sebagai tempat berdiskusi mengenai trilogi buku dilan ini khususnya latar belakang dari cerita yang ada di ketiga buku ini.

Beberapa hal yang menjadi perhatian ane setelah membaca buku maupun menonton filmnya adalah punch-line yang ada di dalam dialog antara Dilan dan Milea sepertinya tidak sepenuhnya dimengerti oleh kebanyakan orang seperti:
Spoiler for 1:


Selain itu, terdapat beberapa poin penting yang ane garis bawahi ketika menonton filmnya seperti:
Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:


Terakhir ane ingin menyampaikan bahwa:
Quote:


Akhir kata, Terimakasih.

Diubah oleh faster10 24-01-2019 11:32
2
1.9K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan