Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kolam.nalarAvatar border
TS
kolam.nalar
Capaian Positif Pemerintahan Presiden Jokowi sepanjang 2018



Diakui atau tidak, banyak kemajuan yang sudah ditorehkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam empat tahun ini. Salah satunya soal turunnya angka pengangguran.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Hanif Dhakiri menyebut bahwa angka pengangguran di Indonesia turun drastis selama era Presiden Jokowi. Yakni dari 6,1% turun menjadi 5,3%.

Turunnya angka pengangguran itu salah satunya karena adanya pembukaan lapangan pekerjaan. Setidaknya selama 4 tahun ini, ada 10 juta lapangan pekerjaan yang sudah dibuka oleh pemerintah.

Hal ini berkontribusi pada pengentasan kemiskinan. Penurunan angka kemiskinan dari 11,2% pada Maret 2014 menjadi 9,82% pada Maret 2018. Hal ini menjadi sejarah, karena angka kemiskinan turun single digit.

Menariknya, angka kemiskinan itu turun kembali pada September 2018, menjadi 9,66%. Dengan begitu ada penurunan 280.000 orang miskin selama 6 bulan.

Selain itu terdapat kenaikan garis kemiskinan dari 401.220 menjadi 410.670 per kapita. Juga ada stabilnya inflasi yang hanya 0,94% selama Maret-September 2018.

Hanif memaparkan keberhasilan lainnya seperti angka ketimpangan sosial pun menurun yang diukur menggunakan indeks gini ratio 0,41 menjadi 0,39.

Angka pengangguran, kemiskinan dan ketimpangan sosial menjadi tantangan seperti periode pemerintahan. Dan itu berhasil diperbaiki.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
494
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan