Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

benny1010Avatar border
TS
benny1010
Reklamasi Pulau Spektakuler Dunia
Sebagaimana yang telah diketahui oleh masyarakat Indonesia khususnya Jakarta, bahwa pembangunan mega proyek pulau-pulau buatan pesisir pantai di teluk Jakarta, sempat sudah dimulai. Akan tetapi, sesaat setelah pengerjaan mega proyek itu dimulai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkan proyek itu.
Seperti yang dilansir oleh BBC News Indonesia, Rabu (26/9/2018), “Saya umumkan bahwa kegiatan reklamasi telah dihentikan. Reklamasi bagian dari sejarah dan bukan masa depan DKI Jakarta,” kata Anies Baswedan dalam jumpa pers di Balai Kota Jakarta. Keputusan itu diambil setelah melakukan verifikasi oleh Pemerintah DKI Jakarta. Menurut Anies Baswedan, setelah dilakukan verifikasi, banyak terjadi pelanggaran yang berhubungan dengan desain, dan analisis dampak lingkungan yang ditimbulkan.

Tapi taukah Anda, bahwa di beberapa negara, reklamasi pulau-pulau telah banyak dilakukan. Bahkan hasil dari pembangunan mega proyek reklamasi itu, menjadi perbincangan dunia, oleh karena hasil desain pembangunan dan unsur wisata budaya yang sangat menarik muncul di situ.

Seperti yang dilansir oleh Koran SINDO, rabu 10/1/2018, tentang beberapa negara yang telah berhasil dengan proyek Reklamasi. Mari kita simak negara mana saja yang sudah berhasil mengembangkan mega proyek reklamasi ini.

1.    The World Island


Foto : Newatlas.com

The World Island atau Kepulauan dunia ini berlokasi di Dubai India, tepatnya di Teluk Persia. Dibangun dari pasir yang dikeruk dari perairan dangkal pada tahun 2003, sampai bisa dirampungkan pada tahun 2007. Bila dilihat dari daerah ketinggian, pulau ini terlihat sangat indah. Di areal pulau ini dibuat 300 pulau, dengan rancangan yang menyerupai peta bola Dunia.
The World Island, merupakan salah satu dari sejumlah pulau buatan yang super indah. Meliputi areal dengan ukuran panjang 9 km dan lebar 6 km. Dikelilingi oleh pemecah gelombang oval. Proyek ini membuktikan bahwa Dubai termasuk negara yang berhasil dan sukses membangun proyek reklamasi pulau-pulau buatan ini.
Proyek Reklamasi The World Island, dirancang oleh pengusaha Dubai, Syeikh Mohammed Rasyid bin Maktoum. Dengan total biaya $14 Milyar, yang setara dengan Rp.189 triliyun.

2.    The Palm Jumeirah


Foto : Repotase News

The Palm Jumeirah, satu dari tiga pulau buatan manusia yang terletak di pantai Dubai Emirat Arab. Dengan luas 5x5 km. Jika kita hitung total luas pulau buatan ini, 800x lapangan bola. Dibangun oleh perusahaan negara VEA Nakkel. Dengan total biaya $.12,3 Milyar, yang setara dengan Rp.166 triliyun.
The Palm Jumeirah, berbentuk pohon Palm dengan cakupan sebuah mahkota yang indah, dengan 17 daun dan sebuah pulau yang dibangun berbentuk sabit mengelilingi sepanjang 11 km, untuk memecah ombak.

3.    ILE AUX CYGNES


Foto : Tourkeeropa.com

Pulau buatan yang dibangun pada tahun 1827 untuk melindungi pelabuhan Grenele. Pulau ini membelah kota Perancis menjadi dua wilayah, Paris utara dan Paris selatan.  Dalam bahasa Perancis disebut istilah La Rive Droite (“tepi kanan”), dan La Rive Gauche (“tepi kiri”).

Pada pulau ini dibangun 3 jembatan penyeberangan yaitu Pont Neuf, Pont Alexandre III, dan Pont Des Art. Jika kita mau berkeliling pulau ini sambil melihat indahnya kota di pinggir sungai yang mempesona, bisa kita menggunakan kapal pesiar, yang telah tersedia di sana. Dengan menaiki kapal pesiar ini, merupakan cara yang praktis untuk berkeliling, daripada memakai kendaraan lain. Jalur sungai Seine, merupakan jalur sungai utama komersial yang ada di bagian barat laut Perancis. Sungai ini juga merupakan tujuan wisata yang sangat populer di negara Perancis bahkan dunia.

Landmark Paris bisa kita jumpai di sepanjang sungai Seine, seperti Menara Eiffel, Louvre Museum, Notre Dame, Cathedral, Pont des Arts, dan Institut de France. Semua bentuk bangunan tadi akan terlihat jelas di sepanjang sungai ini.

4.    AMWAJ ISLAND


Foto: Amwaj.bh

Amwaj Island, pulau buatan yang terbentang di Teluk Persia di Negara Bahkrain. Mulai pembangunan pada tahun 2002, dan selesai pada tahun 2004. Dengan biaya $.1,5 Milyar, setara dengan Rp.20 Triliyun.
Pembangunan mega proyek reklamasi pulau-pulau ini terletak di wilayah laut dangkal. Menawarkan 100 prosen kepemilikan atau free hold bagi kalangan ekspatriot di negara Bahkrain.

5.    THE THUMS ISLAND


Foto : Travel California Matthew Brucke Photography

Kepulauan The Thums, merupakan kepualuan buatan yang terbentang di lepas pantai Long Beach California. Dibangun pada tahun 1965. Berfungsi sebagai pintu masuk ke lapangan pengeboran minyak Wilmington.
Kepulauan The Thums, satu-satunya kepulauan yang terhubung langsung dengan pusat pengeboran minyak. Dilengkapi dengan objek wisata, seperti Air Terjun The Condo, dan pemandangan air yang super indah.

6.    SPIRAL ISLAND


Foto : Transport Tycoon Forums

Pulau mengambang buatan manusia ini dibuat oleh seniman Inggris Richard “Reishee” Sowa. Dibangun pada tahun 1998, yang menggunakan hampir dari seperempat juta botol plastik.
Wilayah Spiral Island ini sempat hancur oleh karena terjadinya badai Emily yang pernah melanda Meksico. Akan tetapi setelah kejadian itu, pada tahun 2005 wilayah Spiral Island ini dibangun kembali.

Dari sekian pulau di atas tadi yang termasuk kategori Pulau buatan termahal, seperti yang dilansir oleh Koran Sindo, adalah, The World Island Dubai, Dubai Palm Jumeirah, Amwaj Island.

Sumber Referensi : Pribadi - Koran Sindo - Tourkeeropa.com






Diubah oleh benny1010 05-01-2019 01:16
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
768
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan