Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

urabanAvatar border
TS
uraban
Headphone dan Earphone, Lebih Bahaya yang mana?
Quote:

Akhir-akhir ini jagat dunia sedang trending aktifitas menjadi gamers. Baik lewat gawai maupun PC/Laptop secara langsung. Tidak bisa kita pungkiri jika salah satu fasilitas yang diberikan game-game saat ini yaitu efek suara game itu sendiri. Apalagi jika game aksi maupun adventure, sudah dipastikan efek suara menjadi salah satu daya tarik untuk para gamers. Karena efek suara game bisa membawa kita terbawa kedalam suasana yang sedang terjadi di game.

Nah, mungkin ketika kita bermain dalam ruangan sendiri atau kamar atau tempat game bisa dimaklumi betapa pentingnya efek suara ini. Tapi jika sedang hangout bareng temen-temen main di ruang publik atau cafe atau warkop, sudah pasti kita harus sedini mungkin mengecilkan suara gamenya. Hal ini selalu disiasati oleh para gamers dengan menggunakan earphone bawaan gawai maupun headphone pada PC/Laptop.
Quote:

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, headphone atau earphone menjadi salah satu kebutuhan yang wajib ada. Tapi tahukah kalian, jika headphone atau earphone itu sangat berbahaya untuk indera pendengaran kita ketika digunakan secara berlebihan. Sebelum kita bahas bahayanya, TS mau kasih perbedaan antara headphone dan earphone. Sebenarnya perdebatan terkait hal ini bisa dilihat langsung dari segi bentuknya seh. Headphone memiliki size yang lebih besar sehingga menutupi seluruh daun telinga, sedangkan earphone cenderung lebih kecil dan menyesuaikan atau pas dengan lubang telinga kita. Tapi bagi para gamers lebih sering menggunakan headphone, disamping pas di telinga juga tidak membuat sakit lubang telinga. Sedangkan untuk para penyuka hidup praktis sering memilih earphone saat melakukan aktifitasnya.

Spoiler for jenis-jenis headphone/earphone:


Lalu, mana yang lebih berbahaya diantara keduanya?

Merujuk dari fungsinya, kedua-duanya memiliki tingkat bahaya yang sama. Bisa menyebabkan kerusakan permanen pada indera pendengaran hingga kerusakan pada saraf otak. Lalu manakah yang lebih berbahaya, jawabannya adalah earphone. Karena earphone terhubung langsung dengan gendang telinga. Posisi yang langsung masuk ke lubang telinga menyebabkan tekanan pada saraf dalam telinga. Bisa menyebabkan pelembaban pada dinding telinga sehingga menimbulkan efeksi yang berlebihan. Juga bisa meningkatkan produksi kotoran di telinga.

Nah, saran TS seh lebih aman menggunakan headphone(lebih baik lagi berjenis over-ear) untuk menghindari tekanan pada telinga. Selain itu jangan memaksa untuk memaksimalkan volume pada earphone maupun headphone. Batasi pemakaian kedua alat tersebut maksimal 1 jam. Istirahatkan telinga kalian dengan coba mendengar suara-suara di alam terbuka untuk melatih kepekaan telinga kita. Jika ada gangguan setelah pemakaian usahakan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter THT.
Quote:

Oke sekian dulu pembahasan terkait hal tersebut diatas, pilihan ada di tangan kalian semua. Jangan terlalu dipaksakan menggunakan alat tersebut jika memang sedang tidak dibutuhkan.

Terimakasih.

sumber : Pengalaman TS pribadi

source picture: mbah GOOGLE

emoticon-Traveller



Quote:
Diubah oleh uraban 03-01-2019 01:53
0
3.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan