Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alpukatcokelatAvatar border
TS
alpukatcokelat
5 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga
Udah akhir tahun, ane habis review keuangan keluarga nih. Buat tahun depan, pengennya sih bisa lebih neken pengeluaran supaya bisa nabung. Salah satu yang mau ane teken adalah belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Soalnya ane kadang-kadang suka belanja yang nggak butuh-butuh amat. Kayak impulsif aja gitu. Hahahha.

Habis cari-cari, ane nemu nih caranya biar pengeluaran rumah tangga bisa tetep terkontrol di blog GO-DAILY. Kelihatannya sih gak susah-susah amat, ane tertarik buat cobain.

 

Cekidot, gan!

1. Gunakan Sistem 31 Amplop
Walau tampak sederhana, metode ini katanya efektif banget buat menghemat uang belanja. Siapkan amplop sesuai dengan kebutuhan pengeluaran agan, misalnya bayaran cicilan rumah, uang kontrakan, beli sembako, bayar tagihan, uang sekolah anak, dan lain sebagainya. Jika masih ada sisa, segera tabung atau investasikan. Menggunakan amplop seperti ini akan membuatmu tertib dalam mengeluarkan uang.

2. Jangan Terlalu Fokus Pada Satu Merek, Bandingkan dengan yang Lain
 
Kalo agan belanja bulanan di mal atau pasar swalayan, maka tentu saja godaan untuk berbelanja akan semakin besar. Agan bakal disuguhi promo ini-itu yang sangat menarik dari merek ternama! Tapi, terkadang masih banyak harga yang sebenarnya masih lebih murah daripada merek yang sudah besar dan ternama, lho. Jangan sampai lengah dan tetap bandingkan dengan merek lain yang bisa memberikan harga terbaik untuk kualitas barang terbaik.

3. Simpan Hasil Belanjaan dengan Baik Agar Tahan Lama
Setelah membeli daging atau sayuran, langsung simpan di kulkas agar dapat bertahan lama. Untuk benda-benda lain seperti sabun, sampo, dan deterjen, tetap perhatikan cara meletakkannya di dalam lemari agar tidak mudah tumpah. Sayang kan, kalo baru beli tapi cepat basi karena agan menyimpannya sembarangan?

4. Buat Daftar Menu Kebutuhan Sebelum Belanja
Kalo agan berhasil merapikan daftar menu kebutuhan mingguan, berarti agan sudah termasuk berhasil mengontrol pola belanja. Bertahanlah dengan daftar menu yang sudah agan buat agar terhindar dari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

5. Bijak Menggunakan Kartu Kredit
Hati-hati dalam menggunakan kartu kredit ya! Belanjaanmu bisa tidak terkontrol saat menggunakan kartu kredit, karena agan tidak membayar langsung di hari agar belanja. Gunakanlah kartu kreditmu dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu untuk membayar, supaya tidak kaget saat tagihan keluar.

 

Kayanya gak mustahil buat dicoba kan. Belanja bulanan berikutnya ane mau coba trik ini.

Kalo agan punya tips berhemat lainnya, bole gan share juga di sini. emoticon-thumbsup
1
1.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan