Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukan.salmanAvatar border
TS
bukan.salman
Belum Boleh Berjalan, Ma'ruf Amin Nekat Turun ke Banten Hari Ini


TEMPO.CO, Jakarta - Ma'ruf Amin akan menghadiri silaturahmi dengan jajaran struktural dan kultural Nahdliyin dari tiga kabupaten/kota di Banten, di Pesantren An Nawawi, Tanara, Banten pada hari ini, Ahad, 16 Desember 2018. Pesantren tersebut merupakan milik Ma'ruf yang dikelola oleh putranya, Ahmad Syauqi.

Anak Ma'ruf yang akrab disapa Gus Syauqi tersebut juga akan ikut mendampingi Ma'ruf hari ini. "Sebetulnya abah itu belum boleh jalan-jalan oleh dokter, tapi bandel," ujar Syauqi kepada Tempo di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu malam, 15 Desember 2018.

Beberapa waktu lalu, kaki Ma'ruf terlikir. Nyaris sudah tiga pekan Ma'ruf hanya menerima tamu di kediamannya, Jalan Situbondo Nomor 12, Jakarta.

Syauqi mengatakan, Ma'ruf baru diperbolehkan dokter beraktivitas pada Januari 2019 atau sekitar tiga pekan lagi. Namun, calon wakil presiden nomor urut 01 itu tak betah berlama-lama diam di rumah saja. "Sejak muda begitu, bukan hanya saat jadi cawapres saja," ujar Syauqi.

Ma'ruf merupakan ulama dari Banten. Ia berbagi tugas dengan calon wakil presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi untuk menggarap basis-basis wilayah sesuai segmentasinya. Banten, merupakan salah satu daerah yang akan fokus digarap Ma'ruf.

Dalam wawancara khusus dengan Tempo pada Jumat pekan lalu, Ma'ruf optimistis bisa memenangkan suara di Banten. Sampai saat ini elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih tertinggal di Banten. "Saya kan lahir di Banten," ujarnya sambil tersenyum.

Selasa pekan lalu, tim relawan Jokowi - Ma'ruf yang mayoritas berisi purnawirawan tentara, Bravo-5 mengungkapkan temuan bahwa sebanyak 58,7 persen suara di Provinsi Banten masih dikantongi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hasil sigi internal menunjukkan pasangan nomor urut satu hanya meraup 39 persen suara responden. Sisanya tak menjawab.

Banten memang basis pemilih Prabowo. Pada pemilihan presiden 2014, Prabowo, yang saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa, mengantongi 57,1 persen suara. Adapun Jokowi-Jusuf Kalla dipilih oleh 42,9 persen warga. Dalam pemilihan presiden tahun depan, jumlah pemilihnya 8,1 juta, naik 200 ribu dibanding pemilihan 2014. Untuk itu, Banten menjadi perhatian khusus kedua kubu.

Di kubu Jokowi-Ma'ruf, sejumlah ulama Banten menyatakan bersedia membantu dan turun langsung dalam upaya pemenangan pasangan nomor urut 01 ini. "Kami akan mendampingi Abah ke turun ke bawah dan ikut menepis berbagai hoax yang menerpa paslon 01," ujar Ketua Relawan Kita Santri Kiai Ma'ruf Amin (Kita Sama) Banten, Kiai Ibnu Baliran Ali kepada Tempo di bilangan Menteng, Sabtu malam, 15 Desember 2018.

sumber

Jaga kesehatan, pak Kyai... Ikuti saran dokter.
Biar pak Joko dulu saja yg kampanye.
2
3.8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan