dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Hati-Hati, 5 Tipe Teman Ini Bisa Memberi Pengaruh Buruk untuk Keuangan Kamu



Pernah dengar kalimat, “Berteman tidak boleh pilih-pilih”? Meski saran tersebut baik, kenyataannya kita nggak sebaiknya berteman dengan orang yang hanya memberi pengaruh buruk.



Agan dan sista punya pengalaman dengan teman seperti ini nggak nih? Meski tidak sering disadari, kita mungkin sering bertemu dengan orang yang justru memberi pengaruh buruk dalam kehidupan. Entah itu dalam kehidupan sosial, pendidikan, atau bahkan keuangan.

Ada teman yang bisa memberi pengaruh buruk untuk keuangan? Ada, gansis. Coba dipikir lagi, gansis mungkin punya teman yang membuat gansis menjadi hobi belanja dan rajin mengeluarkan uang. Tipe teman seperti itu harus dihindari.
Seperti apa lagi tipe teman yang sebaiknya diwaspadai? Cek di sini!


1. Tipe yang Hobi Belanja



Belanja memang bukan hal yang salah. Namun, jika terus menerus belanja tanpa memperhitungkan keuangan dan kebutuhan, apa gansis nggak merasa ada yang salah dari kebiasaan orang tersebut? Bisa saja dia kaya dan mampu secara finansial, tapi gansis yakin tidak akan terpengaruh?

Sadar atau tidak, hobi belanja dirinya itu dapat membuat orang yang melihat menjadi tertarik membeli barang yang sama. Gansis yang berteman dan tahu kebiasaannya harus mengingatkan diri sendiri untuk tidak terpengaruh.

Jika sampai tertarik dan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, gansis akan mengeluarkan uang dengan percuma. Tidak hanya itu, pengaturan uang pun bisa terganggu karena dihabiskan untuk belanja barang yang tidak seharusnya.

Oleh sebab itu, tipe teman seperti ini harus diwaspadai, gansis. Jika merasa tak enak untuk menghindari dia, usahakan tidak bertemu di mal dan tidak membahas mengenai promo atau diskon. Saat bertemu pun, bawalah uang tunai secukupnya agar tidak tergoda untuk belanja.

2. Tipe yang Mudah Pinjam Uang



Pernah bertemu teman yang belum membayar utang sebelumnya, sudah mau meminjam utang lagi? Tipe teman seperti ini tidak boleh dikasihani, nih. Pertama kali meminjam sih mungkin merasa simpati atau tak enak, untuk yang kedua kalinya gansis harus berhati-hati.

Bukan berprasangka buruk, tapi jika menyangkut uang dan teman yang tidak bisa dipercaya, lebih gansis hati-hati. Yang ditakutkan dari tipe teman seperti ini ialah mereka meminjam, tapi tidak ada keinginan untuk membayar.

Mereka mungkin memiliki banyak alasan agar bisa menunda membayar utang. Jika sudah begitu, gansis bisa apa? Oleh sebab itu, sebelum memberi pinjaman, sebaiknya pastikan teman tersebut tepercaya dan tidak mudah ingkar janji.

Untuk lebih berhati-hati, gansis bisa bertanya pada teman lain apakah memiliki pengalaman yang sama, untuk tahu dia bisa dipercaya atau tidak.

3. Tipe Tukang Pamer



Saat ini, semua yang dibeli bisa dipamerkan dengan mudah. Tidak harus bertemu, cukup unggah di media sosial. Namun, hati-hati dengan teman seperti ini nih, gansis.

Meskipun tidak terlihat sebagai masalah besar, tapi teman seperti ini bisa membangkitkan rasa iri dalam diri seseorang. Jika sudah iri, membuat hati menjadi tidak tenang dan akhirnya gansis bisa juga memiliki keinginan untuk membeli dan melakukan hal yang sama dengannya.

Jika gansis memiliki uang tidak masalah, tapi jika tidak ada dan memaksakan diri, rencana keuangan yang sudah dibuat bisa terganggu. Jadi, jika gansis tahu ada teman yang memiliki sifat pamer ini, kuatkan diri sebelum bertemu agar tidak terpengaruh. Hindari sebisa mungkin baik di media sosial, maupun di dunia nyata. Selain itu, jangan beri dia reaksi yang berlebihan dan alihkan pembicaraan.

4. Tipe yang Memberi Pengaruh Negatif



Teman dengan pikiran negatif akan membawa pengaruh negatif pula untuk kehidupan dirinya sendiri ataupun orang lain. Jangan mau berteman dekat dengan orang seperti ini, gansis.

Tipe teman ini akan lebih sering membuat gansis tidak percaya diri dan meragukan setiap rencana yang gansis miliki. Mereka mungkin akan lebih sering bersikap pesimistis dan tanpa sadar bisa memengaruhi gansis dengan pikirannya.

Selain dihindari, lebih  baik gansis tidak menceritakan rencana keuangan atau masa depan pada mereka. Dengan begitu, gansis tidak akan mendengar pikiran dan pandangan mereka yang cenderung negatif.

5. Tipe yang Suka Menghasut



Menghasut tidak selalu untuk hal buruk meski dampaknya tetap buruk, seperti dalam hal keuangan. Gansis pernah bertemu teman bermulut manis yang bisa memengaruhi untuk membeli sesuatu meskipun gansis tidak berniat begitu?

Ini salah satu contoh teman penghasut yang bisa mengganggu keseimbangan keuangan gansis. Mungkin teman jenis ini tidak selalu membawa pengaruh buruk, tapi gansis harus tetap berhati-hati mendengar ucapannya agar tidak mudah terpengaruh.

Ketika akan membeli sesuatu, kembali kepada aturan hanya membeli apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, gansis bisa menahan diri agar tidak tergoda belanja yang tidak perlu.


===========

Mungkin tidak salah juga ketika mulai beranjak dewasa jumlah teman kita semakin sedikit. Jika yang kita hindari merupakan teman yang hanya memberi pengaruh buruk, tentu tidak merugikan, bukan? Gansis bisa mulai memilih kembali teman yang memberi pengaruh baik dan yang tidak.

Teman yang baik tidak hanya membuat kehidupan sosial menyenangkan, tapi juga akan memberi pengaruh positif dalam semua sisi kehidupan, termasuk dalam hal keuangan!

Jadi, jangan sembarang pilih teman!




Sumber



Diubah oleh dimasgaharu 29-11-2018 07:35
Sinhok
Sinhok memberi reputasi
6
7.6K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan