Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mochzainalftAvatar border
TS
mochzainalft
Seberapa Rutin Ente Service Motor & Ganti Oli?
Halo agan dan sista
emoticon-Hai

Motor adalah kendaraan favorit sejuta umat di Indonesia. Selain harganya lebih terjangkau, juga cocok buat digunakan di jalanan perkotaan yang sering macet. Bisa nyalip-nyalip gitu. Agan dan sista juga pasti banyak yang memilih menggunakan motor sebagai kendaraan sehari-hari kan? Hayo, udah rutin belum service dan ganti olinya?



Buat yang baru punya motor, biasanya masih bingung harus seberapa sering sih service motor. Apalagi cewek-cewek, paham kalo soal perawatan kecantikan, tapi soal perawatan motor mah bingung emoticon-Big Grin. Sebenernya kalo service motor itu ikuti aja petunjuk bengkel resminya. Kalo pas beli motor baru, pasti dikasih wejangan dulu kok, lengkap sama buku petunjuk, biar jelas perawatannya harus gimana-gimana. Tinggal ente sebagai pemiliki motor mau atau enggak ngikutin wejangan itu.

Umumnya service itu diperlukan setiap motor menempuh jarak sekian KM atau jangka waktu tertentu. Misalnya setiap 2000 KM atau setiap 3 bulan sekali, tergantung motornya. Beda motor, beda juga seberapa rutin service-nya diperlukan. Service rutin perlu dilakukan untuk menjaga kualitas kinerja komponen motor. Soalnya selama penggunaan sekian waktu, pasti ada komponen yang kualitasnya mulai menurun. Saat service, komponen-komponen itu akan dicek dan diperbaiki seandainya diperlukan. Tapi, kalo motor ente kerasa ada yang aneh-aneh nih, meskipun belum jadwal service, langsung aja bawa ke bengkel resmi. Takutnya ada kerusakan apa-apa ye kan emoticon-Takut (S).



Kalo soal ganti oli, biasanya prosedur ini juga dilakukan barengan dengan service rutin di bengkel resmi. Sepaket gitu. Oli diperlukan untuk menjaga pelumasan dalam mesin. Sedangkan si oli ini memiliki masa pakai. Jadi, kalo masa pakainya udah berlalu, harus segera ganti oli. Pilih jenis oli yang sesuai dengan motor ente. Antara motor sport yang gede dengan motor matic, pasti beda jenis olinya. Jangan sampe salah. Pilih juga oli yang kualitasnya bagus. Kalo ane misalnya, pake motor matic, maka ane pilih Eni Oil i-Ride 4T Matic karena ini adalah oli khusus motor matic dan bisa melapisi seluruh komponen mesin secara baik serta mengefisienkan BBM karena dibuat dari base oil pilihan dengan additive khusus. FYI, Eni Oil ini dulunya bernama Agip. Hasilnya mesin motor ane jadi lebih awet dan kerasa lebih enteng tarikannya.

Kalo agan dan sista yang punya motor, biasanya seberapa rutin nih service dan ganti oli? Udah sesuai anjuran belum?
emoticon-Shakehand2

0
5.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan