Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aryasyarif82Avatar border
TS
aryasyarif82
Situasi Gak Aman di Jalanan, 7 Bela Diri Ini Bisa Jadi Andalan
Siapa yang tahu apa yang bakal terjadi di luar rumah? Apalagi saat situasi rawan karena keamanan kurang terjamin. Alhasil kita harus membela diri dari orang-orang yang memiliki niat jahat.

Apa yang bisa digunakan untuk membela diri ketika situasi tidak aman? Satu-satunya yang bisa diandalkan adalah tubuh kita sendiri. Maka dari itu mengolah tubuh dan membekalinya dengan latihan bela diri adalah perlu.

Tapi apakah ketika sudah mengolah tubuh, kita bisa mengatasi masalah? Pertarungan jalanan tidak semudah itu, ada banyak faktor yang memengaruhi. Apakah ada bela diri yang bisa mengatasi itu semua? Jawabannya akan sangat sulit sekali atau bahkan tidak ada. Pertarungan akan ditentukan faktor-faktor seperti jumlah lawan, kapasitas stamina, kehadiran senjata, arena pertarungan, dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana meminimalisir masalah? Jangan mendekati masalah dan selalu waspada! Untuk bekal bela dirinya? Ada 7 bela diri yang direkomendasikan.

1. Tinju

Kenapa? Karena tinju memiliki dua hal, bertahan dan memukul. Buat musuh pingsan dengan 1 pukulan di rahang bawah serta hindari damage dengan menghindar atau memblok serangan. Itu kuncinya.

2. Muay Thai

Muay Thai adalah olahraga full body contact yang paling keras. Bagian tubuh yang digunakan adalah kepalan tangan, siku, kaki, dan lutut. Berdasarkan sejarah tahun 1774, leluhur Nai Khanom Tom tertangkap Kerajaan Burma. Ia akan diberikan kebebasan ketika berhasil mengalahkan 10 orang prajurit Burma seorang diri. Nai Khanom Tom berhasil mengalahkan 10 orang tersebut hanya dengan tangan kosong dan Muay Thai.

3. Pencak Silat

Silat efektif untuk tarung jalanan karena langsung menyerang organ vital. Kuncinya adalah kecepatan gerak. Dua aliran silat yang berbahaya adalah Silat Harimau dan Silat Kerbau dari Minang. Kuda-kuda kokoh, brutal, dan gerakan yang solid adalah ciri khasnya.

4. Krav Maga

Krav Maga menekankan pada counter attack dengan penuh kebrutalan. Krav Maga mengambil jurus-jurus mematikan dari semua aliran bela diri terkenal. Serangan-serangan Krav Maga akan berusaha mengarah pada mata, leher, tenggorokan, wajah, solar plexus, selangkangan, ulu hati, dan lain sebagainya.

5. Systema

Systema adalah bela diri perang khusus untuk militer Rusia yang menjadi warisan dari Bangsa Mongol. Bela diri ini menekankan pentingnya melakukan gerak cepat dengan energi minimum, tapi menghasilkan kerusakan maksimum.

6. Brazilian Jiujitsu

Jiujitsu berasal dari Jepang dan diciptakan Mitsuyo Maeda. Konon ia menang 2000 pertarungan sehingga termasuk orang hebat di jamannya. Lalu ada Brazilian Jiujitsu yang mengandalkan pertarungan ground. Bela diri ini ditakuti karena bisa mengalahkan orang dengan badan yang lebih besar.

7. Jet Kun Do

Didirikan oleh Bruce Lee meskipun awalnya dia menganggap Jet Kun Do adalah falsafah hidup. Sering disebut style with no style. Lee ingin orang-orang terbebas dari pola dan dapat beradaptasi dengan keadaan. Prinsip Jet Kun Do adalah, pertahanan terbaik menyerang dan intersep serangan lawan sebelum serangan itu masuk di tubuh.


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh aryasyarif82 30-11-2018 08:51
0
2.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan