Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

primadivineAvatar border
TS
primadivine
Kenapa 'Otak Beku' Saat Kita Makan Es Krim ? Inilah Penjelasannya
Assalamualaikum agan / sista  


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرحْمَنِ اارحِيم


Kenapa 'Otak Beku' Saat Kita Makan Es Krim ? Inilah Penjelasan nya





Pernahkah agan agan merasakan 'otak membeku' (brain freeze) saat makan es krim? agan agan gak usah khawatir ya sebab kondisi ini sering dialami banyak orang saat mengonsumsi es kim. Fenomena ini terjadi sebab respon syaraf terhadap es krim yang dingin saat masuk kedalam mulut, meskipun disebut juga 'otak beku' sebetulnya gak ada gangguan didalam otak kita saat mengonsumsi es krim gan. Pembuluh darah adalah bagian yang terpengaruh oleh es krim. Sensasi beku dan pula sakit kepala biasanya dirasakan di bagian dahi selama kurang dari 5 menit gan, 



Bagaimanakah es krim menyebabkan ' otak beku ' ?


Menurut para ahli bahwa sensasi 'otak beku' terjadi saat es krim yang dingin menyentuh bagian tengah langit langit mulut dan tenggorokan bagian atas gan, Syaraf pun merespon dan memicu pembuluh darah dikepala melebar, pembesaran yang secara tiba tiba membuat kepala terasa sakit. Peningkatan aliran darah secara tiba tiba bisa meningkatkan tekanan didalam tengkorak dan menyebabkan rasa sakit sementara tersebut.


Menurut penelitian bahwa peristiwa otak beku merupakan mekanisme bertahan hidup alami untuk memastikan otak tetap hangat, bukan hanya terpicu oleh es krim doang gan , makanan atau minuman apapun kalo yang dingin dingin dapat membuat pembuluh darah membesar. 



Cara mengatasi 'otak beku'


Gausah panik ya gan bahwa kondisi 'otak beku' dapat diatasi dengan mudah tanpa membutuhkan pengobatan medis yang rumit, tenang aja ya gan 'otak beku' biasanya bisa hilang dalam waktu 30 - 60 detik setelah makanan atau minuman dingin yang ada didalam mulut ditelan .


Nahh ada cara lain gan untuk mengatasi 'otak beku' yaitu menempelkan lidah ke langit langit mulut gan berguna untuk menghangatkan area tersebut yaa, energi panas yang ada di lidah akan ikut menghangatkan syaraf syaraf yang bikin 'otak beku' , tekan langit langit mulut ente dengan lidah sampai sensasi 'otak beku' itu benar benar ilang .


Misalkan ente mengalami 'otak beku' lebih dari 5 menit terjadi secara terus menerus dan berulang ulang sebaiknya ya ente berkonsultasi dengan dokter supaya menghindari hal hal yang gak di inginkan ya gan , bisa jadi kondisi ini disebabkan masalah lain bukan dari makanan ataupun minuman dingin gan . 


Nahh tips buat agan agan sekalian untuk menghindari 'otak beku' adalah dengan mengonsumi makanan atau minuman dingin secara perhalan lahan, jangan lupa ya untuk mengonsumsi air putih dan menyikat gigi sesudah mengonsumsi es krim gannn, tujuan nya adalah supaya sisa sisa es krim tidak tertinggal didalam mulut dan menyebabkan kerusakan gigi


 


Itulah penjelasan singkat dan mudah dipahami dari peristiwa 'otak beku' sekaligus tips buat agan untuk mengonsumsi es krim untuk meminimalisir mengonsumsi es krim biar kaga 'otak beku' Semoga ilmu yang bermanfaat menjadi bermanfaat sesungguhnya untuk agan agan yang belum tau yaa .. emoticon-2 Jempol


emoticon-Shakehand2 Ditunggu komentar dan saran yang membangun ya, Agan dan Sista emoticon-Shakehand2




Boleh dong dikasih ini emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


emoticon-2 Jempol  Wassalamualaikum agan / sista emoticon-2 Jempol



Quote:



3
6.2K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan