Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

annisaputrieAvatar border
TS
annisaputrie
Mobil Esemka Baru Mau Meluncur, Mobnas Vietnam Sudah Mendunia
Mobil Esemka Baru Mau Meluncur, Mobnas Vietnam Sudah Mendunia
Kamis, 4 Oktober 2018 15:02 WIB
 

Mobil VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com

TEMPO.COJakarta - Mobil Esemka yang diharapkan menjadi embrio mobil nasional Indonesia hingga saat ini belum meluncurkan produknya. Beberapa model sempat wira-wiri di jalanan dalam rangka pengujian ketahanan. Padahal mobil Esemka telah digagas sejak tahun 2010 yang saat itu Presiden Joko Widodo masih menjabat Wali Kota Solo.

Kabar terakhir, calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Mobil Esemka akan diluncurkan dalam waktu dekat. "Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, 27 September 2018.

Berbeda dengan nasib Mobil Esemka, VinFast, mobil nasional dari Vietnam telah mendunia dengan memulai debutnya di Paris Motor Show 2018. Tak tanggung-tangung, VinFast, anak perusahaan dari Vingroup bisnis swasta terbesar di Vietnam membawa dua produk barunya yang bermain di segmen premium bukan lagi kelas entry level. Dua mobil tersebut adalah LUX A2.0 model sedan dan LUX SA2.0 model SUV.



Mobil VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com

VinFast tak main-main dalam mengarap proyek mobil nasional ini, mereka menggandeng beberapa desainer beken asal Italia seperti Italdesign Giugiaro, Pininfarina, Torino Design, dan Zagato. Dari hasil coretan desainer terkenal tersebut, kemudian dipilih dengan melibatkan 60.000 orang warga Vietnam.

Pada model sedan itu meniru kap panjang dan dek belakang pendek mirip Alfa Romeo Giulia. Sementara SUV menggunakan desain yang terasa pas di Mazda baru. Mesin empat silinder turbocharged berkapasitas 2.0 liter yang menghasilkan 174 tenaga kuda dan torsi 300 Nm atau 227 hp dan torsi 350 Nm. Gearbox otomatis delapan kecepatan mengalirkan tenaga dari mesin ke roda belakang baik untuk sedan dan SUV. Namun, ada juga model all-wheel drive.
Sedan tersebut mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam 8,9 detik dengan mesin 174 hp. Sedang menggunakan mesin 227 hp, waktu dipangkas menjadi 7,1 detik. Pada SUV untuk meraih kecepatan 100 kilometer per jam dalam 8,9 detik.

[size={defaultattr}]
Desain oke dan mesin yang handal disokong dengan keberadaan General Motors yang terlibat dalam proyek ini sejak awal tahun ini. GM setuju untuk mengalihkan operasinya di Vietnam ke VinFast, yang setuju untuk mendistribusikan kendaraan Chevy di negara itu untuk menjadi pembuat mobil.

Foday Landfort SUV yang diyakini sebagai Esemka Garuda 1. (ChinaAutoWeb).
Adapun mobil Esemka masih bermain pada entry level dengan produk Rajawali bermodel SUV dan Bima model pick up. Sedangkan untuk menggarap segmen premium, Mobil Esemka menggunakan Garuda yang memiliki bentuk dan model mirip Foday Landfort bikinan produsen mobil di Cina.[/size]

https://otomotif.tempo.co/read/1132923/mobil-esemka-baru-mau-meluncur-mobnas-vietnam-sudah-mendunia/full&view=ok

2 Mobil Mewah Buatan Vietnam Siap Lawan Lexus di Paris Auto Show

Selasa, 11 September 2018 11:06 WIB


Mobil VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com

TEMPO.COJakarta - VinFast, perusahaan mobil pertama di Vietnam, akan memamerkan dua mobil yang dirancang Pininfarina, rumah desain lokal untuk memulai debutnya di Paris Auto Show 2018. Model sedan dan SUV telah dirancang untuk pasar berdasarkan pada pilihan warga Vietnam. VinFast memberi orang-orang Vietnam kesempatan untuk memengaruhi arah styling di awal proses desain satu tahun yang lalu. Modelnya pun tak kalah dari Lexus

Lebih dari 62.000 orang memilih dari 20 sketsa desain yang diajukan oleh empat rumah desain mobil Italia. Sementara sketsa ItalDesign awalnya memenangkan kontes, Pininfarina ditunjuk untuk mengembangkan lebih lanjut dan menyelesaikan desain.


Dilabeli sebagai produk premium, kedua mobil ini memiliki bagian depan yang sangat mirip dengan emblem V di bagian tengah grille, sebuah splint krom horisontal yang menyatu dengan DRL LED, lampu ramping, dan elemen krom asimetris.

Garis dari desain sedan memiliki wheelbase yang panjang, bonnet panjang, dan garis tubuh horizontal untuk memberikan kenyamanan dan kelegaan di kabin. Sementara SUV memiliki penampilan yang lebih berotot dan sporty.


bil VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com
Tidak ada informasi tentang mesin yang digunakan, VinFast menjanjikan akan membuka tabir soal mesin pada 2 Oktober, ketika sedan dan SUV akan debut di Paris Auto Show. Menyusul penayangan perdana dunia, kedua mobil akan diperkenalkan kepada publik Vietnam pada akhir tahun ini. Ekspor ke pasar internasional direncanakan dalam beberapa tahun mendatang tetapi kami tidak tahu wilayah mana yang menjadi target VinFast.

https://otomotif.tempo.co/read/11254...w/full&view=ok

Mobil Nasional Vietnam VinFast, Main Segmen Premium Siap Ekspor
Kamis, 4 Oktober 2018 07:33 WIB


Mobil VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com

TEMPO.COJakarta - VinFast, produsen mobil di Vietnam hadir di ajang Paris Motor Show 2018 dengan dua model baru yang bermain di kelas premium. Dua produk baru tersebut adalah sedan LUX A2.0 dan SUV LUX SA2.0 yang diproduksi di pabrik seluas 335 hektar berada di Hai Phong, Vietnam utara. Pengiriman akan dimulai terlebih dahulu di lokal pada Juni 2019.



Dua mobil buatan Vietnam tersebut tampil dengan pesona elegan dengan adanya emblem V chrome di tengah gril, ditambah garis krom horizontal yang menyatu dengan lampu DRL LED. Sedan ini memiliki moncong yang panjang, garis atap membentang, pilar C memanjang dan keseluruhan memiliki proporsi yang seimbang.



Mobil VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com

Adapun model SUV lebih berotot, menampilkan garis-garis yang mengalir dan surround hitam matte yang kontras untuk lampu depan, lampu fog dan intake udara. SUV ini memiliki tujuh tempat duduk menjadikannya pilihan yang sangat praktis bagi keluarga. SUV seperti ini sangat digemari di Indonesia.


Pada interior, mobil tersebut memiliki desain dasbor yang bersih dan sederhana, dengan sangat sedikit tombol dan adanya fitur infotainment layar sentuh 10,4 inci yang cukup memanjakan mata dan mendominasi konsol tengah. Desain sistem operasi (OS) sederhana dan elegan, karena beranda memiliki tiga ikon untuk akses tingkat atas, ditambah layar yang menunjukkan kontrol AC. Pengguna bahkan dapat menggeser layar ke bawah untuk pintas dengan cara yang sama seperti pada smartphone Android atau iOS.



VinFast buatan asli dari Vietnam. Sumber: carscoops.com

Baik sedan LUX A2.0 dan SUV SA2.0 akan mennggunakan mesin bensin empat silinder segaris berkapasitas 2,0 liter turbocharged, tersedia dengan dua output: yaitu 176 PS dan 300 Nm dan 231 PS dan 350 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan dan sistem penggerak empat roda opsional sebagai peningkatan dari penggerak roda belakang standar.


[size={defaultattr}]Dalam pengujian produsen, sedan LUX A2.0 dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 8,9 detik dengan mesin 176 PS, dan 7,1 detik dengan unit 231 PS. Sementara itu, SUV dapat mencapai akselerasi jarak yang sama mampu menempuhnya dalam waktu 8,9 detik dengan RWD dan 9,1 detik dengan AWD.[/size]
[size={defaultattr}]
Soal dimensi, sedan VinFast ini memiliki panjang 4.973 mm, lebar 1,900 mm, tinggi 1.464 mm dan memiliki wheelbase 2.968 mm. Sedangkan SUV memiliki dimensi panjang 4,940 mm, lebar 1,960 mm, tinggi 1,773 mm dan wheelbase 2,933 mm.
https://otomotif.tempo.co/read/11327...r/full&view=ok
[/size]


[size={defaultattr}][/size]
[size={defaultattr}][/size]
[size={defaultattr}][/size]

--------------------------

Kebanyakan ngomong sih ... laaa 4 tahun ini emang ngapain aja?
Moso setiap 5 tahun sekali baru isu mobnas itu dipublish lagi?

emoticon-Wkwkwk


Diubah oleh annisaputrie 06-10-2018 12:52
0
3.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan