Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

badrujamAvatar border
TS
badrujam
Viral Remaja Mabuk Air Rebusan Pembalut, Zat Ini Penyebabnya
Remaja Mabuk Air Rebusan Pembalut, Zat Ini Penyebabnya
Kabar tentang beberapa remaja yang mengaku merasa rasa 'nge-fly' atau 'high' dengan meminum air rebusan pembalut di jawa tengah itu di benarkan oleh Kepala Bidang Pemberantasan (Kabid Brantas) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng AKBP Suprinanto.

"Iya, tertangkapnya sih cuma satu atau dua orang, namun ini mereka berkelompok. Kelompok ini bisa 6-10 orang," kata Suprinanto, saat dihubungi detikHealth, Rabu (7/11/2018).

Mencari tahu apa yang menyebabkan rebusan pembalut itu menyebabkan rasa "High" pada orang yang meminumnya, dan ini penjelasan menurut  salah satu dokter Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) yaitu dr Hari Nugroho, menjelaskan bahwa fenomena ini sebenarnya memang sudah lama. Beberapa tahun silam, semisal di tahun 2016, juga sudah marak kabar mengenai remaja yang mabuk dengan rebusan pembalut atau popok.

Lalu apa saja kandungan yang terdapat ?

Menurut dr Hari, chlorine (klorin), alkohol, dan chloroform (kloroform) adalah kemungkinan yang membuat remaja-remaja tersebut high. Namun tak menampik kemungkinan, bisa saja rebusan tersebut juga ditambahkan dengan zat lain untuk menciptakan efek yang sedemikian rupa.

"Setahu saya belum pernah ada yang mencoba air rebusan pembalut dan pampers yang dipakai buat tujuan rekreasional tersebut. Ini yang barangkali perlu menjadi perhatian pihak-pihak terkait. Karena pembalut dan pampers yang saya tahu ada persyaratan harus bebas zat kimia tertentu," tandasnya.

Pada Dertik Health dr Hari menjelaskan  chlorine (klorin), alkohol, dan chloroform (kloroform) adalah kemungkinan yang membuat remaja-remaja tersebut high. Namun tak menampik kemungkinan, bisa saja rebusan tersebut juga ditambahkan dengan zat lain untuk menciptakan efek yang sedemikian rupa.


Jika kemungkinan seseorang dapat "High" adalah Zat Klorin, lalu apakah Klorin itu?

Klorin adalah unsur nomor 17 dalam tabel periodik, klorin adalah salah satu dari sekelompok unsur yang berbagi sifat kimia yang mirip dikenal sebagai halogen, dengan anggota lain yang fluor, brom, yodium dan astatine. Gas larut dalam air, membentuk campuran hipoklorit dan asam klorida, dan klorin bebas. Klorin digunakan dalam industri untuk memproduksi plastik dan obat-obatan.

Penjelasan lainnya klorin adalah gas kuning-hijau yang lebih berat dari udara.
Kegunaan klorin lainnya yang sering di gunakan adalah untuk membersihkan air kolam renang dan sebagai agen pemutih dalam industri kertas

Kandungan klorin dalam pembalut ini sebelumnya pernah di jelaskan oleh tim penelitian dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan bahwa pembalut di Indonesia yang mengandung zat berbahaya, salah satunya klorin.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
2.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan