Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Kenapa Gaji Tidak Pernah Cukup? Kenali 5 Penyebabnya!


Gaji sudah habis sebelum akhir bulan pasti sudah sering dialami, iya nggak? Siapa di sini yang selalu merasa gaji yang diterima tak pernah cukup?

Namun, nih gansis keadaan seperti ini tidak boleh dibiarkan terus menerus. Jika terus menerus mengalami defisit, gansis bisa saja mengalami kebangkrutan ketika masih muda.

Tidak punya uang saat akhir bulan saja sudah nggak enak, apalagi jika sampai harus mengalami kebangkrutan. Pasti tidak ada yang mau, bukan?

Oleh sebab itu juga, gansis harus mengetahui apa penyebab uang gaji gansis selalu habis bahkan sebelum akhir bulan. Kenali penyebabnya lalu cari jalan keluarnya!


1. Gaya Hidup yang Terlalu Tinggi



Tidak bisa dipungkiri gaya hidup di era millennials saat ini begitu tinggi dan mahal. Nongkrong di mal kafe, atau restoran. Pergi liburan di dalam dan luar negeri. Belum lagi, beli ini dan itu untuk menunjang penampilan dan hobi.

Banyaknya tren dan gaya hidup yang berkembang inilah yang membuat kita sering kali mengeluarkan uang tanpa disadari. Ini salah satu penyebab kenapa gaji selalu terasa kurang.

Jika dipikir kembali, tidak semua barang yang dibeli atau gaya hidup yang diikuti penting untuk gansis. Sering kali, gansis hanya mengeluarkan uang karena ingin dan bukannya karena membutuhkan barang tersebut.

Oleh sebab itu, langkah pertama untuk mengatur keuangan gansis pertimbangkan kembali gaya hidup dan tren apa yang perlu diikuti. Jika tidak begitu penting dan memberi pengaruh yang baik, tinggalkan saja. Uangnya bisa ditabung dan gunakan untuk kepentingan masa depan.

2. Kartu Kredit untuk Gaya



Apakah gansis menggunakan kartu kredit? Kartu kredit salah satu penyebab gaji tak pernah cukup karena dengan kartu kredit gansis bisa saja melakukan pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Pada akhirnya, gansis bisa menjadi boros dan akhirnya membuat uang terbuang percuma. Jika sudah begitu, belum akhir bulan pun gansis sudah harus memikirkan tagihan kartu kredit.

Saran ane, jika pengeluaran gansis hanya itu-itu saja, tidak perlu memiliki kartu kredit. Nanti, bisa tergoda membeli barang dan akhirnya memiliki utang yang tidak perlu.

3. Tidak Membuat Anggaran Bulanan



Siapa yang menggunakan gaji tanpa perencanaan? Pasti tidak sedikit. Namun, agar gaji bisa selamat hingga akhir bulan, gansis harus mencoba membuat anggaran bulanan. Anggaran bulanan bisa menyelamatkan pengeluaran.

Dengan anggaran bulanan, uang yang harus dikeluarkan menjadi lebih terkendali dan gansis tidak akan mudah membelanjakan uang. Jika tidak memiliki anggaran, gansis bisa membeli apa saja, tapi lupa dengan keperluan penting bulanan, seperti biaya transportasi dan bayar tagihan.

Jadi, kenali apa saja pengeluaran gansis tiap bulan lalu bagi uang untuk setiap pengeluaran penting tersebut. Selama satu bulan gunakan uang sesuai anggaran yang sudah dibuat. Dengan begitu, pengeluaran aman hingga satu bulan.

4. Termakan Promo Barang Obral dan Diskon



Promo, obral, atau diskon besar-besaran memang menguntungkan. Namun, hanya menguntungkan jika gansis memang membutuhkan barang yang didiskon tersebut. Jika membeli terus hanya karena diskon tanpa menyadari kebutuhan, itu artinya gansis membuang uang untuk hal yang tidak perlu.

Oleh sebab itu, sebelum beli pertimbangkan terlebih dahulu apakah gansis membutuhkan barang tersebut atau tidak. Jangan sampai gansis membeli barang yang harganya murah, tapi hanya ditumpuk dengan barang lainnya.

5. Inflasi



Harga barang dan berbagai kebutuhan yang naik pasti sering kita dengar. Jika semua harag barang dan kebutuhan naik sementara gaji tidak, sudah pasti uang gaji tidak akan bisa mencukupi kebutuhan setiap bulannya.

Karena inflasi merupakan faktor eksternal dan di luar kendala kita, yang bisa dilakukan hanya berusaha mencari penghasilan tambahan atau mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik.



===========

Cukup atau tidaknya gaji sebenarnya terletak pada cara dalam mengatur keuangan, gansis.

Jika sudah berhemat dan dikelola dengan baik, tapi masih tidak cukup, tidak ada cara lain kecuali mencari sumber penghasilan baru.

Penghasilan tambahan ini pun harus dikelola dengan benar agar dapat mencukupi kebutuhan setiap hari dan bulannya.




Sumber
3
12.2K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan