Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Gaziginza170493Avatar border
TS
Gaziginza170493
Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Introvert
Salam agan-agan semua. Izinkan saya kembali membagi sebuah cerita dalam kehidupan saya dalam rangka untuk mendapatkan saran dan masukan dari agan-agan semua.


Saya termasuk orang yang memiliki sifat pemalu dan pendiam gan, yang dalam istilah ilmu psikologi (mohon dikoreksi jika saya keliru) dikenal dengan nama Introvert. Saya mengakui ketika kecil, proses interaksi sosial saya kurang berjalan dengan  baik, karena orang tua saya dulu sangat overprotektif (mengekang) saya dengan melarang saya berteman atau bergaul dengan orang lain. Seringkali orang tua saya melarang saya berteman dengan si A atau Si B karena berbagai macam alasan, yang kemudian membuat saya lebih banyak melakukan aktifitas di dalam rumah saja. Oleh karena itu saya tidak banyak bergaul dengan orang lain dan memiliki sifat pemalu dan pendiam yang terbawa pada saya hingga memasuki masa sekolah, universitas, dan dunia kerja. Setelah itu saya menjadi tipe orang yang hanya berbicara pada waktu-waktu tertentu saja.  Saya lebih menyukai aktivitas dalam ruangan seperti membaca, menulis, berselancar di dunia maya, mendengarkan musik melalui gawai, dll. Teman saya juga tidak terlalu banyak, karena saya sangat jarang nongkrong seperti anak-anak muda pada umumnya. Banyak orang yang menganggap saya sombong, bahkan aneh, karena saya pendiam. Padahal saya memang tidak sedang ingin bicara, dan saya memang lebih senang mengungkapkan pemikiran saya melalui sebuah tulisan daripada lisan. Saya sempat mendapatkan "teguran" dari berbagai pihak yang meminta saya untuk berubah. Namun, sangat sulit gan bagi saya untuk berubah secara drastis, karenannya saya mencoba pelan-pelan berubah dengan lebih "bersosialisasi" karena tuntutan pekerjaan saya yang memaksa untuk bertemu bekerja sama dengan orang lain.

 

Terus terang saya sangat senang ada forum seperti kaskus ini, karena saya mendapat kesempatan untuk menulis pengalaman hidup saya dan mendapatkan berbagai macam saran dan masukan dari agan-agan sekalian. Nah, yang ingin saya tanyakan kepada agan-agan disini, apakah ada agan-agan atau teman agan ada yang memiliki juga sifat introvert seperti saya? Bagaimanakah agan-agan memandang sifat introvert itu sebenarnya? Apakah kelebihan dan kekurangan menjadi seorang introvert menurut agan-agan? Terima Kasih sebelumnya.

0
5.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan