Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solehikhsanudinAvatar border
TS
solehikhsanudin
[COC]Kiat Ane Dalam Membangun Keluarga Yang Sakinah Mawaddah Wa Rahmah #AslinyaLo


Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam, para Kaskuser sekalian dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event COC Kasquiz di Forum Wedding & Family bertema tentang kiat dalam membangun keluarga bahagia.

Yup langsung saja gan/sist masuk ke materinya.
Kali ini ane mau membahas sedikit tentang kiat-kiat ane dalam membangun keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, yang ane rangkum secara acak berdasarkan foto ilustrasi yang terkumpulkan dari galeri ane hingga usia 7 tahun sejak menikah.
Cekidot ...

Spoiler for Sempatkan Jalan-Jalan Sekeluarga di Lingkungan Rumah:


Jalan-jalan ringan sekeluarga tidak melulu soal menjaga kebugaran seluruh anggota keluarga. Lebih dari itu, aktivitas ini secara tidak langsung juga mampu menumbuhkan harmonisasi dan kasih sayang di antara pasangan suami-istri. Apalagi ketika kita sedang memiliki anak kecil, kegiatan ini juga cukup bermanfaat bagi kesehatan si bayi yang terpapar sinar matahari ketika dilakukan di medio pagi hari.

Spoiler for Taruh Foto Anak Sebagai Wallpaper:


Bagi ane pribadi, kebiasaan ringan ini memiliki manfaat yang cukup besar. Intinya, dengan menaruh foto anak di wallpaper komputer ataupun laptop yang biasa kita gunakan untuk bekerja, secara tidak sadar kita selalu mengingat keluarga ketika bekerja di luar rumah. Bahkan ketika ane bepergian jauh hingga ke mancanegara, kebiasaan kecil semacam ini cukup efektif dalam membangun koneksi dan hubungan yang harmonis dengan pasangan, cukup dengan memandangi wallpaper terpampang yang menampilkan sosok dari buah hati kami berdua.

Spoiler for Rekreasi ke Tempat-Tempat Yang Mendidik:


Pergi jalan-jalan ke spot-spot tempat wisata memang jamak dilakukan oleh pasangan kekinian, yang tentunya dengan membawa sanak-kerabat terdekat. Namun dalam hal ini, pemilihan lokasi wisata juga harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya soal sisi refreshing dari wisata tersebut, namun bisa dipertimbangkan tempat-tempat wisata yang bernilai pendidikan atau pembelajaran sehingga berfungsi dobel sekaligus antara aktivitas yang menumbuhkan keharmonisan rumah tangga dengan pengenalan alam sekitar bagi anak-anak kita.

Spoiler for Bersosialisasi Dengan Tetangga Sekitar:


Bersosialisasi dengan tetangga sekitar juga dapat memberikan dampak yang positif bagi hubungan kekeluargaan yang harmonis gan. Melalui kegiatan sosialisasi yang umum diselenggarakan oleh masyarakat di Indonesia seperti merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan, secara tidak langsung akan turut membangun kekuatan/eksistensi keluarga kita di mata para tetangga. Dengan adanya hal-hal semacam ini, secara akumulatif juga akan turut menjaga keharmonisan rumah tangga kita di tengah rumah-rumah tangga lainnya di sekitar kita.


Spoiler for Berinvestasi Untuk Masa Depan:


Secara ekonomi, keberadaan investasi merupakan bagian dari pondasi keberlangsungan rumah tangga yang tidak hanya berpijak pada kebutuhan masa kini. Dengan adanya investasi yang kuat, maka imbas keterjaminan hidup ini juga mampu berdampak pada ketenangan hidup hingga sisi keharmonisan rumah tangga yang bagus. Secara pribadi, ane bersama istri senantiasa berupaya untuk mendiversifikasi aset-aset untuk kepentingan investasi di masa depan, yang salah satunya kami realisasikan dalam bentuk peternakan sapi.

Spoiler for Makan Bersama Dengan Keluarga Besar:


Sesekali sempatkanlah makan bersama keluarga kecil maupun keluarga besar kita di luar rumah, tentunya dengan tetap mempertimbangkan kekuatan finansial yang ada karena biasanya aktivitas ini memerlukan dukungan dana yang relatif lebih besar ketimbang makan di rumah. Tidak harus di restoran mewah dengan makanan yang serba wah, namun menurut ane lebih dipertimbangkan suasana rumah makan yang cukup besar lahannya, dan kalau ada dengan tambahan fasilitas tempat bermain anak di dalamnya. Bahkan dengan menu makanan yang serba merakyat pun, insya Allah suasana keakraban sekeluarga (besar) akan tercipta dan mendukung terciptanya rumah tangga yang senantiasa harmonis.

Spoiler for Menikmati Perjalanan Jauh Bersama Keluarga:


Laiknya kegiatan makan bersama seperti yang telah ane sebutkan sebelumnya, perjalanan jauh di sini juga secara umum memiliki konsep dan tujuan yang sama. Perjalanan jauh bersama keluarga itu nuansanya secara diametral berbeda dengan perjalanan yang kita lakukan sendirian atau bersama dengan rekan-rekan di kantor. Lebih dari itu, suasana kekerabatan akan semakin mengharmoniskan hubungan di dalam keluarga bahkan sebelum mencapai tujuan perjalanan itu sendiri, seperti timbal-balik komunikasi intens yang tercipta selama perjalanan menggunakan moda kendaraan pribadi, kereta api, bus, kapal laut, pesawat, dan sebagainya.

Spoiler for Mudik Atau Pulang Kampung ke Kampung Halaman:


Seperti halnya yang jamak diamini oleh hampir semua orang di Nusantara, bahwa pernikahan itu bukanlah sekedar menyatukan dua insan yang berbeda ciiieee, tapi sejatinya mempersatukan pula antar dua keluarga besar yang mungkin memiliki latar belakang yang berlainan. Di sisi lain, sudah menjadi tradisi pula di kebanyakan tempat di negeri ini soal kebiasaan mudik ke kampung halaman, terlebih ketika tiba saatnya musim Ramadhan dan Lebaran. Maka dari itu, momen seperti ini juga harus kita optimalkan untuk semakin mempererat hubungan di antara keluarga besar yang menaungi masing-masing pasangan suami-istri, termasuk seperti ane dimana terdapat manfaat ekstra dengan menikmati pemandangan dan hawa segar kala mudik ke kampung di kawasan kaki Gunung Merapi.

Spoiler for Konsumsi Makanan Yang Sehat dan Halalan-Thayyiban:


“Men sana in corpore sano”, bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, begitulah kira-kira transliterasi dari salah satu “kata-kata mutiara” yang semenjak pendidikan dasar telah ditanamkan para pahlawan tanpa tanda jasa. Termasuk dalam hal ini, menurut ane yaitu masalah konsumsi makanan dan minuman sehat, halal, dan baik yang pastinya akan turut mempengaruhi keharmonisan rumah tangga kita. Dengan pola makanan “4 sehat” ditambah dengan susu sehingga menjadi “5 sempurna”, insya Allah keluarga kita akan menjadi pionir hidup sehat di tengah-tengah masyarakat, sehingga sisi internal rumah tangga kita yang harmonis jiwa-raganya juga berimbas pada kondisi serupa bagi lingkungan di sekitarnya.

Spoiler for Hiasi Rumah dan Sekitarnya Dengan Bunga:


Bagi ane, bunga adalah salah satu wujud keindahan yang dapat turut mendukung keberlangsungan kebahagiaan di dalam hidup berumah tangga, baik itu bunga dalam bentuk tumbuhan maupun hanya sekedar berbentuk hiasan. Aroma dari bunga mampu menumbuhkan sikap mental yang penuh akan nuansa kemesraan, pun sekedar memandang bentuknya saja sudah menumbuhkan kebahagiaan secara visual sekaligus psikis. Bagi yang tidak memiliki lahan cukup luas seperti kawasan padat penduduk di perkotaan, tenang saja, kini rasanya telah banyak terdapat produk hiasan bunga asli maupun artifisial yang dikemas secara simpel sehingga tidak terlalu memakan tempat untuk ditempatkan di dalam ruangan-ruangan di rumah kita.

Demikian sekelumit kiat ane dalam membangun rumah tangga kami yang semoga selalu sakinah mawaddah wa rahmah, tidak saja penuh akan kebahagiaan di dunia tetapi hingga ke akherat kelak.
Semoga dapat menambah wawasan Kaskuser sekalian :
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran pribadi.
Ilustrasi : foto-foto pribadi.
Diubah oleh solehikhsanudin 05-10-2018 12:53
swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
2
2.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan