Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naniharyono2018Avatar border
TS
naniharyono2018
Melihat Militansi Relawan FPI Bantu Evakuasi Mayat di Gempa & Tsunami PALU
Melihat Militansi Relawan FPI Bantu Evakuasi Mayat 
Rabu, 3 Oktober 2018 | 00:10 WIB


Relawan FPI bantu penanganan korban gempa di Palu

VIVA – Gempa dan tsunami yang melanda Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah menjadi perhatian masyarakat luas. Berbagai pihak mengerahkan tenaga dan menjadi relawan untuk membantu penanganan korban gempa. Salah satunya Front Pembela Islam (FPI).

Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI Slamet Maarif mengatakan, sejak awal pasca gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, FPI wilayah Sulawesi Tengah langsung bergerak ke lokasi kejadian.

"Puluhan laskar FPI di Palu yang dipimpin Ustaz Sugiarto sudah bergerak dari awal kejadian sebelum relawan lain turun," kata Slamet kepada VIVA, Selasa malam, 2 Oktober 2018.

Slamet menambahkan, untuk saat ini, relawan FPI dari pusat sudah tiba di lokasi. Jumlah ini akan bertambah karena relawan FPI dari Sulawesi Selatan sudah bergerak ke lokasi gempa.

"50 laskar dari mabes Jakarta sudah di lokasi juga ditambah laskar dari Makassar dan lain-lain sudah mendekati lokasi," lanjut Slamet.

Ia menekankan setiap relawan FPI yang berangkat ke area gempa merupakan tenaga sudah terlatih dan pengalaman.
Menurutnya, pengalaman FPI selama 20 tahun dalam membantu penanganan gempa menjadi kelebihan tersendiri. Relawan FPI juga saat ini masih ada yang membantu korban di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Relawan kami bantu dengan apa yang ada. FPI sudah pengalaman 20 tahun bergelut dengan bencana. Jadi, sudah paham situasi dan lokasi," tutur Slamet.

Baca: Bantah Hoax, FPI: Video dan Foto Relawan Kami Asli Bantu Korban Palu

Dari video yang dikutip dari akun Twitter resmi FPI, @informasi_FPI, tampak terlihat sejumlah relawan FPI dengan tangan kosong tanpa alat coba mencari jenazah korban gempa.

Relawan FPI ini bergabung dengan warga setempat mencari jenazah. Contohnya di Kelurahan Balaroa, Palu yang merupakan salah satu wilayah yang parah terkena dampak bencana. FPI juga membentuk tim pencari jenazah.
https://www.viva.co.id/berita/nasion...t-korban-gempa

Tiba di Palu, Relawan FPI Makassar langsung bekerja buru mayat korban gempa




Relawan HILMI - FPI menggotong mayat korban gempa di Balaroa Palu



Malam Hari pun FPI makamkan mayat-mayat tak terurus di Balaroa Palu, korban Gempa Bumi



FPI Berjibaku Bantu Korban Gempa Palu
Kamis, 04/10/2018 01:03 WIB



PALU (aksi.id) - Militansi Front Pembela Islam (FPI) dalam membantu korban bencana khususnya di Palu ramai dibicarakan setelah sebelumnya ada pernyataan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyebut bantuan FPI ke Palu hoax.

“Hoaks Gerak cepat relawan FPI evakuasi korban gempa Palu 7,7,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (2/10/2018).

Menanggapi hal ini, juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI Slamet Maarif mengatakan, sejak awal pasca gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, FPI wilayah Sulawesi Tengah langsung bergerak ke lokasi kejadian.

“Puluhan laskar FPI di Palu yang dipimpin Ustaz Sugiarto sudah bergerak dari awal kejadian sebelum relawan lain turun,” kata Slamet, sebagaimana dilansir Viva.co.id, Rabu (3/9/2018).

Relawan FPI menemukan jenazah atas nama Fatri Oktaviana Bareta. 

Slamet menambahkan, untuk saat ini, relawan FPI dari pusat sudah tiba di lokasi. Jumlah ini akan bertambah karena relawan FPI dari Sulawesi Selatan sudah bergerak ke lokasi gempa.

“50 laskar dari mabes Jakarta sudah di lokasi juga ditambah laskar dari Makassar dan lain-lain sudah mendekati lokasi,” ungkap Slamet.

Ia menekankan, setiap relawan FPI yang berangkat ke area gempa merupakan tenaga yang sudah terlatih dan berpengalaman.
Menurut Slamet, pengalaman FPI selama 20 tahun dalam membantu penanganan gempa menjadi kelebihan tersendiri.

Relawan FPI juga saat ini masih ada yang membantu korban di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Relawan kami bantu dengan apa yang ada. FPI sudah pengalaman 20 tahun bergelut dengan bencana. Jadi, sudah paham situasi dan lokasi,” jelas Slamet.
 

Relawan FPI [Facebook]


Relawan FPI di Palu mengevakuasi korban. [HILMI-FPI]

Relawan FPI berangkat melalui perjalanan darat membawa berbagai jenis logistik bantuan, antara lain beras, mie instan, terpal, selimut, obat-obatan, genset serta lainnya. Tiba di Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat, sekitar pukul 15.00 wita.
Source: http://aksi.id/artikel/32011/FPI-Ber...an-Gempa-Palu/

FPI Siap Tambah Relawan Bantu Korban Gempa Palu
Selasa, 2 Oktober 2018 | 18:38 WIB


Relawan FPI bantu penanganan korban gempa di Palu

VIVA – Front Pembela Islam (FPI) siap mengerahkan relawan tambahan untuk membantu penanganan korban bencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Pihak FPI menyebut saat ini sudah ada sekitar 500 laskar yang berada di Palu.

Angka ini kemungkinan akan terus bertambah sesuai dengan instruksi langsung Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shibab. Hal itu diungkapkan salah seorang pengurus DPP FPI, Habib Idrus Al Gadri.

Idrus mengatakan, pihaknya Senin kemarin sempat ingin mengirimkan personel tambahan. Namun karena situasi dianggap kurang kondusif, hal itu batal dilakukan.

“Kemarin ratusan laskar dari Jakarta mau berangkat tapi tertunda karena transportasi tidak ada. Sebab katanya situasi di sana kurang kondusif. Tapi sejak hari pertama kejadian, di sana sudah ada 500-an laskar FPI dari Sulawesi,” kata Idrus kepada wartawan di Depok, Selasa, 2 Oktober 2018.

Rencananya, jika tidak ada halangan sebanyak 300 laskar FPI Jakarta di bawah komando Habib Ali Al Hamid juga akan berangkat dalam waktu dekat. Mereka nanti bakal ikut membantu Tim SAR dan bergabung bersama warga serta TNI-Polri.

“Untuk yang Jakarta kita sedang rapat, Insya Allah hari ini berangkat. Pada dasarnya FPI selalu siap. Ini bicara kemanusiaan, kita harus turun,” kata pria yang menjabat sebagai Bendahara DPP FPI.

Idrus juga mengatakan, instruksi sudah disampaikan langsung oleh Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. “Intinya Imam Besar ingin FPI all out, bantu saudara-saudara kita dis ana,” katanya.

Ketika disinggung soal biaya keberangkatan, Idrus menegaskan, pihaknya mendapat dukungan dari sejumlah donatur. “Kalau soal biaya enggak usah khawatir, Insya Allah banyak yang dukung kita,” ujar Idrus.

Idrus menambahkan, selain kebutuhan logistik, hal yang tak kalah penting yang harus disiapkan untuk para korban terdampak gempa adalah obat-obatan.

“Ini mohon maaf ya, berkaca dari peristiwa tsunami Aceh beberapa waktu lalu, jadi pengungsi itu bukan cuma butuh makan dan minum tapi juga butuh pembalut perempuan. Artinya dari hal kecil pun kita perhatikan,” katanya.
https://www.viva.co.id/berita/nasion...ban-gempa-palu

--------------------------

Semoga Allah SWT akan membalas semua amal kebaikan kalian semua atas jasa kalian kepada sodara-sodara kami yang tewas di Gempa dan Tsunami Palu. Kami hanya bisa kirim do'a saja, semoga kalian semua tetap bersemangat, sehat, dan tetap ikhlas dalam tugas yang sangat berat ini.  Amin.

emoticon-No Hope
-2
3.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan