Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

calvinharefaAvatar border
TS
calvinharefa
5 Cara ini Terbukti Ampuh Mengatasi Insomnia

Foto : Liputan6.com


Tidur merupakan kebutuhan  yang sangat penting untuk kita penuhi. Di artikel saya sebelumnya, saya menyebutkan bahwa kebanyakan ataupun kekurangan tidur merupakan hal yang berbahaya dan harus di hindari. Karena jika tidak, itu akan menyebabkan berbagai penyakit.

Namun terkadang orang kekurangan tidur bukan disebabkan oleh pekerjaan mereka, melainkan karena terlalu sulit untuk tidur. Gangguan ini sering sekali disebut dengan insomnia. 

Insomnia adalah gangguan yang dialami seseorang yang menyebabkan ia sulit untuk tidur. Biasanya orang yang mengalami insomnia memiliki siklus atau waktu tidur yang tidak beraturan. Karena waktu tidur yang berantakan inilah akan memicu datangnya penyakit.

Insomnia bisa terjadi karena mengkonsumsi obat yang salah, stres, memiliki khawatir yang berlebih, ataupun karena terlalu banyak tidur siang. Lalu bagaimanakah cara mengatasi insomnia? Berikut ini saya akan memberikan cara yang tepat untuk mengatasi insomnia, dan cara ini sudah terbukti berhasil karena saya mencobanya sendiri.


1. Membaca dan Menulis
Pernahkah kamu mengantuk saat membaca ataupun menulis? Membaca dan menulis adalah menjadi andalan saya mengatasi insomnia. Dengan membaca ataupun menulis saya akan lebih cepat mengantuk dan akan tidur nyenyak. 

Sebelum saya naik ke tempat tidur, saya terlebih dahulu membaca buku untuk membuat saya mengantuk, karena jika hanya memejamkan mata di tempat tidur, saya akan sulit sekali untuk tidur.


2. Matikan Lampu
Cara yang kedua ini juga terbukti ampuh untuk mengatasi insomnia. Dengan mematikan lampu kamar, kamu akan lebih cepat untuk tidur. Selain daripada itu, pastikan jendela kamar kamu tertutup agar cahaya dari luar tidak masuk ke kamar kamu.


3. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik adalah hal yang menjadi kesukaan saya, dengan mendengarkan musik hati dan pikiran saya lebih tenang. Begitu juga saat saya ingin tidur, terkadang saya memutar musik untuk membantu saya dalam mengatasi insomnia. 
Putarlah lagu kesukaan kamu yang menurut kamu bisa membuat kamu lebih tenang. Saya menyarankan agar kamu memutar musik yang dimainkan dengan instrument saja, karena music tersebut terbukti ampuh mengantar saya dalam tidur saya.


4. Merapikan Kamar
Mungkin cara ini adalah hal yang sepele, namun menurut pria itu adalah hal yang sangat luar biasa. Karena biasanya pria tidak bisa menjaga kerapian kamarnya. Menurut penelitian Harvard University, kamar seseorang yang berantakan memiliki risiko 25% lebih besar terkena insomnia dibandingkan yang memiliki kamar lebih rapi.

Oleh karena itu, dengan merapikan seprai tempat tidur, meja kamar, pakaian yang ada di kamar, bisa membantu untuk mengatasi insomnia.


5. Hindari Konsumsi Kafein
Kamu pasti sering mendengar kopi bisa membuat kamu terjaga di malam hari. Kandungan kafein yang di dalam kopi lah yang membuat orang bisa terjaga saat malam hari. Jadi hindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.


0
617
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan