Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kongkalingkong.Avatar border
TS
kongkalingkong.
Kalau Konsumen Rem Konsumsi, Pengusaha Akan Rem Ekspansi
Pelaku usaha ritel akan menahan ekspansi bisnisnya apabila daya beli konsumen turun. Kekhawatiran daya beli melemah menyusul kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang akan memicu kenaikan bunga fasilitas pinjaman dari perbankan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N Mandey memproyeksi sektor perbankan segera menyesuaikan bunga mereka dalam satu kuartal hingga satu semester ke depan.

"Kalau konsumen mengerem konsumsi, pengusaha mengerem ekspansi," ujarnya kepada CNN Indonesia.com, Jumat (28/9).


Roy tidak khawatir sendirian. Ketua Asosiasi Minuman Ringan (Asrim) Triyono Prijosoesilo juga merasa cemas jika daya beli kembali turun.

Namun, ia lebih mengeluhkan depresiasi rupiah yang masih berlanjut ketimbang kenaikan suku bunga acuan. Toh bunga acuan dirasa belum berpengaruh kepada industri dalam waktu dekat.

Meskipun, momentum Natal dan Tahun Baru 2019 sudah di depan mata. Asal tahu saja, momentun di akhir tahun tersebut biasanya digunakan pelaku usaha untuk menggenjot penjualan.

Jika daya beli terus lesu akibat depresiasi rupiah, dapat dipastikan pelaku usaha akan kehilangan momentum itu. "Kekhawatiran pasti ada, kalau pelemahan rupiah terus terjadi, maka tekanan atas cost (biaya) akan terus naik," terang Triyono.


Berbeda dengan Roy yang cenderung menahan ekspansi, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) Adhi S. Lukman mengungkapkan masih menunggu dan mengamati (wait and see) perkembangan dari industri dan kebijakan pemerintah sebelum memutuskan ekspansi.

Dengan bergulirnya kebijakan moneter, ia melanjutkan, pemerintah harus memberi kompensasi kepada pelaku usaha. Salah satunya terkait pembenahan regulasi perizinan impor yang masih berbelit.

Langkah itu dinilai efektif memberikan efisiensi biaya dan waktu bagi pelaku usaha. "Karena kalau tidak (dilakukan efisiensi), dunia usaha terbebani, mau tidak mau nanti daya saing makin turun dan ujungnya defisit makin bertambah," tandas dia.


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...n-rem-ekspansi


daya beli sudah lama lesu emoticon-Malu

inilah hampir puncaknya emoticon-Malu


terimakasih pak jokowi emoticon-2 Jempol
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan