Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Giliran ‘Kota Kembang’ Disambangi Roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge

Roadshow Finhacks 2018 udah mampir kota terakhir nih gan! Setelah sebelumnya workshop diadakan di Jakarta dan Yogyakarta, kini tiba giliran 'Kota Kembang' sebagai kota terakhir gelaran roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge. Gak cuman sekedar ajang kumpul-kumpul komunitas data science, tapi peserta juga bisa mendapat wawasan dan ilmu baru dari ahli di bidangnya loh gan. Bagi Kaskuser yang kemarin belum ikutan, kita bakal bagiin cerita keseruan jalannya acara tersebut khusus untuk agansis. Tapi sebelumnya siapin kopi hangat dulu biar makin nikmat bacanyaa…lanjuttt!


emoticon-nyantai


Peserta Workshop #DataChallenge Melakukan Registrasi


Berlokasi di Mercure Hotel, Jl Lengkong, Bandung, Jawa Barat, tim KASKUS sudah sampai di TeKaPe lebih awal. Walhasil akhirnya kita bisa menyaksikan secara langsung antusiasme penggiat data Bandung yang terlihat mulai berdatangan dan melakukan registrasi di meja registrasi sebelum memasuki workshop area. Setelah melakukan registrasi para peserta pun dipersilahkan untuk menikmati welcome drink dan menu sarapan agar makin semangat gan sebelum memulai acara hingga sore nanti.

Spoiler for foto-foto registrasi:


Workshop Bandung Finhacks 2018 Resmi Dibuka


Foto : Bapak Jayaprawirya Diah, Executive Vice President BCA

Workshop Bandung Finhacks 2018 #DataChallenge resmi dibuka oleh Bapak Jayaprawirya Diah, Executive Vice President BCA. Acara kali ini bertema "Data as Cornerstone of Bussiness Sustainbility". Pesertanya? gak tanggung-tanggung gan! diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari para penggiat data dan juga peserta yang masih berstatus sebagai mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Bandung. Seru khan?


Presentasi Oleh Narasumber

Acara seru lainnya berlanjut, kali ini kita kehadiran narasumber yang oke banget di bidangnya. Ada Adhitya Bhaswara, Data Scientist Bank BCA; Ibu Dinda Purnamasari, Senior Researcher Tirto.id, dan Bapak Ismail Fahmi, Founder Media Kernels Indonesia. Gimana gak oke coba?


Adhitya Bhaswara


Foto : Adhitya Bhaswara, Data Scientist Bank BCA

Pada kesempatan ini Adhitya Bhaswara mempresentasikan data science melalui perspektif BCA. Diantara komponen-komponen penting yang disampaikan seperti misalnya data science skill set, data statistik, dan machine learning. Dijelaskan juga peran data science dalam mendukung business sustainability pada 3 sisi, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Nah yang dijadikan study case yaitu VIRA, udah pada tau khan gansis? Ternyata data science yang diterapkan melalui Vira berkontribusi terhadap meningkatnya customer experience. Bukan itu aja nih kesaktian data science. Buktinya, ternyata data juga bisa kasih manfaat dalam hal Credit Scoring, dimana pemberian credit scoring bisa menjadi lebih cepat dan akurat. Dipaparkan juga mengenai peran data science dalam memprediksi fraud detection, employee retention, recruitment analysis, serta contoh penerapan AI dengan tujuan untuk energi saving. So, keren bingit khan?


Dinda Purnamasari


Foto: Dinda Purnamasari, Senior Researcher, Tirto.id

Pembicara selanjutnya ga kalah kece nih yaitu Ibu Dinda Purnamasari yang memaparkan tentang pembahasan ‘Data dan Bisnis Media’, dimana data menjadi suatu kebutuhan dalam jurnalis. Pasti gansis gak nyangka khan kalo ternyata data juga dibutuhin banget di bidang jurnalisme? Ternyata jurnalisme data ini lahir karena didorong oleh tren masyarakat yang mendapatkan sumber informasi hanya dari satu sumber, dan generasi Z yang punya akses mudah ke media. Nah di sesi ini juga, dipaparin tentang dampak data bagi media, diantaranya data bisa membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan/media sehingga menjelma menjadi sumber terpercaya. Namun menurut perempuan yang kesehariannya memang berkutat dengan urusan data ini, jurnalisme berbasis data memiliki beberapa tantangan, diantaranya ketersediaan data, keterampilan penulis, waktu penulisan yang sempit, dan penggunaan pada konteks yang salah.


Ismail Fahmi


Foto: Bapak Ismail Fahmi, Founder Media Kernels Indonesia

Mempresentasikan drone emprit. Mungkin narasumber yang ini agan sista udah pada kenal dong, karena memang sudah wara-wiri di TV. Yes, Bapak Ismail Fahmi, Founder Media Kernels Indonesia berbagi tentang membaca pattern dengan data science. Terbukti pada Drone Emprit, dimana tools buatan Kernels Indonesia ini memanfaatkan data science untuk membaca pattern distribusi content pornografi, perjudian, berita hoax, dan yang lainnya. Bapak Ismail Fahmi juga nekenin banget nih gan tentang data science, dimana dengan data science kita bisa menangkap signal, clustering data, dan analisis data. Ternyata data science itu sangat sangat dibutuhkan loh! mantul banget kan gan?


Talkshow

Lanjut ke sesi berikutnya nih gan yaitu ada diskusi panel, dimana ketiga narasumber ngobrolin bareng tentang data sebagai landasan kelangsungan bisnis bareng Wiku Baskoro, Head of Editorial and Product, Dailysocial sebagai moderator. Setelah dirangkum, pada diskusi ini ada beberapa poin spesial yang penting untuk dicatet oleh gansis semua, diantaranya :

Quote:

That’s it gan, poin poin yang coba kita rangkum. Dan semoga bisa memberikan wawasan baru yaa buat agan Gan Sis semua. Gak lupa juga, dalam diskusi panel ini juga membuka sesi Q&A peserta yang melempar pertanyaan kepada para narasumber loh!


Sosialisasi Mekanisme Finhacks 2018 #DataChallenge


Sesi selanjutnya adalah penjelasan teknis pelaksanaan Finhacks 2018 #DataChallenge yang dilakukan oleh Chayadi, selaku Project Manager Finhacks 2018 #DataChallenge. Finhacks 2018 #DataChallenge akan berjalan dalam beberapa fase, yaitu REGISTRASI, ONLINE PRE-ASSESSMENT TESTyang wajib dilalui semua peserta, ONLINE DATA CHALLENGE. Peserta yang dinyatakan LULUS Online Pre-Assessment Test selanjutnya berhak untuk mengikuti babak Online Data Challenge. 

Di tahap ini, peserta bakal dapetin dataset kompetisi yang bisa diunduh di halaman dashboard akun peserta dan kemudian menggunakan dataset tersebut untuk membuat machine learning model. Dalam pengembangan machine learning model, para peserta hanya diperbolehkan menggunakan bahasa R dan/atau Python. Pada fase ini terdapat 3 kategori yang peserta bisa pilih, diantaranya Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization

Setelah terpilih 15 finalis, nantinya berhak tampil di fase DEMO DAY, dimana pada fase ini peserta diwajibkan mempresentasikan dokumentasi machine learning model yang dibuat menggunakan template yang sudah ditentukan di hadapan juri.


Workshop

Ga hanya sampai disitu loh acaranya, karena ada Workshop nih agan dan sis semua! Bagi para peserta workshop Bandung Finhacks 2018 #DataChallenge, mungkin ini adalah salah  satu sesi yang paling ditunggu-tunggu! Sesi ini menghadirkan Samuel Chan, Course Producer & Co-Founder Algoritma yang memaparkan pengetahuan tentang data science.




Pada kesempatan ini Samuel Chan memberikan penjelasan beberapa hal tentang data science, mulai dari melakukan prediksi, pembuatan data model, dokumentasi, dan sebagainya. Selain itu, Samuel Chan juga berbagi kisi-kisi seputar apa yang harus dilakukan oleh peserta dalam menghadapi kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge. Workshop ini berasa cair banget nih gan, soalnya peserta diarahkan untuk buka url untuk nampung pertanyaan yang mereka ingin ajukan. Nah, dari pertanyaan yang sudah di-posting, nantinya Samuel Chan bakal nerangin satu persatu sehingga seluruh peserta nggak gagal paham. Ini keren banget sih asli! Sesi ini juga kasih penjelasan kepada seluruh peserta tentang bahasa yang digunakan dalam kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge. Pembekalan tentang data science dengan R Language menggunakan R Studio, meskipun mungkin kurang familiar bagi peserta yang terbiasa menggunakan Python. Pasti pada penasaran kan? Biar ga kepikiran Mimin kasih bocoran deh jalannya workshop lewat foto-foto nya Gan...

Spoiler for Workshop Bandung Finhacks 2018:

Mantap kan workshop-nya? Selain bisa nambah pengalaman yang menyenangkan kita juga bisa dapet ilmu serta wawasan baru seputar data science loh! dan nggak lupa juga agan sista di sini juga bisa dapet temen temen baru loh dari seluruh Indonesia! emoticon-Selamat.

Dengan berakhirnya workshop, maka berakhir pula rangkaian acara workshop Bandung Finhacks 2018 #DataChallenge. Yahhhh jangan sedih ya GanSis Hehe…. Gansis khan udah puas nih dapet pembekalan lengkap, nah sekarang saatnya nih buat submit model data terbaik kalian yak..eitss, tapi sebelumnya jangan lupa registrasi dan ikutin online assessment dulu yak..

So, ditunggu yak GanSis…! Kalau masih bingung, langsung aja merapat ke website http://finhacks.id untuk dapetin informasi lengkap seputar Finhacks 2018 #DataChallenge.
Diubah oleh KASKUS.HQ 20-09-2018 08:22
0
8.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan