Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

exorioAvatar border
TS
exorio
Bahasa tubuh yang baik
Ini berlaku buat agan/sista yang mau memperbaiki bahasa tubuhnya buat sehari-hari.

Ane dulunya punya postur yang berantakan banget, tapi baca-baca ini itu plus dilatih sama trainer, perlahan postur tubuh ane kalo netral jauh membaik. Dan efeknya sih keliatan banget. Yang terutama respon dari orang-orang sekitar yang dulu berasanya tuh ane kagak dianggep banget. Sekarang semuanya sangat responsif ke ane.

Ini beberapa poin yang menurut ane penting banget mengenai masalah postur dan bahasa tubuh :



1. Jangan membungkuk




Ini biasanya postur orang yang ga pede. Kalo udah terbiasa membungkuk sejak kecil, bakal susah banget ngubah kebiasaan ini. Dan parahnya kalo ga dari sekarang diubah, postur bungkuk ini bakal kebawa terus sampe tua, karena tulang punggung agan udah beradaptasi secara fisik dengan postur membungkuk.

Kalo udah terlambat, bakal susah diobatinnya.



2. Kepala jangan menunduk




Loh, apa bedanya dengan membungkuk?

Jadi gini, kalo ane perhatiin banyak orang yang jalan dengan ngeliat ke bawah/lantai/jalan.

Mungkin punggungnya tegap, tapi kepala menunduk.

Ini juga ga bagus gan. Satu alasan yang biasanya keluar dari orang yang punya kebiasaan menunduk (termasuk ane sendiri dulunya) itu mereka biasanya bilang "kalo ga liat jalan ntar kesandung".

Alasan ini cuma pembelaan diri secara ga sadar. Karena ketika ane udah tegap ga menundukkan kepala, ane ga pernah kesandung.



3. Mata lurus ke depan




Kaitannya erat sama nomer 1 dan 2. Ketika udah tegap, mata masih jelalatan kemana-mana, khususnya sih kebawah, biasanya.

Problem yang sering dialami orang itu sebenernya simple aja, Takut membuat kontak mata dengan orang lain, dalam kasus ini secara engga sengaja.

Kalo ga ada niat jelek, ga usah takut. Dan emang ga disarankan menatap orang lama-lama (kecuali emang agan naksir yang bersangkutan), kalo emang kontak mata adalah problem utamanya, agan bisa mengalihkan pandangan ke hal lain selain orang didepan agan, asal tetap melihat kedepan.

Untuk yang ini ga usah terlalu dipikirkan juga. Selama emang agan ga eye contact ke orang tersebut ya ga masalah toh. Kalo ada yang kegeeran ngerasa diliatin agan ya salah ndiri kali emoticon-Leh Uga



4. Mata selalu menatap mata lawan bicara


Loh tadi katanya memandang lurus ke depan. Ya beda kasus lah tong emoticon-Mad

Kali ini ngebahas kalo ada lawan bicara gitu loh.

Ini penting banget gan. Kalo agan diajak ngomong, mata kunci ke mata lawan bicara agan. Ya sekali-sekali bolehlah ngeliat hal lain. Asal jangan jelalatan kemana-mana kalo diajak ngomong.

Kadang ada orang yang risih diliatin terus emang, tapi mayoritas akan appreciate/menghargai kalo agan fokus ke lawan bicara agan. Jadi ya bolehlah sekali-sekali ngeliat ke hal lain. Jangan terlalu intens ngeliatin lawan bicara agan.



5. Tangan bebas


Khususnya kalo agan ngobrol sambil berdiri, misalnya agan pegang gelas. Gelas ditaro aja di mana gitu. Atau agan lagi bawa amplop/map, atau apalah. Ketika ngobrol, jangan taruh barang-barang ini didepan agan. Kalo emang ga ada tempat naruh barang-barang tersebut, pegang disamping aja, tangan rileks.

Kenapa? Karena ketika agan menaruh barang-barang tersebut di depan agan, agan seolah-olah membangun "pertahanan" dari lawan bicara agan.

Hampir mirip ketika agan menyilangkan tangan agan di dada. Bedanya kalo menyilangkan tangan, itu pose agresif banget sedangkan kalo menaruh barang di depan agan itu agan cenderung "menyiarkan" bahwa agan takut/merasa insecure/ga nyaman dengan lawan bicara agan.

Intinya coba tangan agan relax aja. Sampe serelax apa? Coba tangan dilemesin terus agan puter-puter badan, tangan ngayun dengan sendirinya ga? Kalo iya, nah. Serelax itulah.



6. Arahkan tubuh ke lawan bicara




Kalo memang ga buru-buru atau ada keperluan mendadak, dan agan sekedar ngobrol santai, arahkan tubuh agan ke lawan bicara yang ngajak agan ngobrol. Ini seperti kontak mata (nomer 4), yang menandakan agan menghargai lawan bicara agan.



7. Mirroring




Sebenernya kalo mirroring dilakukan secara sadar agak aneh. Tapi bisa dibiasakan dan lama-lama bakal bisa agan lakukan secara subconciously (dibawah sadar).

Mirroring bakal ngedongkrak rapport (ga tau istilah tepat bahasa indonesianya apa) dan khususnya kenyamanan lawan bicara agan. Kalo masih ngelatih, ya jangan kelewatan jelas mirroringnya emoticon-Leh Uga

Yang simple-simple aja. Misalnya dia silangin kaki, agan juga silangin kaki secara subtle sampe pose agan kurang lebih mirip sama yang bersangkutan.

Kalo misalnya dia minum, agan juga minum. Jangan terlalu bersamaan tapinya yah.



8. SENYUM



Nah udah dua kali ane tekenin ini. Senyum itu sederhana tapi efeknya luar biasa. Coba dibiasain jadi orang yang murah senyum gan. Kalo udah kebiasa, rasain sendiri perbedaan perlakuan dari orang-orang sekitar agan.



Segitu dulu dari ane, yang kepikiran selama nulis ini.

Sumber gambar dari google.

Mungkin bisa ditambahin lagi? Atau mau koreksi? Mo curhat? Mau konsultasi? Boleh. Nyoh monggo dikomeng gan emoticon-Toast

Spoiler for BONUS:

5
12.1K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan