Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Data itu Gak Bisa Dilepasin Dari Keseharian Kita, Bagaimana di Era Modern Sekarang?

Ketemu lagi sama gue nih gan, yang lagi getol ngomongin soal data scienceyang emang saat ini topik yang satu ini lagi hot-hotnya! Secara nih gan perkembangan dunia teknologi informasi yang saat ini terus melaju kencang, terbukti dengan nge-tren penerapan Artificial Intelegence (AI) ataupun Machine Learning (ML) pada beberapa bidang, sehingga data menjadi tambang emas yang begitu berharga melebihi sebongkah emas emoticon-Malu (S). Bukan maksud TS melebih-lebihkan, tapi memang kenyataanya jaman sekarang kebutuhan akan peran data scientist itu sangatlah besar, salah satunya perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Nah di dunia perbankan, seluruh aktivitas dan data nasabah bisa diolah menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis & produk. Kesempatan lalu gue udah sedikit nyinggung soal data science, yang merupakan bidang keahlian untuk pelajarin bagaimana manfaatin data-data yang terstruktur atau nggak terstruktur, untuk digunain dan dianalisa sehingga bisa hasilkan informasi berguna sebagai bahan pertimbangan suatu instansi dalam pengambilan keputusan.
:nyantai
(Nyantai dulu, sruput kopinya Gan..)


Sebelum bahas lebih jauh tentang data sciencedi era digital, sebentar gue mau tanya sama Kaskuser nih di mari. Kira-kira kenapa google bisa tunjukin jalanan yang lagi macet, atau bagimana yah kira-kira sebuah iklan yang ditampilkan begitu pas dengan kebutuhan/pribadi kita? Nah, itu semua tentunya berdasarkan informasi yang didapat dari sebuah data yang telah diolah. Meskipun masih sedikit orang yang sadar, bahwa seluruh aktivitas kita di internet, seluruh gerak-gerik yang agan lakukan di era digital ini sebenarnya meninggalkan rekam jejak data yang apabila diolah bakal menghasilkan informasi yang sangat berguna. Kumpulan berbagai data data tersebutlah yang akhirnya melahirkan istilah yang lagi hits juga nih gan, yaitu Big Data. Sekarang lagi banyak perusahaan yang beramai-ramai mengimplementasikan tentang Big Data, pastinya bagi agan sista yang anak TI udah pada paham deh!  
 



Mutlak Butuh Peran Data Scientist
Berbagai rekam jejak data yang ada tentunya ga akan bisa tersaji tanpa peran data scientist, makanya di era digital sekarang ini pun mutlak dibutuhkan skilldewa dari pada ilmuwan data. Data Scientist merupakan profesi bagi mereka-mereka yang tiap hari mainannya data mulu, Gan! Menyandang predikat sebagai seorang data scientist memiliki tugas utama untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau perusahaan. Seorang data scientist wajib hukumnya punya kemampuan statistik, matematika, dan pemrograman (ilmu komputer), kombinasi tiga skill inilah yang paling dicari oleh perusahaan sebagai syarat utama seorang data scientist. Selain itu, data scientist juga harus berpikir kritis dengan data yang diolahnya, wajib teliti, dan punya kemampuan komunikasi, kreatif, dan inisiatif dalam memberikan rekomendasi bagi pihak yang membutuhkan data. 
Dari data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti data kebiasaan orang, histori aktivitas perbankan nasabah, e-mail, video, foto, gerak-gerik di media sosial, dan konten lainnya, tentu kalo sudah mendapat sentuhan skill data scientist maka nantinya bakalan menghasilkan informasi yang bermanfaat. 

Dunia perbankan menjadi salah satu bidang yang dalam beberapa tahun terakhir bergeser dari konvensional dengan beralih ke perbankan digital. Memasuki era digital tentu sebuah bank butuh peran dari ilmuwan data untuk membantu bank dalam mengambil keputusan ataupun dalam mengembangkan sebuah produk atau juga layanan yang bermanfaat bagi nasabah. Nah kaitannya dengan hal tersebut, Bank BCA berkomitmen untuk memajukan dunia pengolahan data di tanah air, khususnya di sektor perbankan, dengan menyelenggarakan Finhacks 2018 #DataChallenge.

 

 
Finhacks 2018 #DataChallengemenjadi ajang bagi agan sista untuk menjajal, bereksplorasi, dan bisa berinovasi dengan data. Dalam ajang ini, para peserta bakalan ditantang untuk mengembangkan solusi perbankan dengan memanfaatkan pengolahan data. Seluruh peserta berkompetisi untuk menghasilkan model terbaik untuk bisa memahami lebih jauh mengenai perilaku data yang diamati (descriptive), dan bisa memperkirakan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang (predictive) berdasarkan koleksi data yang berhubungan dengan industri finansial. Pada Finhacks 2018 #DataChallenge terdapat tiga kategori yang harus dilalui oleh peserta, yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Kompetisi ini nantinya terbagi dalam empat fase, Registration, Assessment Test, Data Challenge, dan Demo Day. Bagi yang ngaku jago dalam urusan data, bisa mendaftarkan diri (1 team terdiri dari 1-3 orang) melalui https://finhacks.id, pendaftaran sudah dibuka dari 8 Agustus sampai dengan 8 Oktober 2018. Finhacks 2018 #DataChallenge nantinya juga bakalan ngadain Workshop & Roadshow sebagai ajang untuk kumpul-kumpul bareng komunitas Data Science yang akan dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan  Bandung. Masih bingung tentang mekanisme dalam kompetisi ini, mendingan cek aja langsung di https://finhacks.id untuk bisa nemuin informasi lebih lengkapnya.

Itulah data scienceyang punya peran penting dalam kehidupan era modern, era digital dimana hampir berbagai sendi aktivitas kehidupan kita dilakukan secara online. Kalau menurut Kaskuser sendiri gimana, boleh dong komentar dan share di mari. Terutama buat agan sista yang anaknya data minded banget, share agan sista begitu berarti  

 

Sampai Jumpa di Thread Selanjutnya.

 
emoticon-Shakehand2

Sumber Thread :

Diubah oleh whitehats 20-08-2018 11:30
0
7.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan