Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nickNoveroAvatar border
TS
nickNovero
Ternyata IRI bisa bikin kita SUKSES!



Selamat datang di thread sederhana ane.

emoticon-Nyepiemoticon-Matabeloemoticon-Nyepi

Kali ini ane mau sharing tentang rasa IRI yang sering datang menghantui ane, mungkin agan and sista sejagat KASKUS juga pernah ngerasainnya. Biar g dihantui terus, mari kita lanjut!




Udah lama g nulis karena banyak sekali kesibukan di RL yg harus dikerjakan.

Nah, tadi sewaktu ane bersih” ala orang Bali di Pura keluarga, ane mendapat ilham yg tiba” membuat badan ane bergetar… Cie” bergetar, kyk kedinginan aja bergetar. Bercanda gan, hiperbola dikit gpapa kan biar lebih seru..haha..

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga






Jadi gini gan, pas ane nyapu tadi entah mengapa ane jadi kepikiran kenapa ya ane bisa jealous ketika melihat saudara, teman atau kerabat jika mereka sukses? Seperti ada perasaan aneh gitu ketika mereka mampu memiliki hal yg g bisa ane miliki!

Kenapa ya? Apa mungkin ada setan yg nyambet ane? Ato Tuhan ingin memberitahukan sesuatu ke ane? Hahaha… Jgn dianggap serius gan! emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)


Oke mari kita bedah ILHAM (baca dialog dgn diri sendiri) yg ane dapet dan kembali ke pertanyaannya! Kenapa kita merasa jealous jika ada orang di dekat kita mampu menciptakan goal atau mungkin lebih sukses dari kita?

Jawabannya SIMPLE, itu karena memang sifat dasar manusia, sifat dasar ingin menjadi superior, sifat dasar yg diwariskan oleh nenek moyang kita, sifat dasar yg katanya membuat manusia terhindar dari KEPUNAHAN (itu yg pernah ane baca entah dimana).





Nah jika itu sifat dasar kita, jadi g salah dong kalau kita iri? Kalau menurut ane irinya memang g salah, tp perspektifnya yg biasanya salah! Kalau perspektifnya g diperbaiki, ane jamin kita bakalan punah (g bisa sukses)!


Kenapa ane bilang g salah? Gini gan, jika kita merasakan sesuatu (jealous) ketika orang terdekat kita atau mungkin orang yang tidak kita suka mendapatkan apa yang dikehendakinya. Itu adalah pertanda baik, pertanda bahwa agan ras yang superior! Hahaha.. Terdengar aneh kan?





Ane kasih contoh nih! Tp sebelumnya, ane pengen agan pilih salah satu teman agan yg SOMBONG atau mungkin pernah menyinggung perasaan agan! Sudah ketemu? Sudah kebayang sama orangnya?

Oke kalau sudah, sekarang coba agan bayangkan jika saja DIA mampu untuk membeli sebuah rumah hasil dari jerih payahnya sendiri atau mungkin berhasil mendapatkan kontrak bisnis senilai sekian T, sedangkan kita yang sebagai temannya tidak bisa bahkan belum mampu buat nyicil mobil sekalipun. Jika itu terjadi, apa yang mungkin ada di pikiran agan? Ingat! Teman ini SOMBONG lho ya! Pasti agan akan merasa iri kan? Superioritas agan jadi terusik? Merasa dia g pantas mendapakannya? dan bahkan mungkin bnyak pikiran negatif lain yang akan keluar dari otak kita! Benar g gan? Kenapa bisa begitu?

Karena ada kata SOMBONG yang bisa merusak perspektif kita! Hati” gan, PENILAIAN kita terhadap sesuatu bisa menghalangi pandangan kita, mungkin bahkan bisa membuat kita BUTA! Sombong menurut kita mungkin belum tentu menurut yg lain.





Ketika penilaian/perspektif kita salah, kita akan cenderung bersikap MENOLAK! Apa yang kita tolak? Dalam hal ini KESUKSESAN. Nah ketika kita menolak, kita akan sibuk mencari cara untuk MENURUNKAN teman kita tadi bukannya memikirkan jalan terbaik agar kita bisa SEJAJAR dengannya (bukan climbing yg akhir” ini marak). Dengan otomatis apa yang kita tolak tidak akan bisa mendekat! Ketika sudah semakin jauh, maka kita akan semakin sulit untuk mendapatkan KESUKSESAN!

Beda halnya jika yg mendapatkan kesuksesan adalah orang yg kita cintai! Kita pasti akan lbh mudah untuk menerima kesuksesan yg mereka peroleh. Kenapa bisa begitu? Ya karena perspektif kita!

Setuju gan? Kasi pendapat agan di kolom komen ya!





Jadi apa yang seharusnya kita perbuat? Pertama” kita harus mengubah perspektif kita! Bunuh ego yang kita miliki! Karena ego akan meracuni penilaian kita yang pastinya akan merusak perspektif kita! Ketika kita mampu membunuh ego, kacamata kita akan bersih dan itu akan membuat pandangan kita menjadi tak terhalang!

Nah ketika pandangan kita bersih dan tak terhalang apapun, otomatis akan membuat kita untuk bisa melihat semua KEINDAHAN di dunia ini. Ketika semua yang kita lihat adalah keindahan, sudah dengan pasti kita akan bisa MENERIMA! Apa yang kita TERIMA? Ya KESUKSESAN! Jika kita bisa menerima (BANGGA) memiliki teman yang sukses bukannya malah iri hati! Ane jamin, agan bakal dikelilingi oleh orang” yang sukses! Ketika kita dikelilingi orang” yang sukses, kita akan banyak melihat JALAN untuk bisa SEJAJAR dengan mereka!


Janganlah kita mencoba untuk menilai orang lain, karena kita sama” diciptakan lengkap dgn kekurangan masing”. Jika ingin mendapatkan keindahan, sebarkanlah keindahan. Ketika kita sudah menyebarkan namun belum juga menemukan keindahan, JANGAN MENYERAH! Terus sebarkan keindahan dan kebaikan, bukannya mencaci keadaan untuk dijadikan kambing hitam.





Oke gan, terimakasih sudah meluangkan waktunya buat baca thread sederhana ini! Ane bukan motivator, bukan juga orang sukses! Ane cuma manusia yg gemar berdialog dgn diri sendiri dan sedang berjuang untuk menjadi lebih baik. Mohon maaf jika ane sharing, ane bukan bermaksud menggurui siapa”! Ketika menurut ane berguna buat diri ane, siapa tahu juga berguna buat agan. 








Juragan yg baik pasti memberikan rating, click share atau setidaknya meninggalkan komen!



 



Salam PERSATUAN untuk INDONESIA tercinta!

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast



sumber :  Hasil berbincang dengan diri sendiri.

1
2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan