Tidak dapat kita pungkiri bahwa sedang pesat-pesatnya berkembang sekarang ini.
Seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dan pertumbuhan ekonomi, semakin banyak uang yang dihabiskan masyarakat untuk membeli produk games.
Berdasarkan data dari newzoo.com, berikut 10 negara dengan pasar video games paling potensial untuk dijadikan sumber pendapatan perusahaan games :
1. China
China menempati urutan pertama sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 37,945 miliar dolar per juni 2018.
Hal ini tidak mengherankan karena China memiliki penduduk yang sangat banyak, yaitu 1,415 miliar jiwa.
Apalagi populasi orang yang melek internet di China sudah mencapai 850 juta orang.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk China yang melek internet untuk video games adalah 44,64 dolar (0,647 juta rupiah)(per Juni 2018
2. USA
Amerika Serikat menempati urutan kedua sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 30,411 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Amerika Serikat adalah 265 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Amerika Serikat yang melek internet untuk video games adalah 114,75 dolar (1,664 juta rupiah) per Juni 2018
3. Jepang
Jepang menempati urutan ketiga sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 19,231 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Jepang adalah 121 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Jepang yang melek internet untuk video games adalah 158,93 dolar (2,305 juta rupiah) per Juni 2018
4. Korea Selatan
Korea Selatan menempati urutan keempat sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 5,647 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Korea Selatan adalah 48 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Korea Selatan yang melek internet untuk video games adalah 117,64 dolar (1,706 juta rupiah) per Juni 2018
5. Jerman
Jerman menempati urutan kelima sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 4,687 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Jerman adalah 76 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Jerman yang melek internet untuk video games adalah 61,67 dolar (0.894 juta rupiah)(per Juni 2018
6. UK
UK menempati urutan keenam sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 4,453 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di UK adalah 64 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk UK yang melek internet untuk video games adalah 69,58 dolar (1,009 juta rupiah) per Juni 2018
7. Perancis
Perancis menempati urutan ketujuh sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 3,131 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Perancis adalah 58 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Perancis yang melek internet untuk video games adalah 53,98 dolar (0,782 juta rupiah) per Juni 2018
8. Kanada
Kanada menempati urutan kedelapan sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 2,303 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Kanada adalah 34 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Kanada yang melek internet untuk video games adalah 67,73 dolar (0,982 juta rupiah) per Juni 2018
9. Spanyol
Spanyol menempati urutan kesembilan sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 2,032 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Spanyol adalah 39 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Spanyol yang melek internet untuk video games adalah 52,01 dolar (0,754 juta rupiah) per Juni 2018
10. Italia
Italia menempati urutan kesepuluh sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 2,017 miliar dolar per juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di Italia adalah 40 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Italia yang melek internet untuk video games adalah 50,43 dolar (0,731 juta rupiah) per Juni 2018
.....
Menurut sumber, Indonesia menempati peringkat ketujuhbelas sebagai pasar video games paling potensial dengan pendapatan 1,130 miliar dolar per Juni 2018.
Populasi orang yang melek internet di indonesia adalah 82 juta jiwa.
Apabila dihitung, rata-rata pengeluaran penduduk Indonesia yang melek internet untuk video games adalah 13,78 dolar (0,107 juta rupiah) per Juni 2018
Sedikit banget ya rata-rata pengeluaran Indonesia dibanding negara-negara lain.