Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Kolaborasi, Kunci Sukses Sebuah Brand dan Marketing di Era Digital

Mary Ellen Muckerman, VP Brand Strategy & Services Mozilla, menjadi pembicara dalam GDP Insights “Marketing Strategy in Digital Era” (Sumber Foto: KASKUS)

Rabu (1/08), GDP Venture kedatangan Mary Ellen Muckerman, seorang VP Brand Strategy & Services dari Mozilla GDP Insight di acara GDP Insights yang mengangkat tema "Marketing Strategy in Digital Era."

Mary Ellen berbagi tips tentang bagaimana brand dan kampanye marketing bisa tetap relevan dan kompetitif. Pertama, perusahaan perlu mengadopsi mindset "open source". Ia menceritakan latar belakang profesinya sebelum masuk ke era digital, dimana Ia pernah bekerja di sektor retail seperti McDonalds dan Target. Dengan pengalamannya tersebut, Ia membedakan antara strategi marketing sektor retail yang mengaplikasikan model komersil tradisional dengan strategi marketing di digital dimana perlu mengaplikasikan "open source mindset".

Era digital muncul karena adanya internet. Internet kini telah dipakai secara luas oleh orang dari semua penjuru dunia, dimana semua orang dan semua hal bisa terhubung satu sama lain, berkat kemajuan teknologi dan menjamurnya aplikasi-aplikasi atau program yang dikembangkan para developer.

Dari situlah kita bisa melihat prinsip utama dari internet, informasi apapun bisa diakses oleh semua orang. Oleh karena itu, kita harus berpikir terbuka terhadap berbagai sumber untuk menciptakan program marketing yang relevan dan bisa berkompetisi di dunia digital. Dengan open source mindset, langkah konkretnya adalah dengan berkolaborasi.

Mary Ellen mengambil contoh Instagram National Geographic yang berkolaborasi dengan para fotografer handal di seluruh dunia, dimana hasil karya fotografer tersebut bisa muncul dalam Instagram @NatGeo.

Contoh lainnya adalah Mozilla yang pernah mengumumkan kolaborasi terbuka dalam sebuah program "Mozilla Open Design" dimana mengajak para designer grafis untuk menciptakan logo baru Mozilla. Hal ini menjadi topik yang ramai diangkat dan disorot media. Itu hal yang menguntungkan dari segi marketing.

Kenapa kita harus mengadopsi open source mindset? Karena transparansi dapat menciptakan kepercayaan. Alasan kedua, kolaborasi menghasilkan kekuatan ganda. Alasan ketiga, para partisipan mampu menghasilkan penemuan dan inovasi baru bagi perusahaan.

Diwawancarai oleh KASKUS, Mary Ellen membagikan pendapatnya mengapa brand strategy sangat penting bagi kesuksesan sebuah perusahaan.
 

Mary Ellen Muckerman, VP Brand Strategy & Services Mozilla (Sumber Foto: KASKUS)

"Menurut saya brand strategy sangat penting bagi semua perusahaan, baik perusahaan kecil maupun besar. Karena hal itu adalah cara yang bisa membantu untuk membuat keputusan-keputusan yang benar, untuk mencapai tujuan bisnis." tutur Mary Ellen.

Ia juga mengungkapkan bagaimana tanggapannya sudah diundang oleh GDP Venture ke acara ini.

"Hal yang luar biasa diundang ke acara GDP Insights ini. Sangat menakjubkan bisa berbicara di depan sekelompok orang yang bekerja untuk bisnis-bisnis baru di Indonesia dan bisa membagikan beberapa hal yang sudah saya pelajari lewat bekerja secara open source mindset agar berpikir tentang seberapa relevan dan seberapa berharga sebuah brand untuk konsumen kita di masa depan."

Acara GDP Insights ini merupakan acara rutin yang digelar GDP Venture yang dihadiri oleh anak perusahaannya, termasuk KASKUS. Ossy Indra Wardhani selaku Head of Corporate PR, GDP Venture menceritakan bagaimana GDP Venture bisa mengundang Mary Ellen dari Mozilla.

“GDP Insights itu adalah acara rutin kami, dan itu biasanya bukan hanya dari divisi saya aja. Tapi dari divisi lain, ada dari divisi branding, ada dari divisi analitik, jadi berbagai macam divisi bisa mengisi acara divisi insight ini. Kebetulan saya kepikiran untuk kerjasama dengan US Embassy, memang dari US Embassy kita tanya ada pembicara siapa-siapa saja yang bagus dan relevan dengan digital. Nah kebetulan, ini dari salah satunya adalah dari Mary Ellen Muckerman ini, VP Brand Strategy dari Mozila. Kebetulan itu brand yang besar banget ya, so jadi kita kepengen tahu aja, apa sih strategy-nya untuk di digital era ini. Apalagi Mary Ellen ini bukan hanya sebagai VP Brand Strategy di Mozila, tapi pengalamannya di branding itu cukup banyak. Bukan hanya di Mozila aja, jadi udah pernah kerja di Target, McDonalds, jadi ya kita tertarik mengundang beliau jadi pembicara di sini,” ujar Ossy.

Ossy juga mengungkapkan bahwa GDP mengundang semua anak perusahaan untuk hadir di acara ini untuk saling berbagi ilmu.

“Kita mengundang semua dari grup GDP. Jadi kita di GDP itu ada sekitar tiga puluh lebih anak perusahaan. Itu kita blast ke para leadernya untuk memberitahukan bahwa ada acara ini, tapi terus kita limit, bahwa memang seat-nya hanya 70, jadi siapa cepat dia daftar. Kebetulan kita ada portalnya buat pendaftaran khusus. Jadi begitu udah 70 itu kalau gak salah saya blast waktu itu dalam dua hari sudah habis seats-nya,” lanjutnya.


GDP Insights dihadiri oleh sejumlah anak perusahaan GDP Venture (Sumber Foto: KASKUS)

Meski GDP Insights merupakan acara tertutup, tetapi orang umum juga bisa mengakses presentasi Mary Ellen melalui Live Streaming yang bisa diakses melalui Opini ID dan IDN Times.

“Kebetulan kita sekarang buka live streaming, dilakukan oleh opini dan IDN Times, jadi kalau misalnya ada yang mau lihat streaming-nya, itu bisa dilihat di Opini atau IDN Times. Itu kita buka untuk siapa aja boleh lihat, ya kenapa, karena toh ini tuh terbuka buat siapa aja. Kita gak buka untuk umum, karena effort-nya akan besar banget kalau kita buka untuk umum. Ada manpower, ada lokasi, ada venue, gak segampang itu lho kalau kita buka untuk umum. Jadi supaya umum bisa ikut, yaudah kita buka live streaming deh.

Gan Sist juga bisa menyaksikan rekaman live streamingnya DI SINI.

kaskus.id

Diubah oleh KASKUS.HQ 06-08-2018 06:38
0
988
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan