Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

54m5u4d183Avatar border
TS
54m5u4d183
Apa Saja Proyek Infrastruktur Jokowi yang Mau Ditunda?
Jumat, 27 Jul 2018 15:44 WIB

Hendra Kusuma - detikFinance


Foto: Pradita Utama

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengkaji ulang proyek-proyek infrastruktur yang punya banyak kandungan bahan baku impor dan pembangunannya tidak mendesak.

Langkah riview atau mengkaji ulang ini guna menyehatkan kondisi neraca dagang Indonesia yang masih defisit, dan mampu menstabilkan nilai tukar rupiah.

"Dalam langkah spesifikasi lagi kalau seandainya proyek-proyek yang memang perlu di lakukan review dan
scheduling ," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Proses kajian ulang ini, kata Sri Mulyani diberlakukan kepada seluruh proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Kajian dilihat kepada proyek yang kebutuhan bahan baku impornya tinggi namun pembangunannya tidak mendesak untuk direalisasikan.

"Karena konten impornya tinggi namun urgensinya tidak tinggi, kita bisa review , jadi ini dalam bentuk kolaborasi yang terus menerus dilakukan," papar dia.

Baca juga: Cerita Sri Mulyani soal Pengusaha Diminta Bawa Pulang Duit Hasil Ekspor

Selain itu, pemerintah juga siap menggunakan insentif fiskal jika diperlukan untuk mendorong kinerja ekspor, serta mendorong produksi bahan baku substitusi impor di dalam negeri.

"Oleh karena itu ini yang akan dilakukan bersama-sama di bawah Kemenkeu, dengan kl terkait, apakah menunjang B20, impor subtitusi, dorong pariwisata," tutup dia.

Seperti diketahui, neraca perdagangan Indonesia saat ini masih defisit alias tekor. Defisit karena nilai impor lebih besar daripada ekspor.

Menurut Staf Khusus Presiden Jokowi Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika dengan mengurangi impor dan menggenjot ekspor, maka diharapkan neraca dagang RI bisa surplus hingga US$ 4 miliar di akhir tahun ini.

Baca juga: Sri Mulyani Bakal 'Sisir' Proyek Infrastruktur yang Banyak Impor

Selain itu, dengan impor yang berkurang maka harapannya adalah nilai tukar rupiah bisa kembali menguat terhadap dolar AS.

" Proyek infrastruktur yang besar-besar dan tidak mendesak dikaji ditunda untuk mengerem impor," ujar Erani saat berkunjung ke markas detikcom , Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2018).

(ang/ang)

Sumber : https://m.detik.com/finance/berita-e...ng-mau-ditunda

Makanya kalau ada mantan presiden yang kasih nasehat itu didengerin.
Diubah oleh 54m5u4d183 27-07-2018 12:18
0
1.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan