Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oemAvatar border
TS
oem
Fantastis, Harga Jamur Ini 1 Milyar Per Kilogram
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hallo agan dan aganwati semuanya, jumpa sama ane, yang biasanya jadi silent reader. ane mau nyoba bikin trit nih gan. jangan diketawain ya. oke kita langsung aja bahas tentang si tanaman yang mahal ini.

Yarsagumba Merupakan Obat Kuat dari Himalaya yang Memiliki Harga yang Sangat Fantastis.


Kita tentunya sering mendengar kata Himalaya, dan yang terbesit dalam pikiran kita adalah destinasi untuk mendaki, ataupun identik dengan puncak Everest. Namun ada fakta tersembunyi yang jarang orang ketahui tentang HImalaya, yaitu fakta bahwa Himalaya merupakan ladang uang bagi penduduk lokal. Masyarakat lokal di lereng Himalaya, mencari jamur yang sangat berharga yaitu Yarsagumba. Bagi penduduk setempat, mencari yarsagumba bisa mendatangkan uang yang sangat banyak.



Yarsagumba, menurut warga loka dalam bahasa Tibet mempunyai arti 'rumput musim panas, ulat musim dingin'. Tanaman unik ini terbentuk ketika larva ngengat yang hidup di dalam tanah, terinfeksi spora jamur parasit Ophiocordyceps sinensis.
Saat terinfeksi dan mati, tubuh ulat itu akan mengeras sementara di bagian kepalanya, tumbuh jamur berwarna coklat berbentuk pipih. Secara fisik, bentuk yarsagumba cukup unik, berupa batang cokelat kekuningan seukuran korek api yang mencuat dari dalam tanah.
Spoiler for Jamur Yarsha Gumba:


Lokasi tumbuh Yarsagumba hanya ditemukan di wilayah bertanah lembab di ketinggian 3000-5000 meter di atas permukaan laut. Jamur unik ini umumnya tumbuh sekitar bulan Mei dan Juni, di awal musim panas.


Ketika bulan-bulan tersebut, warga di desa-desa lereng himalaya akan berbondong-bondong untuk mencari Yarsagumba. Penduduk Desa akan mendaki dan mencari di lereng-lerang tinggi Himalaya. Sebenarnya untuk mencari jamur tersebut penduduk lokal harus berjuang dan bertahan dengan suhu yang ekstrim, kadang-kadang ada datang hujan, longsor salu yang bisa saja menyeret mereka ke jurang.

Spoiler for Penduduk Mencari Jamur Yarsha Gumba:


Warga lokal percaya, yarsagumba adalah 'obat ajaib', yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, dari asma hingga kanker. Namun, salah satu khasiat yarsagumba yang paling dikenal adalah sebagai obat kuat. Maka, tidak heran bila kemudian yarsagumba dikenal dengan nama 'obat kuat dari Himalaya'.


Harga satu Yarsagumba bisa dihargai US$3,50 - 4,50 atau setara Rp50.000-65.000. Namun, saat sudah diekspor dan sampai ke pasar internasional harganya melonjak berkali-kali lipat Satu kilogram yarsagumba dibanderol dengan harga US$100.000 atau setara Rp1,4 miliar di pasar internasional, seperti Cina, Korea, Thailand, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Harga fantastis itulah yang membuat penduduk setempat rela mempertaruhkan nyawa demi mencari "Jamur Kuat dari Himalaya".
Spoiler for Jamur Yarsha Gumba:


Warga setempat menuturkan ketersediaan Yarsagumba menurun, Biasanya dalam sehari mereka bisa mendapatkan 100 Yarsagumba, namun sekarang paling banyak mereka bisa mendapatkan maksimal hanya 20 Yarsagumba. Itu terjadi karena panen yang berlebihan, dan perubahan cuaca yang tidak menentu.

Joss banget harganya ya gan, tapi sayang udah mulai langka gara2 panen berlebih.



Ini Sumurnya gan:
zonageografi.com
Diubah oleh oem 19-07-2018 09:37
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan