Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chirizirazenAvatar border
TS
chirizirazen
[SHARE] Kenapa Bisnis Network Marketing Sangat Dipandang Negatif Oleh Orang Indonesia
Kenapa Bisnis Network Marketing Sangat Dipandang Negatif Oleh Orang Indonesia


Siapa yang tidak tau tentang bisnis MLM (Multi Level Marketing) atau diluar lebih disebut Network Marketing? Mungkin di Indonesia ini mayoritas sudah tau yang namanya MLM dan pandangannya terhadap bisnis ini sangat buruk.

Perlu diingatkan, Ane buka thread ini hanya sekedar sharing informasibagi agan yang mungkin kurang tepat dalam menilai bisnis MLM. Jadi bagi ada MLM yang disinggung dari penjelasan saya disini harap buka mata Anda. Kita mau bangsa ini maju, bukan malah terpuruk karena ketamakan Anda akan uang instant!

Ane buka thread ini berawal dari thread yang sebelumnya dibuat tentang film MLM yang akan dibuat oleh negeri ini dan akan ditayangkan 177 negara. Sumber

Dilihat dari mayoritas balasan terhadap thread ini sangat negatif. Pertanyaannya, Sebenarnya agan mengerti tentang bisnis MLM itu seperti apa?. Dapat disimpulkan, bahwa balasan negatif tersebut adalah orang yang Tong Kosong Nyaring Bunyinya! (maaf saja, tapi ini realita) apakah kalian benar-benar mengerti bisnis ini apa tidak?

Mungkin beberapa dari agan ada yang sudah pernah join di MLM sebelumnya sampai merugikan agan, sampai-sampai pandangan agan sangat negatif terhadap bisnis ini.
Tapi, yang perlu dimengerti adalah bisnis MLM macam apa yang pernah agan join di dalamnya? Apakah Money Game atau tidak?

Nah, yang perlu ane informasikan dalam thread ini adalah masalah perbedaan MLM Money Game dengan MLM yang Tidak Money Game.
Ingat ini hanya sekedar sharing

MLM Money Game, dari namanya sudah dimengerti bukan maksudnya? yaitu, permainan uang. MLM seperti ini yang akan sangat menguntungkan (bagi yang menjalankan) ataupun sangat merugikan (bagi yang tidak menjalankan). MLM Money Game, apabila kalian mau menjalankannya, jelas mendapatkan banyak uang, apabila tidak, tau sendiri resikonya.
Sebenarnya sangat mudah membedakan MLM yang money game atau bukan. Hanya dengan melihat strukturnya saja, Agan sudah bisa mengetahuinya.
MLM Money Game strukturnya berbentuk piramida/binary (satu orang hanya boleh 2 downline)
Contohnya:
.
Yang pasti paling atas paling menguntungkan.

Sedangkan MLM yang tidak money game strukturnya tidak beraturan (satu orang tidak memiliki batasan downline)
Contohnya:

Apakah kalian berpikir si 1 tanpa upline diatasnya memiliki penghasilan yang paling besar? Salah! si 6 lah yang lebih besar, dan si 9 yang memiliki penghasilan paling besar. Di MLM ini yang berusaha paling keraslah yang lebih besar penghasilannya, jadi belum tentu upline yang memiliki penghasilan lebih besar dibanding downline
.
Untuk lebih jelasnya Ane jelaskan per-point disini perbedaannya.
Spoiler for MLM Money Game:


Spoiler for Bisnis MLM:


Itulah beberapa point untuk dapat agan gunakan dalam membandingkan MLM mana yang money game mana yang tidak. Sebenarnya banyak hal yang dapat dijelaskan keuntungan dalam mempelajari MLM. Hanya saja Anda perlu mengetahui mana MLM yang menguntungkan atau merugikan.

Sekali lagi thread ini hanya sharing apa yang saya alami sendiri.
Ane juga pernah terjebak MLM Money Game, dan alhasil saya sangat negatif sekali dengan MLM. Tapi meskipun begitu agan juga harus tetap open mind untuk mengetahui MLM apa saja yang ada di Indonesia, apakah menguntungkan atau merugikan. Harap agan bisa bijaksana menilainya dan tidak mudah untuk free judgesesuatu yang padahal agan tidak mengerti sebenarnya apa yang agan judge.

Apabila kalian berpikir Bisnis MLM di Indonesia buruk, belum tentu di luar negeri sama. Karena saya sudah beberapa kali menghadiri Seminar MLM tersebut di negara-negara tetangga. Berbeda sekali pandangan mereka terhadap bisnis MLM.

Thread ini tanpa ada maksud membuat agan untuk masuk ke bisnis MLM. Tapi hanya sekedar infomarsi untuk agan tidak free judge hal yang belum tentu agan mengerti di dalamnya. Meski memang agan benar-benar tidak menyukai bisnis MLM harap juga jangan menyebar hal negatif terhadap orang lain yang belum mengerti bisnis MLM itu seperti apa.

Apabila kalian memiliki pertanyaan seputar bisnis MLM (meski mau menyerang dengan pertanyaan negatif atau positif) tanyalah kepada relasi Anda yang benar-benar menjalankan bisnis MLM. Jangan bertanya kepada orang yang tidak menjalankan/gagal dalam bisnis MLM. Karena kalian tidak mungkin untuk meminta resep obat batuk kepada arsitek.

Mohon maaf bila ada salah kata pada thread ini.

Komeng pertamax:

Quote:


Sebenarnya kita kerja mau di perusahaan manapun juga memiliki skema Multi Level kok.

Direktur, Wakil Direktur, Manajer, Wakil Manajer, Supervisor, Karyawan, Bahkan di bawah Karyawan ada Karyawan lagi. Ga mungkin kan Karyawan bisa diatas Manajer. Multi Level juga kok ujung-ujungnya.

Quote:


Benar sekali kata agan yang satu ini.

Quote:


Agan bisa nilai sendiri gan, secara mereka memiliki hirarki Multi Level bahkan perusahaan dimanapun agan bekerja juga hirarki Multi Level kok. bisa dilihat dari yang diatas.

Masalah korban MLM Money Game itu memang tidak bisa dipungkiri, nasi sudah jadi bubur mau gimana?, tapi jangan judge semua MLM seperti itu. Kembali lagi baca hal diatas tersebut. Apakah Agan benar-benar mempelajari bagaimana cara berjalannya bisnis MLM?
Diubah oleh chirizirazen 14-02-2014 10:27
0
9.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan