estehmanishAvatar border
TS
estehmanish
Ini Nih 'Godaan' Puasa yang Sebenernya Bukan Godaan Sama Sekali !


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus





emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Halo halo! Ketemu lagi sama ane estehmanish di thread ane yang satu ini. Thread ini dibikin untuk menemani ngabuburit agan/sista dimanapun berada. Baca thread ini sampai habis ya gan/sist! Semoga terhibur dengan apa yang ane suguhkan di thread ini. Dan semoga thread ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.






Tidak terasa sudah lebih dari setengah bulan kita berpuasa. Hayo Gan Sis udah bolong berapa hari puasanya? Pasti belom ada yang bolong kan ya? Yaiyalah, masa udah dewasa gini masih bolong-bolong puasanya, kalah sama anak sd yang bisa tahan satu bulan full.


Pasti banyak diantara Gan Sis yang bisa melewati satu bulan yang berkah ini tanpa ada yang bolong puasanya, tapi nggak sedikit juga Gan Sis yang pasti ada aja godaan dan halangan saat puasa sehingga tidak bisa menjalani puasa satu bulan penuh. Ya kalo cewek mah wajar pasti ada tamu yang datang setiap bulannya, jadi mau nggak mau puasanya harus diganti dilain waktu selain bulan Ramadhan. Nah pertanyaannya nih, kalo yang cowok kenapa ikut-ikutan ngga full puasanya? Emang ada tamu yang datang? Tidak kan? Itu pasti gara-gara ‘godaan’ yang menghampiri agan-agan sekalian kan?



Sebenernya ‘godaan-godaan’ itu bukanlah godaan yang berarti. Sekarang ane tanya, definisi puasa itu apa sih?



Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum, serta perbuatan yang membatalkan puasa seperti marah, ghibah,dll. dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.





Nah dari definisi diatas kita tau bahwa kita sedang menahan diri dari segala apa yang membatalkan puasa. Misal, yang pertama kita lihat orang makan dan minum di siang bolong, tahan, makanya pas sahur makan makanan yang berprotein tinggi dan minum yang cukup biar tidak tergoda dan tahan sampai maghrib. Kedua, disaat orang mulai panas-panasin kita atau terjadi konflik, tahan gaboleh emosi, cepet-cepet Gan Sis cuci muka kalo perlu wudhu sekalian, tapi jangan diminum airnya. Yang ketiga, teman-teman Gan Sis lagi ngomongin orang, tahan, mungkin Gan Sis bisa mengingatkan si Biang Gosip. Dan terakhir, Gan Sis lihat warteg yang ditutupi hordeng, ya harus tahan. Masa liat warteg berhordeng aja udah gakuat. Jangan jadikan ‘godaan’ itu sebagai halangan Gan Sis untuk berpuasa dan jangan salahkan dan ‘menghakimi’ mereka yang tidak menjalankannya.


Kan, Gan Sis tahu Indonesia bermacam-macam sukunya, bermacam-macam rasnya, bermacam-macam agamanya. Ya jadi mulailah menghargai satu sama lain yang puasa ya puasa, yang tidak ya tidak. Jadi, gaperlu deh tuh yang namanya razia-razia tempat makan yang buka di siang bolong, gaperlu lagi bilang “Yeh lu makan di depan gua, gua lagi puasa nih.” toh namanya berpuasa ya harus menahan diri. Apa gunanya dong berpuasa? Kan disamping sebagai perintah agama yang harus dijalani, salah satu tujuan berpuasa adalah self control, mengontrol diri sendiri supaya kedepannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.






Mulai sekarang mungkin Gan Sis yang mayoritas juga bisa menghargai orang lain yang minoritas, dan mungkin di suatu saat Gan Sis akan menjadi minoritas di negeri orang, Gan Sis akan merasakan sendiri seperti apa dihargai oleh mayoritas disana.


Hidup ini akan terasa indah jika kita sama-sama menghormati dan tidak membuang waktu kita yang singkat dan berharga ini untuk ‘menghakimi’ mereka yang minoritas.



emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Agan




Quote:


Quote:


Spoiler for spoiler:
Diubah oleh estehmanish 05-06-2018 20:28
0
19K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan