taukahkamuAvatar border
TS
taukahkamu
Taukah Agan, Perbedaan Nastak dan Nasbung yang Sebenarnya?

 
Sering kali ane temui agan-agan kaskus menanyakan apa sih nastak ? apa sih nasbung ? kok sering banget ditulis di komentar-komentar thread kaskus ?
 
Nah berangkat dari kegelisahan ini, ane mau mencoba mendefinisikan dengan benar arti dari keduanya. Simak saja baik-baik supaya agan tidak salah paham !
 
Definisi Nastak dan Nasbung

 
Menurut etimologi, nasbung berasal dari 2 kata dasar, yaitu nasi dan bungkus. Secara istilah nasbung adalah nasi yang dibungkus menggunakan kertas minyak dilengkapi dengan beberapa lauk dan sayur supaya mudah untuk dibawa bepergian.
 
Nastak secara bahasa terdiri dari dua suku kata, nasi dan kotak (wadah). Menurut istilah nastak merupakan nasi beserta lauk pauknya yang ditaruh ke dalam wadah berbentuk kotak yang biasanya terbuat dari kertas karton.
 
Karakteristik Umum

 
Baik nasbung atau pun nastak memiliki karakteristik yang sama yaitu untuk mempermudah dibawa atau pun dibagikan ke orang banyak. Keduanya memiliki mobilitas dan fleksibilitas yang sama dan dapat disantap kapan saja karena tersaji dalam keadaan matang.
 
Mereka juga sama dalam hal “ketahanan”, artinya cepat lambatnya makanan untuk basi tergantung pada jenis lauk yang ada di dalamnya. Periode terbaik mereka adalah dalam 1 hari saja, jika sudah lebih dari 24 jam biasanya makanan sudah tidak lagi layak dikonsumsi.



Perbedaan Nastak dan Nasbung


Supaya perbedaan nastak dan nasbung lebih mudah dipahami, ane buat list saja nih gan:
 
1. Bentuk nastak adalah kotak sedangkan nasbung berbentuk lebih variatif (tergantung pembuatnya)
2. Nastak biasanya dipakai di acara yang lebih resmi dibanding nasbung.
3. Harga nastak biasanya lebih mahal dari nasbung
4. Lauk yang ada di nastak biasanya daging dan sayur, sedangkang nasbung berisi telor, gorengan dan sayur
5. Di dalam nastak biasanya terdapat sendok plastik, sedangkan nasbung biasanya menyediakan plastik transparan untuk melindungi tangan (membungkus tangan).
6. Nastak pada umumnya memiliki buah jeruk atapun sepotong semangka di dalamnya, sedangkan nastak tidak ada.
7. Silahkan agan lengkapi ya di kolom komentar thread ini
 
Fenomena Nastak vs Nasbung

 
Entah kenapa baru-baru ini banyak yang mempermasalahkan kedua jenis makanan ini. Padahal keduanya sangat membantu dalam mobilitas dan fleksibilitas makanan siap santap. Ketahanan mereka melindungi makanan juga sama, yakni tidak lebih dari 24 jam.
 
Kesimpulan

 
Jika agan lebih suka nastak nggk usah membencinasbung. Jika agan lebih suka nasbung nggk perlu membenci nastak. Keduanya berpotensi sama, yaitu melindungi dan mempermudah. Kita sama-sama warga Indonesia, mumpung masih muda mari ciptakan kreasi yang lebih inovatif dan bermanfaat. Salam KasKus.

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia

0
292.4K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan