carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Janganlah Alergi Dengan Teori
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang berpuasa tetap kuat yah. Ane pribadi berkecimpung di dunia teknologi yang saat ini berkembang dengan sangat pesat. Mau tidak mau, kami yang berkecimpung harus bisa mengupgrade pengetahuan agar terus bisa kompetitif di dunia kerja. Kali ini ane mau membahas tentang keresahan ane tentang kebiasaan orang di sekitar ane yang pinginnya itu langsung lihat contoh praktek tanpa mau berpusing dengan teori dibaliknya. Yaa paling gak jangan menyepelekan fundamental dan alasan dibalik semua yang terjadi.



Menurut ane, kita gak boleh begitu saja mengabaikan teori yang sudah ditemukan dan sudah diuji. Tanpa teori, kita bagai orang yang berjalan di tempat yang gelap. Semakin banyak teori yang kita kuasai, maka jalanan itu akan semakin terang. Memang sih, salah satu jebakan penguasaan teori adalah kita bisa saja terpenjara dalam pengetahuan yang kita miliki. Kita bisa saja menjadi kolot dan tidak mencoba kemungkinan lain yang mungkin lebih baik dan lebih efektif. Tapi bukankan kebanyakan para inventor adalah orang yang memahami teori yang ada dan bersikap open-mindeduntuk pengetahuan baru.

Dengan pemahaman teori yang cukup, kita bisa dengan cepat mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusinya. Kita tidak perlu membuang terlalu banyak tenaga dan waktu untuk melakukan brute-force terhadap kendala yang sedang terjadi. Kita bahkan bisa belajar dari kesalahan orang di masa lalu dan tidak melakukannya kembali. Istilaha kita tidak "Learning the Hard Way". Ane pribadi merasa menyesal ketika sekolah atau kuliah dulu sedikit mengeyampingkan teori dan sekarang harus membayarnya dengan belajar kembali fundamentalnya.

Ketika kita sudah berada di level selanjutnya, kita bahkan bisa memberikan solusi baru dengan pehaman teori yang kita miliki. Ketika kita tahu alasan dibalik sebuah teori dan batasan - batasannya, kita bisa mengembangkan teori tersebut menjadi sebuah solusi baru atau bahkan membantah teori yang sudah ada.

***


Intinya yang mau ane sampaikan adalah kita harus tau apa yang menjadi alasan kita melakukan sesuatu dan konsekuensinya. Jangan juga menyepelekan mereka yang praktek karena mereka juga bisa menemukan teori dari apa yang mereka lakukan. Seimbangkan antara pendalaman teori dan praktek untuk mencapai hal yang optimal. Udah sekian dulu ocehan ane, semoga bermanfaat. Untuk yang masih dalam masa pendidikan, saran ane carilah pengaplikasian dunia nyata tentang teori yang disampaikan guru atau dosen kalian agar lebih bersemangat. Kalau ada salah ucap dan kata ane mohon maaf yang sebesar - besarnya.

Ane dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
0
8.7K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan