Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bear89800Avatar border
TS
bear89800
Manfaat berjalan kaki?
Halo... Hei...

Welcome to the thing..



Okeh, di thread ini kita bakalan ngomongin tentang jalan. Nah, yang di maksud disini bukan Jalan sama gebetan ya bre, melainkan jalan kaki.
Ternyata jalan kaki memberikan banyak manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh kita. Gak percaya? sama, ane juga awalnya gak percaya.

Nah, tampaknya manfaat berjalan kaki sudah di sadari oleh nenek moyang manusia Bernama Hypocrates yang menyebutkan sebuah pepatah cetar membahana "Walking is the best Medicine".

Nah, mungkin kalian bertanya2 dalam hati. Sebenarnya apa sih manfaat berjalan kaki? Mendingan jalan kaki atau jalan sama gebetan?
Berikut ini beberapa manfaat positif berjalan kaki:

1. Memberikan Efek Positif untuk Otak:


Sebuah penelitian mengungkap bahwa olahraga gerak ringan seperti jalan kaki dapat mencegah demensia dini, mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan menyehatkan mental secara keseluruhan. Jalan kaki juga dapat mengurangi stress mental dan mempertahankan endorfin dalam kondisi yang tinggi sehingga mood tetap dalam kondisi yang baik.


2. Mempertajam penglihatan:


Mungkin kalian berpikir bahwa kaki tidak ada hubungannya dengan mata. Tapi ternyata berjalan kaki bermanfaat untuk kesehatan mata manusia, bahkan bisa melawan glaukoma dengan cara menurunkan tekanan di mata.


3. Mencegah Penyakit jantung:


Menurut data Asosiasi Jantung Amerika Serikat, ternyata berjalan tidak kalah efektif di banding dengan berlari untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.
Berjalan akan menurunkan tekanan darah dan kolestrol serta melancarkan peredaran darah.


4. Meningkatkan kesehatan Paru-paru:


Berjalan adalah salah satu olahraha aerobik yang membantu meningkatkan aliran oksigen di dalam darah tubuh manusia. Pernapasan tubuh manusia akan lebih baik dan nafas yang di tarik lebih dalam sehingga beberapa gejala penyakit paru bisa di hindari.


5. Berjalan kaki memberikan efek positif untuk Pankreas.


Mungkin agak sulit untuk di percaya, karena menurut penelitian yang ada ternyata jalan kaki lebih efektif untuk mencegah diabetes di bandingkan dengan olahraga lari.
Penelitian ini menunjukkan kemampuan sel tubuh untuk menyerap gula darah 6 kali lebih baik di banding dengan olahraga lari dalam periode 6 bulan.


6. Mengencangkan Otot.


Jalan kaki juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mengencangkan otot. Latihan jalan kaki 10.000 langkah setiap hari juga bisa di variasikan dengan berjalan menanjak.
Salah satu keuntungan olahraga jalan kaki adalah efek sampingnya yang ringan. Kalian mungkin pernah latihan otot di gym lalu merasa sakit nyeri dan pegal berlebihan, tapi ini jarang terjadi ketika olahraga jalan kaki.


7. Membantu mengatasi nyeri Punggung.


Jalan kaki bisa sangat membantu kalian yang memiliki punggung yang suka pegal dan nyeri. Jalan kaki membuat sirkulasi darah lebih lancar di bagian otot punggung dan tulang belakang sehingga memperbaiki postur dan melatih fleksibilitas.



Gimana menurut kalian? 

Brightside | Google

emoticon-Cendol (S)


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 123 suara
Jalan kaki bermanfaat untuk kesehatan ?
Setuju, alasannya
90%
Gak setuju, alasannya
10%
0
21.1K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan