- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Benarkah Lingkungan Kerja Yang Modern Bisa Mempengaruhi Produktivitas Kita?
TS
mariathalia
Benarkah Lingkungan Kerja Yang Modern Bisa Mempengaruhi Produktivitas Kita?
Halloo agan-agan
kali ini ane mau bahas tentang isu dan keluhan yang biasa kita alamin di kantor nih,yang suka bahas2 semisal situasi dan fasilitas kantor yang modern itu bisa ningkatin produktivitas kita.
Prolog
Selama ini, banyak teori yang mengatakan bahwa lingkungan kerja suatu kantor memiliki impact besar terhadap produktivitas kerja dari karyawannya, terlebih jika dalam lingkungan kantor menyediakan fasilitas yang lengkap juga modern. Apakah teori itu valid? Mari kita simak kutipan dari Satya Nadella, CEO dari Microsoft,
Statementdari Om Satya membawa kita pada satu fakta (atau opini, you decide) yang pernah dirilis oleh Microsoft, “Provide employees with modern tools and flexibility results in higher engagement and productivity”. Mereka percaya, ketika karyawan mengetahui bahwa mereka merasa mampu melakukan pekerjaannya dan mendapatkan kepercayaan dari perusahaan berupa dukungan sarana & fasilitas yang lengkap, maka engagement terhadap pekerjaan dan rasa kepuasan tersendiri ketika dapat menyelesaikannya akan timbul pada mereka.
Mengingat yang mengutarakan pernyataan di atas adalah perusahaan sebesar Microsoft dalam IT Showcase mereka, mungkin hal ini dapat dipertanggung jawabkan. Namun, pendapat yang berbeda datang dari Kelly Mantel, Datapath Marketing & Experience Manager. Dari banyaknya teori mengenai modern workplace, ia menganggap bahwa sekarang ini justru semakin banyak karyawan yang “struggling” untuk menjadi produktif.
Di tulisan di LinkedIn nya, doi ngomong kalo kerja dengan pake earphoneyang selalu disematkan pada telinga, lebih memilih untuk ngobrol dengan sesama coworker via chat, hanya demi productivity mood mereka agar tidak terganggu adalah suatu hal yang disayangkan. Ia percaya ada kesalahan konsep yang mungkin mempengaruhi, yaitu anggapan bahwa kita selalu membutuhkan ruang kerja yang modern.
Anggapan bahwa kita selalu membutuhkan ruang kerja yang modern seperti yang dimaksud Kelly Mantel mungkin saja melewatkan hal tentang bagaimana orang-orang bekerja, apakah dia tipe pekerja yang kreatif atau konektif? Tipe kreatif memang membutuhkan konsentrasi kerja tinggi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada sehingga bisa menciptakan sesuatu yang baru, sedangkan tipe konektif membutuhkan interaksi dan komunikasi lebih untuk bisa produktif. Menariknya, penelitian dari Oxford Economics Study menyatakan poin karakteristik “having space to collaborate with co-workers easily and effectively” menempati urutan kedua dalam survey mengenai aspek-aspek pendukung produktivitas pada karyawan.
Penutup, mengenai lingkungan kerja modern mungkin adalah sesuatu yang kebanyakan orang idam-idamkan, namun ternyata tidak semua orang bisa nyaman dengan hal-hal didalamnya, apalagi jika itu mempengaruhi produktivitas. Mungkin saja yang terpenting, setidaknya kantor/lingkungan kerja kita selalu tersedia sarana dan fasilitas yang bisa mendukung performa kerja kita. So, which side are you on?
sumber: blog MailTarget
Jangan lupa di rate agan agan q
kali ini ane mau bahas tentang isu dan keluhan yang biasa kita alamin di kantor nih,yang suka bahas2 semisal situasi dan fasilitas kantor yang modern itu bisa ningkatin produktivitas kita.
Prolog
Selama ini, banyak teori yang mengatakan bahwa lingkungan kerja suatu kantor memiliki impact besar terhadap produktivitas kerja dari karyawannya, terlebih jika dalam lingkungan kantor menyediakan fasilitas yang lengkap juga modern. Apakah teori itu valid? Mari kita simak kutipan dari Satya Nadella, CEO dari Microsoft,
Quote:
Spoiler for "Nih Sosok Om Satya /:)/":
Statementdari Om Satya membawa kita pada satu fakta (atau opini, you decide) yang pernah dirilis oleh Microsoft, “Provide employees with modern tools and flexibility results in higher engagement and productivity”. Mereka percaya, ketika karyawan mengetahui bahwa mereka merasa mampu melakukan pekerjaannya dan mendapatkan kepercayaan dari perusahaan berupa dukungan sarana & fasilitas yang lengkap, maka engagement terhadap pekerjaan dan rasa kepuasan tersendiri ketika dapat menyelesaikannya akan timbul pada mereka.
Mengingat yang mengutarakan pernyataan di atas adalah perusahaan sebesar Microsoft dalam IT Showcase mereka, mungkin hal ini dapat dipertanggung jawabkan. Namun, pendapat yang berbeda datang dari Kelly Mantel, Datapath Marketing & Experience Manager. Dari banyaknya teori mengenai modern workplace, ia menganggap bahwa sekarang ini justru semakin banyak karyawan yang “struggling” untuk menjadi produktif.
Spoiler for "Yang ini Om Kelly":
Di tulisan di LinkedIn nya, doi ngomong kalo kerja dengan pake earphoneyang selalu disematkan pada telinga, lebih memilih untuk ngobrol dengan sesama coworker via chat, hanya demi productivity mood mereka agar tidak terganggu adalah suatu hal yang disayangkan. Ia percaya ada kesalahan konsep yang mungkin mempengaruhi, yaitu anggapan bahwa kita selalu membutuhkan ruang kerja yang modern.
Anggapan bahwa kita selalu membutuhkan ruang kerja yang modern seperti yang dimaksud Kelly Mantel mungkin saja melewatkan hal tentang bagaimana orang-orang bekerja, apakah dia tipe pekerja yang kreatif atau konektif? Tipe kreatif memang membutuhkan konsentrasi kerja tinggi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada sehingga bisa menciptakan sesuatu yang baru, sedangkan tipe konektif membutuhkan interaksi dan komunikasi lebih untuk bisa produktif. Menariknya, penelitian dari Oxford Economics Study menyatakan poin karakteristik “having space to collaborate with co-workers easily and effectively” menempati urutan kedua dalam survey mengenai aspek-aspek pendukung produktivitas pada karyawan.
Penutup, mengenai lingkungan kerja modern mungkin adalah sesuatu yang kebanyakan orang idam-idamkan, namun ternyata tidak semua orang bisa nyaman dengan hal-hal didalamnya, apalagi jika itu mempengaruhi produktivitas. Mungkin saja yang terpenting, setidaknya kantor/lingkungan kerja kita selalu tersedia sarana dan fasilitas yang bisa mendukung performa kerja kita. So, which side are you on?
sumber: blog MailTarget
Jangan lupa di rate agan agan q
0
1K
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan