Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jokosamudronapoAvatar border
TS
jokosamudronapo
mantaaap...Olah Limbah Ikan jadi Diesel, Dua Mahasiswa ITS ini Raih Penghargaan
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menorehkan prestasi di kancah internasional.
Kali ini, dua dari delapan delegasi ITS di Harvard National Model United Nation (HNMUN) 2018 berhasil mendapatkan penghargaan Social Venture Challenge (SVC) Award.

SVC Award adalah penghargaan bagi tim yang memiliki inovasi proyek sosial bagi masyarakat.

Adela Almira Hermawan, mahasiswi Departemen Teknik Industri ITS dan Salsabila Annisa Rengganis, Departemen Sistem Perkapalan ITS adalah delegasi Indonesia yang meraih penghargaan tersebut ini.

Dengan proyek berjudul "Vish Diesel", Adela dan Salsa mengenalkan potensi maritim di Indonesia di mata dunia. Mereka memberdayakan nelayan di Desa Brondong, Lamongan, Jawa Timur dengan mengolah limbah ikan menjadi bahan bakar diesel.

Menurut Salsa, bukan hal mudah untuk meraih penghargaan ini. Dia dan tim menyiapkan diri sejak Juli tahun lalu. “Berkat usaha dan doa, kami bersyukur atas prestasi yang kami raih ini,” kata Salsa, dalam sebuah keterangan resmi ITS, Kamis (22/2/2018).

Selain Adela dan Salsa, anggota tim ITS lain yang pergi ke Boston untuk ikut berlaga di HNMUN 2018 adalah Nashua Fajriani Putri, Leonard, Mumtaza Rizky Iswanda, Rachmad Ananto Wicaksono, Qaedi Aufar S. Bantasyam, dan Yohanes Bayu S Nugroho.

Mereka diperkirakan akan tiba kembali di Indonesia pada Selasa (27/2) mendatang.  “Sebelumnya ITS telah memenangkan penghargaan yang sama pada tahun 2015 dan 2016,” ungkap Salsa.

Dalam ajang bergengsi ini, lanjutnya, tiga tim delegasi dari ITS berhasil lanjut hingga babak final. Satu tim di antaranya berhasil menyabet penghargaan.

Dia mengatakan, ITS sempat berencana vakum untuk tidak mengirimkan delegasinya tahun ini. Tetapi, dengan beberapa pertimbangan, akhirnya terpilihlah delapan delegasi terbaik yang siap berkompetisi.

Seperti diketahui, HNMUN adalah kompetisi simulasi sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Universitas Harvard, Boston, Massachusset, Amerika Serikat.

“Kompetisi ini sudah berlangsung sebanyak 64 kali dan diikuti oleh ribuan mahasiswa dari seluruh dunia,” pungkas Salsa. (*)
0
1.7K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan